Cara Tukar Uang Baru Untuk Lebaran 2022

Cara Tukar Uang Baru Untuk Lebaran 2022

Cara Tukar Uang Baru Untuk Lebaran 2022

Cara Tukar Uang Baru Untuk Lebaran 2022

Menjelang Hari Raya Idul Fitri 2022, tentunya banyak masyarakat yang berbondong-bondong menukarkan uang baru, bagaimana cara tukar uang baru tersebut? Bagi sebagian orang yang tidak ingin mengantri di bank, lebih baik menukarkan uang baru dengan orang yang membuka lapak tukar di pinggir jalan.

Cara Tukar Uang Baru

Namun, saat ini Bank Indonesia telah menyederhanakan proses bagi masyarakat yang sedang melakukan penukaran uang baru. Cara ini cukup sederhana dan praktis karena dilakukan secara online.

Pembukuan Lebih Lancar Dengan Accurate Accounting Software

Tukar Uang Baru Secara Online Lewat pintar.bi.go.id

Tidak perlu pergi ke kantor pusat untuk mendapatkan uang. Setelah mendaftar dan memilih jadwal, masyarakat bisa datang ke kantor perwakilan terdekat untuk mengambil uang. Bursa yang diproduksi oleh Bank Indonesia tentunya memiliki kuota pengunjung harian, sehingga disarankan untuk melakukan registrasi online terlebih dahulu.

Masyarakat dipersilakan mendaftar di laman PINTAR.bi.go.id, lalu memilih jadwal penukaran uang mulai 4 April hingga 29 April 2022. Artinya, Anda tidak perlu antre saat menerima hasil penukaran uang online di kantor perwakilan.

Uang Rupiah yang Dapat Ditukarkan

Saat ini, jenis uang pecahan Rupiah yang dapat diterima masyarakat melalui penukaran uang tunai keliling adalah uang kertas Rp 20.000, Rp 10.000, Rp 5.000, Rp 2.000, dan Rp 1.000.

Besaran rupiah yang dapat diterima masyarakat melalui kas keliling tidak lebih dari 100 (seratus) uang logam masing-masing pecahan 20.000 rupiah, 10.000 rupiah, 5.000 rupiah, 2.000 rupiah, dan 1.000 rupiah.

Sudah Punya Accurate Software? Training Accurate Untuk Implementasi Lebih Efektif

Misalnya, masyarakat dapat menukarkan rupiah menggunakan uang seluler untuk:

Masing-masing sebanyak-banyaknya 100 (seratus) lembar pecahan Rp20.000, Rp10.000, Rp5.000, Rp2.000, dan Rp1.000, sehingga nilai nominal penukarannya adalah Rp3.800.000 (tiga juta delapan ratus ribu rupiah); atau pecahan 100 (seratus) rupiah Indonesia dan pecahan 100 (seratus) rupiah Indonesia 2000, sehingga nilai nominal penukaran adalah 2.200.000 rupiah (dua juta dua ratus ribu rupiah); atau

Pecahan Rp5.000 sebanyak 100 (seratus) lembar dan pecahan Rp2.000 sebanyak 100 (seratus) lembar, sehingga nilai nominal penukarannya adalah Rp700.000 (tujuh ratus ribu rupiah); atau

Pecahan Rp 2.000 adalah 100 (seratus) lembar, sehingga nominal penukarannya adalah Rp 200.000 (dua ratus ribu rupiah).

Syarat Penukaran Uang Baru Online

Berikut adalah syarat penukaran uang baru online di halaman PINTAR Bank Indonesia.

  1. Penukaran hanya dimungkinkan pada tanggal, tempat dan waktu yang ditentukan dalam konfirmasi pemesanan.
  2. Kantor penukaran wajib memberikan konfirmasi pesanan layanan penukaran mata uang seluler dalam bentuk digital/cetak.
  3. Orang yang akan menukarkan mata uang rupiah harus memilah dan mengemas terlebih dahulu uang rupiah yang akan ditukarkan.
  4. Mata uang rupiah diurutkan berdasarkan jenis pecahan dan tahun pengeluarannya, disusun searah dan dibagi menjadi mata uang rupiah yang masih beredar, dan mata uang rupiah yang tidak beredar.
  5. Jangan menggunakan selotip, lem, selotip atau staples untuk mengelompokkan atau menggabungkan uang rupiah.
  6. Bank Indonesia memberikan kompensasi kepada masyarakat yang menukarkan Rp dengan nilai nominal Rp yang ditukarkan dalam pecahan yang sama atau berbeda dan pada tahun penerbitan.
  7. Penggantian mata uang rupiah diberikan selama keaslian mata uang rupiah dapat diketahui.
  8. Sampai dengan penukaran melalui uang tunai seluler dilakukan pada tanggal yang ditentukan dalam konfirmasi pesanan, NIK-KTP tidak dapat digunakan untuk melakukan pemesanan baru layanan penukaran uang seluler. NIK-KTP dapat digunakan kembali untuk melakukan pemesanan penukaran melalui mobile cash setelah tanggal yang ditentukan dalam konfirmasi pemesanan.

Pertanyaan Seputar Penukaran Uang Baru Online

Lokasi Tukar Uang Baru Keliling Bank Indonesia

Apa itu Kas Keliling Bank Indonesia?

Kas keliling adalah layanan penukaran mata uang rupiah untuk masyarakat yang dilakukan di luar kantor Bank Indonesia sebagai bentuk komitmen Bank Indonesia untuk memberikan layanan kas prima dalam rangka memudahkan masyarakat. memperoleh uang rupiah yang layak edar dalam jumlah yang cukup. jumlah dan denominasi yang sesuai.

Lokasi Tempat Menukarkan Rupiah Baru di Kas Keliling

Penukaran mata uang rupiah dengan mobile cash dilakukan di luar kantor Bank Indonesia di lokasi yang ditunjuk oleh Bank Indonesia dan dapat dilihat di aplikasi PINTAR.

Waktu Tukar Uang Baru di Kas Keliling

Tanggal dan waktu penukaran mata uang Rupiah melalui mobile cash di luar kantor Bank Indonesia ditentukan oleh Bank Indonesia dan dapat dilihat pada aplikasi PINTAR.

Demikian informasi cara tukar uang baru untuk lebaran 2022, semoga dapat bermanfaat bagi Anda semua.



Baca juga: Training Accurate Resmi #1 di Indonesia

Bagikan ke:

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram

Cara Tukar Uang Baru Untuk Lebaran 2022