fbpx

Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan dengan 5 Cara Mudah Ini!

Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan dengan 5 Cara Mudah Ini!

Bagikan artikel ini:

Dalam ranah jaminan sosial di Indonesia, BPJS Ketenagakerjaan memegang peran krusial dalam melindungi pekerja dan tenaga kerja secara menyeluruh. Tidak hanya sekadar program asuransi, BPJS Ketenagakerjaan hadir untuk memberikan jaminan kesejahteraan bagi pekerja di berbagai sektor. Mari kita telaah lebih dalam mengenai Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan dan hal-hal penting seputarnya.

BPJS Ketenagakerjaan Gunanya Untuk Apa?

BPJS Ketenagakerjaan adalah bentuk perlindungan finansial bagi pekerja. Fungsinya sangat beragam, mencakup perlindungan terhadap risiko kecelakaan kerja, penyakit, hingga memberikan jaminan hari tua. Program ini bertujuan untuk memberikan rasa aman dan kesejahteraan bagi tenaga kerja di Indonesia.

Penting untuk dicatat bahwa BPJS Ketenagakerjaan bukan hanya tentang asuransi kecelakaan kerja, melainkan juga tentang memastikan bahwa setiap pekerja memiliki perlindungan saat masa pensiun tiba. Ini mencakup hak atas Jaminan Kematian, Jaminan Pensiun, dan Jaminan Hari Tua, membentuk suatu jejaring keamanan finansial yang komprehensif.

Baca juga:   Kecerdasan Emosional : Cara Tes dan Meningkatkannya!

Perbedaan Antara BPJS Biasa dan BPJS Ketenagakerjaan

Perbedaan Antara BPJS Biasa dan BPJS Ketenagakerjaan

Seringkali muncul pertanyaan, “Apa perbedaan antara BPJS biasa dan BPJS Ketenagakerjaan?” Perbedaannya terletak pada cakupan layanan. BPJS biasa, atau yang dikenal sebagai BPJS Kesehatan, fokus pada aspek pelayanan kesehatan, sedangkan BPJS Ketenagakerjaan melampaui itu dengan mencakup perlindungan terhadap risiko pekerjaan dan jaminan hari tua.

Penting untuk memahami bahwa keduanya saling melengkapi, menciptakan suatu sistem jaminan sosial yang menyeluruh. BPJS Ketenagakerjaan menjawab kebutuhan perlindungan di dunia kerja, sementara BPJS Kesehatan memastikan akses terhadap layanan kesehatan yang berkualitas.

Bisakah Uang BPJS Tenaga Kerja Diambil?

Bisakah Uang BPJS Tenaga Kerja Diambil

Pertanyaan ini mungkin muncul di benak banyak orang. Sebenarnya, uang yang terakumulasi di dalam BPJS Ketenagakerjaan tidak dapat langsung diambil oleh peserta. Fungsinya lebih kepada memberikan manfaat jangka panjang, seperti jaminan hari tua dan pensiun. Oleh karena itu, BPJS Ketenagakerjaan dirancang untuk memberikan dukungan finansial saat peserta memasuki masa pensiun atau menghadapi situasi tertentu, seperti cacat atau kematian. Baca: Cara Mencairkan Saldo BPJS Ketenagakerjaan.

Baca juga:   Peralatan Kantor Dapat Diartikan Sebagai Office Equipment

Berapa Biaya Iuran BPJS Ketenagakerjaan?

Iuran dalam program JHT BPJS Ketenagakerjaan dihitung sebesar 5,7% dari upah. Angka ini tidak hanya sekadar beban, melainkan investasi untuk masa depan yang lebih mapan. Perlu dicatat bahwa pembayaran iuran ini dibagi antara pekerja dan perusahaan, menciptakan suatu keseimbangan yang adil.

Pekerja berkontribusi sebesar 2%, memberikan dukungan langsung untuk jaminan hari tua mereka sendiri. Sementara itu, tanggung jawab perusahaan adalah membayar sisa 3,7% dari total iuran. Ini menciptakan sinergi, di mana baik pekerja maupun perusahaan memiliki keterlibatan aktif dalam memastikan kesejahteraan finansial di masa depan.

BPJS Ketenagakerjaan memberikan solusi inklusif untuk keberlangsungan ekonomi dan kesejahteraan tenaga kerja di Indonesia. Dengan memahami perannya yang holistik, kita dapat mengapresiasi kontribusinya dalam menciptakan perlindungan finansial yang merata dan berkelanjutan bagi seluruh pekerja di tanah air.

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan

Pertanyaan tentang cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan seringkali menjadi perhatian dan alasan yang sangat wajar. Mengecek saldo ini bukan hanya sekadar informasi rutin, tetapi juga langkah strategis untuk merencanakan masa depan finansial.

Baca juga:   Konsultan Accurate

Cek Saldo Melalui Aplikasi Jamsostek Mobile (JMO)

Cek Saldo Melalui Aplikasi Jamsostek Mobile (JMO)

  1. Unduh aplikasi JMO di PlayStore.
  2. Daftarkan akun dengan nomor KPJ, NIK, nama, dan tanggal lahir.
  3. Login menggunakan email dan PIN.
  4. Pilih fitur Saldo JHT untuk melihat jumlah saldo.

Cek Saldo Lewat NIK & SMS

Kirimkan SMS dengan format DAFTAR (spasi) SALDO#NIK#NAMA#Tanggal Lahir#Nomor Peserta ke 2757.

Balas SMS dengan format SALDO (spasi) Nomor Peserta setelah menerima ID pemohon.

Cek Saldo Melalui Website sso.bpjsketenagakerjaan.go.id

  1. Login di https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/.
  2. Isi formulir yang diperlukan.
  3. Dapatkan SMS kode aktivasi.
  4. Login kembali, pilih Cek Saldo JHT, dan lihat informasi saldo.

Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Lewat WhatsApp

  1. Simpan nomor WA BPJS Ketenagakerjaan (0813-8007-0175).
  2. Klik “Menu” di ruang chat dan ikuti petunjuk sistem.

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Di ATM BNI

  1. Kunjungi ATM BNI terdekat.
  2. Masukkan kartu ATM dan PIN.
  3. Pilih menu cek saldo BPJS Ketenagakerjaan.
  4. Penting untuk memastikan bahwa dokumen penting seperti nomor NIK dan nomor KPJ sudah tersedia sebelum memeriksa saldo. Dengan ini, proses cek saldo BPJS Ketenagakerjaan menjadi lebih lancar dan efisien.

Mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan bukan hanya sebuah kewajiban, tetapi juga strategi bijak untuk merencanakan masa depan keuangan. Dengan berbagai opsi yang tersedia, setiap orang dapat memilih cara yang paling sesuai dengan preferensi dan kebutuhan mereka. Pastikan saldo JHT terus terpantau untuk memastikan keamanan finansial Anda, terutama saat memasuki masa pensiun atau mengambil keputusan besar seperti resign dari pekerjaan. Jadi, sudahkah Anda cek saldo BPJS Ketenagakerjaan Anda?

Artikel Terkait &

Saatnya mengalihkan perhatian ke arah pertumbuhan bisnis Anda

Izinkan kami mempercepat dan mengotomatisasi proses akuntansi serta keuangan bisnis, memastikan Anda terus berkembang dengan keyakinan penuh.