Kurs Dollar Hari Ini

Kurs Dollar Hari Ini ke Rupiah adalah nama untuk lebih dari 20 mata uang. Ini termasuk Dollar Amerika Serikat, Australia, Dollar Brunei, Dollar Kanada, Dollar Hong Kong, Dollar Jamaika, Dollar Liberia, Dollar Namibia, Dollar Taiwan Baru, Dollar Selandia Baru, Dollar Singapura, Dollar Amerika Serikat (US Dollar) dan beberapa lainnya. Simbol atau tanda Dollar adalah “$”.

Sejarah Dollar

Pada tanggal 15 Januari 1520, Kerajaan Bohemia mulai mencetak koin dari perak yang ditambang di Joachimstal dan sebaliknya ditandai dengan singa Bohemia. Koin akan dinamai joachimsthaler setelah kota, dan dalam penggunaan normal mereka akan disingkat menjadi thaler atau thaler. Kota itu sendiri mendapatkan namanya dari St. Joachim dalam kombinasi dengan kata Jerman Thal (Tal dalam ejaan modern), yang berarti “lembah” (lih. istilah Inggris dale).

Nama ini tercermin dalam bahasa lain, misalnya:

  • Jerman – thaler (atau thaler)
  • Ceko, Slovakia dan
  • Slovenia – tolar
  • Slovakia – toliar
  • Bahasa Jerman
  • Belanda – rijksdaalder (atau daler),
  • Denmark dan
  • Norwegia – rigsdaler
  • Swedia – riksdaler
  • Spanyol – dólar (atau real de a ocho atau peso duro)
  • Etiopia – talari (ታላሪ)
  • Inggris – dolar

    Dibandingkan dengan bahasa lain yang mengadopsi bagian kedua dari kata joachimsthaler, bagian pertama merambah ke bahasa Rusia dan menjadi efimok, efimok (efimok).

Sebuah koin Belanda kemudian, juga menggambarkan singa, disebut leeuwendaler atau leeuwendaalder, secara harfiah “singa daler”. Republik Belanda memproduksi koin-koin ini untuk mengakomodasi perdagangan internasional yang berkembang pesat. Leeuwendaler menyebar ke seluruh Timur Tengah dan ditiru di beberapa kota di Jerman dan Italia. Koin ini juga populer di Hindia Belanda dan di koloni Belanda New Netherlands (New York). Itu beredar di Tiga Belas Koloni pada abad ke-17 dan awal abad ke-18 dan umumnya dikenal sebagai singa (atau) dolar. Mata uang Rumania dan Bulgaria sampai hari ini adalah leu atau lev (“singa”). Pengucapan dolar Amerika-Inggris modern masih sangat mirip dengan pengucapan daler Belanda abad ke-17. Beberapa spesimen usang yang beredar di Koloni dikenal sebagai “dolar anjing”.

Peso Spanyol, yang memiliki berat dan bentuk yang sama, kemudian dikenal sebagai dolar Spanyol. Pada pertengahan abad ke-18, dolar kiri digantikan oleh dolar Spanyol, “delapan” yang terkenal yang tersebar luas di koloni Spanyol di Dunia Baru dan Filipina.

Asal Usul Tanda / Simbol Dollar

Tanda itu pertama kali dibuktikan dalam korespondensi bisnis pada tahun 1770-an sebagai singkatan sensus “ps”, mengacu pada peso Amerika Spanyol, yaitu, “dolar Spanyol” seperti yang dikenal di British Amerika Utara. Naskah-naskah dari akhir abad ke-18 dan awal abad ke-19 ini menunjukkan bahwa s secara bertahap mulai menimpa p, membentuk ekuivalen yang dekat dengan tanda “$”, dan simbol baru ini dipertahankan untuk dolar Amerika. mata uang diadopsi di Amerika Serikat pada tahun 1785.

Penerimaan oleh Amerika Serikat

Pada saat Revolusi Amerika, dolar Spanyol menjadi penting karena mereka mendukung uang kertas yang disetujui oleh koloni individu dan Kongres Kontinental. Umum di Tiga Belas Koloni, dolar Spanyol bahkan merupakan alat pembayaran yang sah di satu koloni, Virginia.

Pada tanggal 2 April 1792, Menteri Keuangan AS Alexander Hamilton memberi tahu Kongres tentang jumlah pasti perak yang ditemukan dalam koin dolar Spanyol yang banyak digunakan di negara bagian. Akibatnya, dolar AS didefinisikan sebagai satu unit perak murni dengan berat 371 4/16 butir (24.057 gram) atau 416 butir perak standar (perak standar didefinisikan sebagai 1.485 bagian perak murni per 179 bagian paduan). Dinyatakan bahwa “uang penyelesaian” Amerika Serikat harus dinyatakan dalam “dolar” yang sama atau bagiannya. Selain itu, semua koin dengan denominasi yang lebih rendah ditentukan sebagai persentase dari koin dolar, sehingga setengah dolar harus berisi setengah perak dari satu dolar, seperempat dolar seperempat dari jumlah itu, dan seterusnya.

Dalam undang-undang yang disahkan pada Januari 1837, paduan dolar (jumlah logam non-perak yang ada) ditetapkan sebesar 15%. Koin berikutnya akan berisi jumlah perak murni yang sama seperti sebelumnya, tetapi berat totalnya akan berkurang (menjadi 412,25 butir). Pada tanggal 21 Februari 1853, jumlah perak dalam koin yang lebih kecil berkurang, sehingga denominasinya tidak lagi sesuai dengan kandungan peraknya dibandingkan dengan koin dolar.

Selanjutnya, berbagai undang-undang telah disahkan yang mempengaruhi jumlah dan jenis logam dalam koin AS, sehingga saat ini tidak ada definisi hukum dari istilah “dolar” dalam undang-undang AS. Saat ini, definisi yang paling dekat dengan definisi ditemukan dalam Judul 31, USC 5116, paragraf b, ayat 2: “Petugas [Perbendaharaan] harus menjual perak dengan persyaratan yang dianggap pantas oleh petugas, setidaknya pada 1,292929292 dolar per troy ons murni emas.