Pembelian Aset Melalu PO di Accurate Online

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Pembelian Aset melalui PO di Accurate Online

Ada saatnya perusahaan itu untuk menambah aset tetap untuk menambah efisiensi dalam produksi perusahaan tersebut atau untuk oprasionalnnya mereka. Adakalanya tiap bagian harus mengajukan terlebih dahulu untuk pembelian asset tetap tersebut. Nah Accurate Online bisa mencatat itu semua. Untuk lebih jelasnya kita bisa lihat langkah langkahnya di bawah ini.

Yang harus kita siapkan pertama kali adalah akun penampung yaitu dengan nama Transaksi Aktiva Tetap, akun ini berfungsi untuk menampung nilai asset tersebut sebelum di jurnal balik/ di akusisi di Sub Modul Aset Tetap. Setelah Itu kita akan membuat barang non inventory yang semua settingan akun-akunnya ke Transaksi Aktiva Tetap. Setelah semuanya sudah oke maka yang kita harus lakukan pertama kali yaitu kita perhatikan langkah langkah di bawah ini.

Permintaan Barang

Pertama-tama kita ke Modul Persediaan dan ke Sub Modul Permintaan Barang, lalu  set tanggal permintaan asset tersebut, tipe permintaanya pilih beli barang, sehabis itu kita pilih / cari nama barang yang sudah kita buat sebelumnya yaitu Transaksi Aktiva Tetap. Setelah sudah semuanya maka kita tinggal Save dengan mengklik gambar diket di pojok kanan atas. Untuk lebih jelasnya bisa lihat gambar di bawah ini.

Pembelian Aset melalui PO di Accurate Online 01
Pembelian Aset melalui PO di Accurate Online 01

Selanjutnya ketika sudah melakukan Permintaan Barang maka langkah selanjutnya yaitu adalah  kita lakukan pemesanan asset tersebut kepada vendor yang kita inginkan. Yaitu dengan lewat Sub Modul Pesanan Pembelian. Pertama-tama kita ke Modul Pembelian lalu pilih Sub Modul Pesanan Pembelian. Kita lihat gambar dibawah ini.

 

Pesanan Pembelian

Setelah itu kita pilih Pemasok, lalu klik Ambil  dan klik Permintaan. Kenapa kita pilih ambil dan permintaan karena kita sebelumnya sudah melakukan input di permintaan barang sehingga kita tidak perlu untuk melakukan input ulang di pesanan pembelian kita hanya tinggal tarik dari dokumen yang sudah ada di permintaan barang.

Ketika sudah kita pilih permintaan maka muncul pop up seperti ini disini kita disuruh memilih no permintaan yang sudah pernah kita buat sebelumnya. Kalo sudah selesai pilih no permintaan  maka kita tinggal klik lanjut.

Pembelian Aset melalui PO di Accurate Online 05
Pembelian Aset melalui PO di Accurate Online 05

Sehabis klik lanjut maka kita tinggal melakukan save. Untuk lebih jelasnya kita bisa lihat gambar di bawah ini.

 

Ketika kita sudah PO ke pemasok tersebut maka akhirnya asset kita datang dan tagihannya pun sudah  ada pula maka kita bisa melakukan pencatatan atas piutangnya itu juga dengan cara melalui Modul Pembelian dan klik Sub Modul Faktur Pembelian. Untuk lebih jelasnya kita bisa lihat gambar di bawah ini.

Seperti biasa pertama-tama kita pilih nama pemasok lalu kita isi No. Faktur isi dengan no faktur dari vendor dan kita klik Ambil lalu klik Pesanan.

Sehabis itu kita tinggal pilih No. Pesanan yang sudah pernah kita buat sebelumnya sehabis itu kita tinggal klik lanjut. Sehabis itu kita klik di nama barangnya lalu kita isikan untuk harga si asset tersebut. Lalu kita tinggal klik lanjut dan kita klik Save untuk menyimpan transaksi tersebut. Dan Hutang atas asset tersebut sudah di akui. Untuk lebih jelasnya kita bisa lihat gambar dibawah ini.

Nah sehabis ini kita tinggal melakukan jurnal balik si asset tersebut atau lebih tepatnya kita akan meng akusisi asset tersebut sehingga masuk kedalam laporan keuangan kita. Untuk langkah langkah nya kita bisa lihat di bawah ini.

Pembelian Aset Melalui PO di Accurate Online

Pertama-tama kita pilih Modul Aset Tetap, lalu klik Sub Modul Aset Tetap. Kalau masih kurang jelas bisa lihat gambar dibawah ini.

Setelah masuk kedalam maka langkah pertama kita isi Nama asset tersebut apa dan set Tgl Beli & Tgl Pakai. Sehabis itu kita pilih Metode Penyusutan, Akun Aset, Akun Akumulasi Penysutan, dan Akun Beban Penyusutan.  Setelah sudah jangan lupa isi  Kuantitas dan Umur Aset nya berapa.

Setelah kita isi di Informasi Umum maka selanjutnya kita ke Informasi Lainnya untuk mengisi keterangan yang lainnya. Untuk lebih jelasnya kita ikuti langkah langkah berikut ini. Setelah kita klik yang bergambar (I) selanjutnya kita pilih asset yang kita daftarkan termasuk Katagori Aset  apa, sehabis itu centang Ya di kolom pajak sehabis itu kita pilih Katagori Pajak nah asset ini kira kira dalam pajak masuk Golongan berapa. Untuk lebih jelasnya bisa lihat gambar dibawah ini.

Pembelian Aset melalui PO di Accurate Online 13
Pembelian Aset melalui PO di Accurate Online 13

 

Setelah kita di tab Informasi Lainnya kita selanjutnya tinggal mengisi nilai asset yang kita beli, untuk lebih jelasnya kita ikuti langkah langkah berikut ini. Langkah pertama kita klik logo seperti kue ulang tahun yang ada dibawah Informasi lainnya lalu Klik Cari/Pilih Akun Perkiraan disitu kita memilih akun penampung yang kita telah buat di awal yaitu Transaksi Aktiva Tetap sehabis itu kita isi nilai pembelian si asset tersebut berapa. Kalo sudah tinggal Klik Save. Proses jurnal balik / Akusisi si asset tersebut sudah selesai dan sudah masuk sesuai akun asetnya di Laporan Keuangan. Untuk lebih jelasnya bisa kita lihat gambar di bawah ini.

Pembelian Aset melalui PO di Accurate Online 14
Pembelian Aset melalui PO di Accurate Online 14

 

Pembelian Aset melalui PO

Ditulis oleh : Ade Apriatna

Untuk informasi lebih lanjut atau mau tanya-tanya lebih detail lagi, yukk jangan sungkan hubungi kita bisa langsung kesini.

Jakarta 0813 1234 7228 (Mas Jhonni)

Surabaya 0812 1234 7228 (Mas Erick)

Bandung 0812 8561 2402 (Mas Roni)

-Media Sosial SAC-

Facebook SAC

Instagram SAC

Youtube SAC

 

Baca juga

  1. Hak Akses Accurate Online
  2. Rekonsiliasi Bank Otomatis pada Accurate Online
  3. Faktur Penjualan Mendahului Pengiriman Barang
  4. Penomoran Pajak Accurate Online
  5. Produksi Sederhana Accurate Online
  6. Penyesuaian Stok Atas Selisih Pemindahan Barang
  7. Target Penjualan Accurate Online
  8. Laporan Keuangan Penting Accurate
  9. Komisi Salesman di Accurate Online
  10. Import Penjualan E-Commerce ke Accurate Online
Pembelian Aset melalui PO di Accurate Online 13

Pembelian Aset Melalu PO di Accurate Online

Pembelian Aset melalui PO di Accurate Online Ada saatnya perusahaan itu untuk menambah aset tetap untuk menambah efisiensi dalam produksi perusahaan tersebut atau untuk oprasionalnnya mereka. Adakalanya tiap bagian harus mengajukan terlebih dahulu untuk pembelian asset tetap tersebut. Nah Accurate Online bisa mencatat itu semua.

Read More »
Hak Akses Accurate Online 3

Hak Akses Accurate Online

Hak Akses Accurate Online. Setiap user, tentunya punya hak akses yang berbeda-beda, dan tentunya ada bagian-bagian atau modul-modul tertentu yang hanya boleh dibuka oleh user khusus. Untuk hal itu, penting bagi Anda untuk mengatur hak akses masing-masing pada database Anda. Berikut adalah cara untuk pengaturannya:

Read More »
Rekonsiliasi Bank Otomatis pada Accurate Online

Rekonsiliasi Bank Otomatis pada Accurate Online

Rekonsiliasi Bank Otomatis pada Accurate Online. Sebagai salah satu aplikasi akuntansi terbaik saat ini di Indonesia, Accurate Online terus berupaya melakukan pengembangan untuk membantu dan mempermudah anda dalam menyelesaikan pekerjaan anda. Rekonsiliasi Bank secara otomatis adalah salah satunya, selain itu accurate online juga tersedia fitur

Read More »