October 30, 2020
Tips & tricks

Pengaturan Preferensi Pembelian pada Accurate Online

Pengaturan Preferensi Pembelian pada Accurate Online

 

Pengaturan preferensi Pembelian merupakan salah satu pengaturan yang perlu Anda perhatikan pada database Accurate Online Anda. Karena pengaturan ini akan berpengaruh terhadap transaksi pembelian dan nilai persediaan yang ada pada Accurate Online Anda. Anda dapat membuat pengaturannya melalui fitur Pengaturan | Preferensi | Pembelian. Adapun pengaturan yang berlaku untuk preferensi pembelian adalah sebagai berikut :

Preferensi Pembelian Accurate Online

Preferensi Pembelian Accurate Online 2

Keterangan :

  1. Akun Pembulatan : Isi dengan Akun yang akan Anda gunakan untuk menampung nilai pembulatan pajak (inclusive tax) dan pembulatan nilai biaya barang akibat diskon/alokasi nilai biaya pembelian.
  2. Akun selisih pada transaksi dimana biaya ditagihkan ke pemasok lain ini dimaksudkan dimana :
  • Pada pembelian impor, biaya yang dialokasikan ke barang pada faktur barang tidak sama dengan biaya yang ditagihkan oleh forwarder. Silahkan isi akun dengan akun penampung untuk nilai selisih biaya pada faktur barang dengan faktur tagihan biaya dari forwarder. Sesuaikan dengan akun yang perusahaan Anda miliki.
  • Tanggal jurnal diisi dengan pilihan tanggal pengakuan selisih apakah dijurnal sesuai dengan tanggal tagihan dari forwarder atau tanggal tagihan atas faktur barang dari pemasok barang.
  1. Biaya penerimaan barang akan diupdate oleh tagihan dengan pilihan berikut :
  • Diperbaharui oleh tagihan : Silahkan pilih opsi ini jika perusahaan Anda mengakui nilai persediaan sesuai dengan nilai tagihan bukan nilai pesanan pembelian. Sebagai contoh ketika pesanan pembelian, harga barang 1000 dan sudah dibuatkan penerimaan barang. Maka nilai yang diakui pada saat itu adalah 1000, kemudian penerimaan barang tersebut Anda buatkan faktur pembelian dengan harga 1500 maka dengan pilihan ini nilai barang yang awalnya 1000 akan diupdate menjadi 1500 sesuai faktur pembelian oleh sistem.
  • Jangan diperbaharui oleh tagihan : Silahkan pilih opsi ini jika perusahaan Anda mengakui nilai persediaan sesuai dengan nilai pesanan pembelian bukan nilai tagihan. Sebagai contoh pada saat pesanan pembelian, harga barang 1000 dan sudah dibuatkan penerimaan barang maka nilai barang pada saat itu adalah 1000. Lalu penerimaan barang dibuatkan faktur pembelian dengan harga 1500 maka dengan pilihan ini barang yang diakui tetap dengan nilai 1000 dan selisihnya akan ditampung pada akun yang akan dipilih pada pilihan “Akun Selisih Barang Belum Tertagih” yang akan Anda tentukan akunnya pada pilihan berikutnya.
  • Diperbaharui jika periode tanggal tagihan pertama sama dengan penerimaan barang : Silahkan pilih opsi ini jika perusahaan Anda memilih biaya penerimaan barang diupdate apabila faktur pertama masih pada periode yang sama dengan penerimaan barang yang artinya nilai yang diakui adalah nilai pada faktur pembelian, dan tidak diupdate jika berbeda periodenya yang artinya nilai persediaan yang diakui adalah nilai pada pesanan pembelian.
  1. Akun selisih barang belum tertagih : Silahkan isi dengan akun yang akan menampung nilai selisih antara penerimaan barang dan faktur pembelian, sesuaikan dengan akun perkiraan yang ada pada perusahaan Anda.

Demikian artikel kali ini untuk pengaturan preferensi pembelian pada Accurate Online. Semoga bermanfaat.

 

Ditulis oleh : Desindra Nathanael

 

Untuk informasi lebih lanjut atau mau tanya-tanya lebih detail lagi, yukk jangan sungkan hubungi kita bisa langsung kesini.

Jakarta 0813 1234 7228 (Jasen)

Surabaya 0812 1234 7228 (Sebastian)

Bandung 0822 1999 7228 (Bara)

-Media Sosial SAC-

Facebook SAC

Instagram SAC

Youtube SAC

Baca juga

  1. Hak Akses Accurate Online
  2. Rekonsiliasi Bank Otomatis pada Accurate Online
  3. Faktur Penjualan Mendahului Pengiriman Barang
  4. Penomoran Pajak Accurate Online
  5. Produksi Sederhana Accurate Online
  6. Penyesuaian Stok Atas Selisih Pemindahan Barang
  7. Target Penjualan Accurate Online
  8. Laporan Keuangan Penting Accurate
  9. Komisi Salesman di Accurate Online
  10. Import Penjualan E-Commerce ke Accurate Online
  11. Mengubah Persediaan menjadi Aset Tetap
  12. Modifikasi Laporan Accurate Online
  13. PPh 23 Accurate Online
  14. Pentingnya Budgeting pada Keuangan Perusahaan
  15. Tutup Buku Accurate Online

Related posts

Pengepakan Barang Pada Accurate Online

wengku

Beban PPh Badan Tahunan Di Accurate Online

wengku

Stok Opname di Accurate Online

wengku

Leave a Comment

Dapatkan langsung promo

PROMO 10.10