Universitas Negeri di Jakarta, Cek Akreditasi dan Biaya Kuliahnya!

Universitas Negeri di Jakarta, Cek Akreditasi dan Biaya Kuliahnya!

Universitas Negeri di Jakarta, Cek Akreditasi dan Biaya Kuliahnya!

Universitas Negeri di Jakarta

Jika Anda ingin mencari Universitas Negeri terbaik, datanglah ke Jakarta. Belajar di Jakarta adalah impian sebagian besar pelamar Indonesia. Jakarta memiliki banyak pilihan universitas negeri.

Selain itu, orang percaya bahwa pertumbuhan karir akan lebih tinggi jika Anda kuliah di Universitas Negeri di Jakarta. Maka tak heran jika banyak yang ingin kuliah di DKI Jakarta.

Memang, ada banyak universitas negeri di Indonesia. Ada 528 universitas di Provinsi DKI Jakarta yang bisa Anda pilih. Ini termasuk universitas negeri, universitas swasta, politeknik, dan lain-lain. Namun, di Jakarta hanya ada 18 perguruan tinggi negeri, selebihnya swasta dan ada pula yang swasta internasional.

Daftar Universitas Negeri di Jakarta

Bagi Anda yang ingin mencari informasi tentang perguruan tinggi negeri di Jakarta, berikut daftar lengkapnya. Informasi diambil dari portal resmi Kemenristekdikti. Informasi ini juga cocok untuk Anda yang sedang mencari universitas negeri di JABODETABEK (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi).

  1. Universitas Negeri Jakarta (UNJ)
    Kampus para pendidik ini awalnya bernama Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Jakarta. Kemudian berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 093 Tahun 1999 pada tanggal 4 Agustus 1999, IKIP Jakarta didirikan dengan nama baru yaitu Universitas Negeri Jakarta (UNJ).Selain pelatihan guru, kampus dengan motto “Menciptakan Pemimpin Masa Depan” ini juga membuka program studi (Prodi) non kependidikan. Dengan berbagai macam program studi yang ditawarkan, Universitas Negeri Jakarta menjadi salah satu kampus pilihan dan sangat diminati oleh mahasiswa baik dari Jakarta maupun luar kota.

    Akreditasi
    Website
    Email
    Telepon
    Kisaran Biaya Kuliah
    B
    021-4898486
    Rp6.000.000  / semester
  2. Universitas Indonesia (UI)
    Sejarah Universitas Indonesia dimulai pada tahun 1849 ketika pemerintah kolonial Belanda membangun sekolah tinggi untuk ilmu kesehatan. Nama UI sendiri baru resmi digunakan sejak tahun 1950, itupun masih menggunakan bahasa Belanda yaitu Universiteit Indonesia. UI saat ini memiliki 14 fakultas dengan lebih dari 291 program studi.Menjadi universitas terbaik di Indonesia yang menjadikan UI sebagai tempat favorit untuk melanjutkan pendidikan tinggi. Maklum, tingkat persaingan untuk memasuki user interface juga cukup tinggi. Setiap tahun, rata-rata persentase pendaftar dan diterima pada program S1 Reguler berfluktuasi dalam kisaran 3%. Jika Anda menjadikan UI kampus impian Anda.

    Akreditasi
    Website
    Email
    Telepon
    Kisaran Biaya Kuliah
    A
    humas-ui@ui.ac.id
    021-7270020
    Rp6.000.000  / semester
  3. UPN (Universitas Pembangunan Negeri) Veteran Jakarta
    Universitas Pembangunan Veteran Nasional Jakarta, yang juga dikenal sebagai UPN Veteran Jakarta, hanya berubah status menjadi universitas negeri selama sekitar 6 tahun. Namun, seperti yang Anda ketahui, UPN Veteran Jakarta pada dasarnya sudah ada sejak tahun 1977! Dulu, UPN Veteran Jakarta adalah universitas resmi yang dioperasikan oleh Kementerian Pertahanan dan kemudian berafiliasi dengan yayasan yang berafiliasi dengan kementerian, akhirnya menjadi PTN. Kampus Bela Negara ini memiliki banyak sekali manfaat yang bisa kamu gunakan untuk melanjutkan kuliah nanti.Selain menyediakan berbagai peminatan menarik dalam ilmu alam dan ilmu sosial, UPN Veteran Jakarta memiliki tujuan pendidikan yang strategis untuk meningkatkan kualitas pendidikan, antara lain: peningkatan kualitas kurikulum dan pengajaran, relevansi dan produktivitas penelitian dan pengembangan. serta pengabdian kepada masyarakat, kualitas dosen UPNVJ, pengelolaan institusi UPNVJ, dan kerjasama akademik dengan dalam dan luar negeri.

    Akreditasi
    Website
    Email
    Telepon
    Kisaran Biaya Kuliah
    B
    upnvj@upnvj.ac.id
    021-7656971
    Rp5.500.000  / semester
  4. Politeknik Negeri Jakarta
    Politeknik Negeri Jakarta memiliki berbagai program kerjasama baik dengan institusi pendidikan maupun industri untuk meningkatkan keterampilan dan kompetensi mahasiswa. Di tingkat nasional, PNJ bekerjasama dengan perusahaan ternama seperti: PT. Pertamina (Persero), PT. Jasa Marga, PT. Waskita Karya (Persero) Tbk, PT. Trakindo Utama dan sebagainya. Secara umum bentuk kerjasama yang dijalin adalah pengembangan kurikulum dan program kerja praktek (KPS).Tidak hanya di tingkat nasional, kampus ini juga menjalin kerjasama dengan Asia e University, universitas yang didirikan oleh Asia Cooperation Dialogue (ACD) dalam bentuk program internasional 3 plus 1 (3+1). Program kemitraan ini memungkinkan lulusannya untuk menerima dua gelar sekaligus, yaitu Diploma (D3 atau D4) dari Institut Politeknik Negeri Jakarta dan Sarjana ICT (Bsc) dari University e Asia, Malaysia.

    Akreditasi
    Website
    Email
    Telepon
    Kisaran Biaya Kuliah
    B
    021-7270036
    Rp5.000.000  / semester
  5. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah (UIN SAHID)
    Universitas Islam Negeri Jakarta Berbagai prestasi telah diraih Syarif Hidayatullah baik nasional maupun internasional. Kampus ini menempati peringkat ke-17 di Indonesia dan pertama di PTKIN hasil QS Asian University Rankings (AUS) pada tahun 2021. UIN Jakarta kemudian meraih penghargaan sebagai Universitas Maju Paling Berkelanjutan Indonesia 2021 oleh UI Green, Metrik Peringkat Universitas Peringkat Dunia.Mahasiswa UIN Jakarta tidak hanya meraih penghargaan kampus, tetapi juga berbagai prestasi. Sebagai contoh, pada Oktober 2021, mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UIN Jakarta berhasil meraih juara pertama dalam Kompetisi Pasar Modal Syariah 2021 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Syariah IAIN Palangkaraya. Selain itu, pada Desember 2021, mahasiswa fakultas Dirasat Islamiyah (FDI) UIN Jakarta berhasil memenangkan kompetisi news presenter yang diadakan oleh UKM KIR, IAIN Bukittinggi. Jadi tidak perlu diragukan lagi kualitas kampus keren ini!

    Akreditasi
    Website
    Email
    Telepon
    Kisaran Biaya Kuliah
    A
    021-7401925
    Rp4.500.000  / semester
  6. Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS)
    Sekolah Tinggi Statistik (STIS) merupakan lembaga pendidikan resmi di bawah naungan Badan Pusat Statistik Republik Indonesia (BPS RI) dan telah ditingkatkan statusnya dari Akademi Ilmu Statistik (AIS)? Kampus ini terletak di Jl. Otto Iskandardinath No. 64C, terdapat dua program studi di Jakarta yang terbagi menjadi 2 jenjang pendidikan, yaitu Program Diploma 3 dan Program Sarjana Terapan, Program Pengajaran Statistika, dan Program Sarjana Terapan, Program Pengajaran Statistika Komputasi.

    Akreditasi
    Website
    Email
    Telepon
    Kisaran Biaya Kuliah
    021-8508812
    Gratis
  7. STIKes Jayakarta PKP DKI Jakarta
    STIKes Jayakarta merupakan perguruan tinggi yang bergerak di bidang kesehatan. SMA yang dikelola oleh yayasan PKP DKI Jakarta ini memiliki akreditasi dengan nilai yang bagus lho. Perlu Anda ketahui bahwa saat ini STIKes Jayakarta tidak hanya berkecimpung di bidang keperawatan tetapi juga mengembangkan kurikulum kedokteran lainnya yaitu kesehatan kerja dan informatika rumah sakit.

    Akreditasi
    Website
    Email
    Telepon
    Kisaran Biaya Kuliah
    B
    www.stikesjakartapkp.ac.id
    021-22852216
    Rp11.000.000/semester
  8. Sekolah Tinggi Perikanan (STP)
    Pada awal berdirinya, kampus ini bernama Sekolah Pascasarjana Perikanan Darat dengan dua jurusan yaitu pemekaran dan investigasi. Pembuatannya diresmikan langsung oleh Menteri Pertanian M.R. R. Sadjarvo. Pada 14 Desember 1972, Inland Fishing Gymnasium berganti nama menjadi Sekolah Nelayan Bogor. Kemudian berkembang menjadi sekolah menengah pada tahun 1993 yang disebut Sekolah Tinggi Pengetahuan Pertanian. Kemudian pada tahun 2006 digabung dengan Sekolah Tinggi Perikanan.

    Akreditasi
    Website
    Email
    Telepon
    Kisaran Biaya Kuliah
    B
    www.stpbogor.bpsdmkp.kkp.go.id
    jurluhkan.bogor@gmail.com
    0251- 8485169
    Gratis
  9. Poltekkes Kementerian Kesehatan Jakarta III
    Poltekkes Kementerian Kesehatan Jakarta III merupakan perguruan tinggi negeri yang berada di bawah Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Karena berada di institusi publik, salah satu kelebihan lulusan Poltekkes adalah memiliki peluang besar untuk bekerja di berbagai institusi kesehatan masyarakat. Selain itu, Poltekkes Kemenkes III juga menjalin kerjasama dengan berbagai rumah sakit dan institusi kesehatan lainnya untuk mendukung program praktik lapangan yang akan semakin meningkatkan keahlian di bidangnya.

    Akreditasi
    Website
    Email
    Telepon
    Kisaran Biaya Kuliah
    B
    021-84978693
    Rp5.200.000/semester
  10. Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta
    Sekolah Tinggi Ilmu Kelautan (STIP) adalah lembaga pendidikan tinggi negeri di bawah Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. Pengerjaan STIP sudah dimulai sejak lama, pada tahun 1953, ketika masih bernama Akademi Ilmu Pelayaran. Sejarah panjang dan tradisi STIP menjadikan sekolah ini salah satu pilihan terbaik bagi mereka yang tertarik dengan industri maritim.

    Akreditasi
    Website
    Email
    Telepon
    Kisaran Biaya Kuliah
    A
    021-8899 1618
    Rp6.500.000/semester
  11. Politeknik STMI Jakarta
    Apakah Politeknik TSMI merupakan salah satu institusi pendidikan tinggi yang berada di bawah naungan Kementerian Perindustrian? Sebelum menyelenggarakan pendidikan profesi, seperti sekarang ini, STMI menyelenggarakan pendidikan di tingkat sarjana dan pascasarjana. Politeknik STMI kini menawarkan lima jurusan yang fokus pada industri otomotif.

    Akreditasi
    Website
    Email
    Telepon
    Kisaran Biaya Kuliah
    B
    021-42801783
    Rp3.750.000/semester
  12. Politeknik APP Jakarta
    Politeknik APP Jakarta merupakan salah satu perguruan tinggi negeri di bawah Kementerian Perindustrian. Politeknik APP Jakarta adalah pionir universitas manajemen industri di Indonesia yang didirikan pada tahun 1957. Politeknik APP Jakarta memiliki empat program studi yang terdiri dari tiga program studi 3 gelar dan satu program studi gelar 1. Di bawah administrasi Departemen Perindustrian, kampus ini tetap dipertahankan. tetap.

    Akreditasi
    Website
    Email
    Telepon
    Kisaran Biaya Kuliah
    B
    021-7867382
    Rp2.750.000/semester
Baca juga:   Revaluasi adalah? Berikut Ini Pengertian dan Contohnya!

Itulah Daftar Universitas Negeri di Jakarta yang bisa Anda pilih. Berbagai pilihan tersedia. Mulai dari program sarjana, program pascasarjana, pendidikan profesi seperti Diploma III dan Diploma IV, dan lain-lain.

Sebelum memilih universitas, disarankan untuk menentukan minat, bakat, potensi, dan impian Anda. Kemudian Anda memilih universitas yang sesuai dengan kemampuan Anda.

Karena belajar di tempat yang tepat adalah cara terbaik untuk mengembangkan rasa percaya diri dan mengembangkan kemampuan tanpa terbebani.

Misal ingin menjadi perawat, fokus saja memilih STIKes Jayakarta. Sedangkan jika Anda ingin menjadi pemimpin perusahaan seperti CEO atau pendiri, fokus saja belajar di Politeknik APP Jakarta sambil belajar bagaimana membangun bisnis Anda.

Baca juga:   PIC adalah Person In Charge, Berikut Tugas & Tanggung Jawabnya

Jadi pastikan Anda memilih universitas yang tepat untuk masa depan Anda. Jangan sampai salah memilih jurusan hanya karena bingung menentukan pilihan.

Bagikan ke:

Facebook
WhatsApp
Twitter
Telegram

Universitas Negeri di Jakarta, Cek Akreditasi dan Biaya Kuliahnya!