Juni 23, 2021
Tips & tricks Training Accurate

Belajar Program Accurate Accounting

belajar program accurate

Belajar Program Accurate – Banyak perusahaan sudah menggunakan software accurate, dan banyak dari mereka yang sudah merasakan perubahan setelah menggunakan software accounting accurate. Bukan hanya dari perusahaan melainkan siswa – siswa sekolah kejuruan akuntansi pun sudah banyak yang menggunakannya. Tetapi sayangnya masih banyak yang belum memahami sebagian fitur dari software accurate ini.

Sebenarnya sudah banyak di indonesia tentang pelatihan accurate dan cara penggunaanya. Contoh pelatihan yang melayani adalah szeto consultants.

Tips ini berguna bagi kalian yang sibuk dalam bisnis kalian, panduan ini adalah panduan singkat untuk belajar program accurate.

Buat Akun Baru

  • Buka browser yang biasa Kamu pakai, dan silahkan lakukan pendaftaran https://account.accurate.id/?a=LWDRKL4G ,
  • Silahkan lakukan pendaftaran dan lakukan verifikasi email
  • Login dengan akun yang baru saja dibuat
  • Selain dengan melakukan pendaftaran seperti diatas, kamu dapat menggunakan akun google atau facebook yang kalian miliki.

Buat Database

Selanjutnya adalah membuat database, guna menampung segala bentuk informasi. Langkahnya adalah

  • Untuk membuat database, pertama-tama masuklah ke akun baru Kamu. Lalu akan muncul “Database”. Klik tanda “+” untuk membuat database.
  • Selanjutnya akan muncul panel baru berisi kolom-kolom. Isilah semua kolom yang ada, tambahkan juga logo perusahaan agar database lebih mudah dikenali. Pastikan semua kolom sudah terisi dengan baik sebelum klik “Simpan”.
  • Database baru berhasil dibuat, tetapi masih memerlukan beberapa penyesuaian. Untuk melakukannya, silakan lanjutkan ke steps berikutnya.

Setup Database Awal

Accurate menyuguhkan sistem settings yang mudah pada setup awal database ini. Menggunakan wizard, yaitu aplikasi interaktif berbentuk dialog. Wizard akan menuntun Kamu memilih opsi pengaturan secara bertahap.

Setelah klik database yang baru dibuat, silahkan isi informasi sebagai berikut :

Nama Perusahaan Isi dengan nama perusahaan kamu (Wajib Diisi).

Telepon : Isi dengan nomor telepon perusahaan kamu.

Faksimili : Isi dengan nomor fax perusahaan akmu.

Email : Isi dengan alamat email perusahaan kamu.

Tgl Mulai Data : Isi dengan tanggal mulai atau tanggal cut off dari sistem lama ke Accurate. Disarankan adalah tanggal 30/31 (akhir bulan), agar ketika setup awal selesai dan dilakukan periode end, data penyusutan dan laba rugi selisih kurs dapat dibandingkan dengan data laporan keuangan sebelum pindah ke Accurate.

Periode Akuntansi : Isi dengan periode akuntansi perusahaan. Accurate secara default menggunakan periode Januari sd Desember. Jika ingin menggunakan periode selain Januari sd Desember, maka bisa diatur pada field periode akuntansi.

Mata Uang : Isi dengan mata uang database perusahaan (Wajib Diisi).

  1. Alamat : Isi dengan alamat perusahaan.

Setelah klik Lanjut, maka silahkan isi informasi selanjutnya, pada bagian

  • Fitur Dasar
  • Penjualan
  • Pembelian
  • Persedian
  • Dan Lain lainnya

Lalu pada tahap terakhir akun perkiraan, Kamu cukup mencentang kolom “IYA” atau tidak, tergantung ketentuan kebijakan perusahaan kamu. karena dengan adanya fitur wizard pada accurate yang memudahkan pengguna dalam mengoperasikannya.

Import Master Data –

  1. Klik tombol Impor Pemasok yang muncul pada Persiapan Data Perusahaan.belajar-program-accurate
  2. Pada bagian Tab Impor Pemasok, dijelaskan secara rinci format file yang bisa diimpor, penulisan tanggal sebagai saldo awal, kode mata uang pemasok yang bisa dikenali oleh Accurate Online, dan juga contoh file Excel sebagai panduan bagi Kamu.belajar-program-accurate
  3. Jika format excel Data Pemasok telah sesuai dengan kebutuhan Accurate Online, lakukan proses impor dengan cara klik icon folder pada bagian Pilih Lokasi File Impor.belajar-program-accurate
  4. Ambil file Excel Data Pemasok, lalu klik Open.belajar-program-accurate
  5. Selanjutnya klik Unggah untuk melanjutkan pada proses mapping atau pemetaan.belajar-program-accurate
  6. Peta-kan setiap field di Excel dengan kolom yang dibutuhkan oleh Accurate. Caranya klik pada setiap field lalu sesuaikan dengan judul kolom yang ada di Excel.belajar-program-accurate
  7. Setelah setiap field sudah dipeta-kan dengan baik, klik tombol Lanjutkan.
  8. Pada bagian Konfirmasi Impor Data akan diberikan informasi atau preview 5 baris data awal yang ada pada Excel.belajar-program-accuratePada Konfirmasi Data juga terdapat pilihan “Lakukan Update Data”, ini dapat Kamu centang jika pada database sudah ada nomor atau nama pemasok yang sama dan ingin diupdate dengan informasi terbaru dari Excel. Pilihan tsb juga digunakan agar rincian data faktur saldo awal dengan nomor atau nama pemasok yang sama, dapat masuk secara SPLIT (rinci per nomor faktur).
  9. Setelah sesuai, klik tombol Lanjutkan untuk memulai proses impor data pemasok. Pada proses ini, akan ditampilkan progres data pemasok yang berhasil terimpor dan yang gagal.belajar-program-accurate
  10. Setelah selesai akan tampil informasi jumlah pemasok yang berhasil dan yang gagal. Untuk pemasok yang gagal, akan ada tombol Excel yang bisa diklik untuk mengetahui pemasok mana saja yang gagal terimpor dan penyebabnya.belajar-program-accurate
  11. Untuk pemasok yang gagal, silakan Kamu perbaiki pada Excel Kamu mengikuti panduan yang diinformasikan oleh Accurate Online pada saat klik Impor Pemasok, lalu lakukan proses impor ulang atau bisa juga Kamu masukan secara manual darifaktur saldo | Pemasok.
  12. Klik Tutup untuk melanjutkan pada proses Impor Data Pelanggan.sumber : Disini

Setting Preferensi – belajar program accurate

Setting Preferensi adalah fitur pada Accurate Online yang berfungsi untuk mengatur perilaku Accurate Online terhadap transaksi, pengguna, dan laporan.

Beberapa setting preferensi sudah otomatis aktif pada saat Kamu mencentang “Ya” di Wizard Setup Awal Data. Sehingga yang akan Kamu lakukan pada setting preferensi kali ini merupakan proses melengkapi tahapan setup awal data.

Beberapa bagian yang perlu dilengkapi antara lain : Perusahaan, Fitur, Pajak, Penjualan, Pembelian, Pembatasan, Persetujuan, Atribut Tambahan, Akun Perkiraan, dan Lain-Lain. Langkanya adalah,

  1. Klik menu Pengaturan | Preferensibelajar-program-accurate

sumber : Disini

Pengenalan Menu Navigasi – belajar program accurate

  1. Navigasi Akses Menu – belajar program accurate

    Langkahnya adalah ,

    • Setelah masuk pada database arahkan pointer mouse Kamu ke bagian sebelah kiri layar database Accurate Online.belajar-program-accurate
    • Jika Kamu dekatkan pointer mouse Kamu, maka akan terlihat nama-nama menu yang sedang Kamu sorot, mulai dari menu Pengaturan, Perusahaan, Buku Besar hingga menu Laporan.
    • Kamu bisa klik pada menu yang ingin Kamu buka, sehingga akan tampil fitur-fitur dari menu tsb.
  2. Navigasi Fitur – belajar program accurate

    Kamu dapat membuka fitur pada Accurate Online dengan cara sbb :

    • Dari Navigasi Akses Menu, klik pada menu yang fiturnya ingin Kamu buka.
    • Klik pada nama fitur yang ingin Kamu buka, contoh pada gambar dibawah ini adalah Navigasi Akses Menu Penjualan pada Fitur Penawaran Penjualan.belajar-program-accurate
  3. Navigasi Bantuan

    Kamu akan dibawa ke Manual Book Accurate Online, untuk melihat beberapa cara penggunaan atas form yang ada di Accurate.

    Contoh pada formulir Penawaran Penjualan, jika Kamu menemui kendala saat akan menggunakan formulir tsb, maka Kamu dapat mencari bantuan cara membuat transaksi pada formulir tsb. Caranya :

    • Klik tombol Lampu yang ada pada bagian sebelah kanan atas, Kamu akan langsung dibawa pada Manual Book Accurate Online yang membahas tentang cara membuat transaksi pada formulir tsb.belajar-program-accurate
  4. Navigasi Daftar Data

    Setelah Kamu berhasil menginput transaksi, Kamu dapat melihat daftar transaksi-transaksi yang sudah dibuat dengan cara sbb :

    • Contoh pada formulir Penawaran Penjualan, ada icon atau gambar seperti di bawah ini.belajar-program-accurate
    • Klik sekali, maka tampilan Accurate Online akan menuju pada Daftar Transaksi Penawaran Penjualan yang sudah Kamu buat.belajar-program-accurate
  5. Navigasi Pindah Tab

    Pada Accurate Online terdapat kemudahan bagi Kamu untuk berpindah dari satu tab/formulir ke tab/formulir yang lain, apabila Kamu sedang membuka banyak tab atau formulir.

    Cara untuk berpindah dari satu tab/formulir ke tab/formulir yang lain adalah sbb :

    • Klik pada bagian pojok kanan atas di bawah nama id Kamu.belajar-program-accurate
    • Pada bagian info angka tsb adalah jumlah tab atau formulir yang sedang Kamu buka saat ini.
    • Kamu dapat langsung mengklik nama tab atau formulir tsb untuk berpindah secara cepat.
  6. Navigasi Shortcut

    Melengkapi panduan Setup Awal, berikut ini daftar Shortcut pada Accurate Online.

    • Ctrl + Enter : Memiliki nama pelanggan / pemasok / barang & jasa pada formulir penjualan dan pembelian.
    • Ctrl + S = Menyimpan transaksi pada formulir.

sumber : Disini

Pembelian Software ACCURATE bisa langsung di web ini. Untuk informasi lebih lanjut dan mau tanya-tanya lebih detail lagi, yukk jangan sungkan hubungi kita bisa langsung kesini.

Jakarta 0813 1234 7228 (Jessica)

Surabaya 0812 1234 7228 (Sebastian)

Bandung 0822 1999 7228 (Bella)

Semarang 0821 3000 7228 (Samara)

Facebook SAC

Instagram SAC

Youtube SAC

Baca juga

    1. Manfaat Pembukuan Bagi Usaha Anda
    2. Rekonsiliasi Bank Otomatis pada Accurate Online
    3. Faktur Penjualan Mendahului Pengiriman Barang
    4. Penomoran Pajak Accurate Online
    5. ProduksiSederhana Accurate Online
    6. Penyesuaian Stok Atas Selisih Pemindahan Barang
    7. Target Penjualan Accurate Online
    8. Laporan Keuangan Penting Accurate
    9. Komisi Salesman di Accurate Online
    10. Import Penjualan E-Commerce ke Accurate Online
    11. Mengubah Persediaan menjadi Aset Tetap
    12. Modifikasi Laporan Accurate Online
    13. PPh 23 Accurate Online
    14. Pentingnya Budgeting pada Keuangan Perusahaan
    15. Tutup Buku Accurate Online

Related posts

Beban PPh Badan Tahunan Di Accurate Online

wengku

Pencatatan Overpay di Accurate Online

wengku

Transaksi Berulang Accurate Online

wengku

Leave a Comment