Canvasser : Pengertian dan Kelebihan Kekurangan Metode Canvassing

Canvasser : Pengertian dan Kelebihan Kekurangan Metode Canvassing

Canvasser : Pengertian dan Kelebihan Kekurangan Metode Canvassing

Canvasser

Canvassing masih merupakan metode yang digunakan sebagian besar perusahaan untuk menarik konsumen. Dengan demikian, pegawai masih merupakan profesi yang menjanjikan yang dibutuhkan perusahaan. Tak heran, bekerja sebagai Canvasser masih menjanjikan. Memang, apa itu Canvasser? Pada artikel ini, Szeto Accurate Consultants akan menjelaskannya kepada Anda.

Apakah Canvasser itu?

Jika Anda bertanya Canvasser apa artinya, Canvasser adalah orang yang meyakinkan calon pembeli untuk membeli produk Anda tanpa membuat janji terlebih dahulu. Dengan begitu banyak cara untuk menjangkau pelanggan, survei dari pintu ke pintu mungkin tampak ketinggalan zaman pada tahun 2020. Namun, dengan strategi yang tepat, ini bisa menjadi cara yang efektif dan hebat untuk mempromosikan produk Anda.

Pembukuan Lebih Lancar Dengan Accurate Accounting Software

Disisi lain istilah Canvasser juga berkaitan dengan Sensus Penduduk atau sering disebut sebagai Metode Canvasser yaitu pengumpulan informasi / data yang dilakukan oleh petugas melalui wawancara langsung dengan warga. Biasanya petugas mengisi formulir sensus, dan penduduk hanya sebagai narasumbernya saja.

Tugas Seorang Canvasser

Tugas Seorang Canvasser
Tugas Seorang Canvasser

Seperti agen lapangan lainnya, Canvasser berpindah di antara perjalanan, memimpin rapat, mengarsipkan, mengirimkan dan melakukan tugas administratif yang ekstensif saat bepergian seperti menerima pesanan, membuat faktur, mengumpulkan pembayaran dan laporan lainnya.

Salah satu cara kerja seorang Canvasser adalah menjual secara langsung atau door-to-door dengan pembeli, menjual barang atau jasa mereka. Canvasser juga merupakan bagian dari distributor untuk pemasaran dan distribusi produk atau jasa.

Biasanya, Canvasser lebih cenderung melakukan pemasaran dengan menggunakan kendaraan roda dua atau empat. Mereka juga tentunya akan terlibat dalam distribusi dan pemasaran untuk tujuan yang lebih besar dari penjualan pada umumnya.

Sudah Punya Accurate Software? Training Accurate Untuk Implementasi Lebih Efektif

Keuntungan yang dapat dicapai oleh para pelaku bisnis dengan memiliki perantara di perusahaan adalah lebih mudah untuk mendistribusikan dan memasarkan kepada pelanggan yang berada di daerah terpencil atau daerah yang kurang terjangkau oleh distributor.

Oleh karena itu, banyak perusahaan juga berinvestasi lebih banyak dalam hal ini. Para pelaku bisnis yang memahami pentingnya menjual kepada suatu perusahaan akan berusaha memberikan berbagai peluang sekaligus bonus besar bagi para juru Canvasser untuk mempertajam keunggulan perusahaannya.

Kelebihan Menggunakan Metode Canvassing

Kelebihan Menggunakan Metode Canvassing
Kelebihan Menggunakan Metode Canvassing

Kemungkinan prospek yang lebih tinggi

Jika Anda sudah menemukan orang yang tepat sebagai pembeli atau pelanggan Anda, maka cara yang paling tepat adalah dengan menggunakan metode canvassing. Mengapa? Karena Anda bisa berkomunikasi langsung dengan calon pelanggan Anda. Melalui komunikasi ini, Anda dapat mengarahkan konsumen lebih jauh agar calon konsumen mau menggunakan produk atau jasa Anda.

Pengenalan produk lebih cepat

Dengan berjualan langsung, Anda tidak akan membuang waktu dalam proses penjualan barang dan administrasi dari gudang produsen ke gudang distributor. Canvassing merupakan salah satu metode yang cocok untuk perusahaan kecil dan menengah yang bisnisnya hanya beroperasi di satu kota, satu provinsi atau satu wilayah.

Selain itu, produsen juga dapat menempatkan staf advokasi mereka di distributor sehingga mereka dapat mendistribusikan barang yang dibeli oleh distributor ke seluruh wilayah, terutama di daerah yang tidak dapat dijangkau oleh departemen penjualan distributor.

Umpan balik pasar yang lebih akurat

Salah satu tugas penting tim peneliti adalah mengumpulkan data di daerah atau wilayah yang mereka kunjungi. Data ini bisa berupa luas toko, alamat lengkap toko, serta data-data lainnya tentang konsumen. Bahkan, konsumen dapat menyarankan atau mengkritik produk atau layanan yang mereka gunakan.

Pengumpulan data yang dilakukan oleh tim Canvasser kemudian dapat diteruskan langsung ke produsen, sehingga lebih akurat daripada hanya mengandalkan data atau informasi dari distributor.

Distribusi produk yang adil

Metode Canvassing sangat berguna untuk meratakan distribusi suatu produk. Terkadang ada distributor yang merasa cukup untuk mendapatkan keuntungan tertentu, meskipun hanya berasal dari beberapa konsumen.

Untuk itu, dengan menggunakan Canvassing, tim Canvasser akan mendistribusikan produk secara merata di berbagai wilayah berdasarkan rencana perjalanan yang telah dibuat sebelumnya. Dengan demikian, konsumen akan lebih mudah mendapatkan produk tersebut.

Kekurangan Menggunakan Metode Canvassing

Kekurangan Menggunakan Metode Canvassing
Kekurangan Menggunakan Metode Canvassing

Selain kelebihan tersebut, Anda juga wajib tahu apa saja kerugian jika menggunakan metode canvassing.

Kontrol inventaris dan deposit menjadi kurang dapat diandalkan

Kerugian tersebut dapat disebabkan oleh kelalaian agen yang kehilangan barang, kesalahan perhitungan uang saat melakukan transaksi, jumlah uang yang disetorkan ke administrator tidak sama dengan jumlah yang dijual, dan masih banyak lagi.

Biaya operasional semakin tinggi

Salah satu hal yang harus Anda pertimbangkan dengan matang ketika memutuskan apakah akan menggunakan metode Canvassing adalah biaya operasional. Anda harus mempertimbangkan gaji, upah lembur, dan insentif dari tim Canvasser Anda.

Setiap konsultan harus memiliki ketua tim sekaligus pemimpin yang bertanggung jawab atas pekerjaan konsultan penjualan. Untuk alasan ini, biaya operasional perusahaan meningkat.

Proses yang membosankan

Konsultasi merupakan salah satu cara yang membutuhkan proses yang cukup panjang dan dianggap sangat membosankan. Seringkali, setiap perusahaan yang menggunakan metode ini harus melanjutkan proses perekrutan untuk memenuhi kebutuhan staf untuk menggunakan metode ini.

Canvasser kurang disukai konsumen

Selain fakta bahwa metode ini sangat membosankan, konsumen semakin tidak menyukainya. Mengapa? Seiring dengan persaingan bisnis yang semakin ketat dan ketat saat ini, konsumen dapat menerima berbagai penawaran pemasaran. Hal ini tentunya akan membuat banyak konsumen bosan dan pelaku bisnis tidak akan bisa memberikan hasil yang diharapkan.

Tingkat keberhasilan rendah

Kerugian lain dari metode canvassing adalah tingkat keberhasilan yang rendah yang dapat ditimbulkannya. Seorang agen dapat terhubung dengan puluhan calon pelanggan atau mengunjungi mereka untuk mengetahui hasil penjualan mereka. Namun, bahkan jika Anda telah melakukan yang terbaik, calon pelanggan belum tentu tergoda.

Kesalahan penyampaian informasi produk kepada konsumen

Kesalahan ini dapat disebabkan oleh kurangnya pelatihan bagi tim pengumpul informasi, sehingga dapat menyebabkan kesalahan saat mengkomunikasikan informasi produk dan layanan kepada toko ritel dan konsumen.

Harga bisa dimainkan oleh Canvasser

Agen Canvasser memiliki kemampuan untuk menjual jenis produk tersebut melebihi harga referensi yang sebelumnya ditentukan oleh produsen atau disepakati dengan tim distribusi.

Sebaliknya, jika barang yang dijual adalah milik distributor, maka dengan izin pemilik, agen dapat menjual barang yang dijual tepat di bawah harga patokan yang telah ditentukan sebelumnya untuk menghabiskan stok saja. Kegiatan ini akan menyebabkan fluktuasi harga di pasar, yang akan berdampak negatif bagi konsumen maupun produsen.

Distributor akan semakin malas karena canvasser

Dengan tim canvasser yang direkrut oleh produsen, para distributor akan merasa sangat terbantu dan seringkali merasa benar sendiri sehingga beban distribusi tidak menimpa mereka. Pada akhirnya beban keberhasilan produk di pasar akan bergeser dari distributor sebagai pemilik produk atau produk ke konsumen.

Tujuan perusahaan menerapkan model bisnis kanvas dalam strategi pemasarannya adalah untuk meningkatkan keuntungan bisnis. Namun, penerapan metode ini juga membutuhkan biaya operasional yang tinggi, sehingga perusahaan harus dapat mengelola keuangannya dengan lebih tepat sasaran, tepat, dan tepat.

Dalam hal ini, software akuntansi Accurate Online dapat membantu Anda mengelola keuangan perusahaan Anda secara akurat. Anggaran berbeda yang ingin Anda buat untuk berbagai jalur keuangan perusahaan akan dicatat dengan rapi dalam laporan keuangan. Selain itu, Accurate Online juga dikemas dengan banyak fitur lengkap yang dapat memudahkan Anda dalam berbisnis.



Baca juga: Training Accurate Resmi #1 di Indonesia

Bagikan ke:

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram

Canvasser : Pengertian dan Kelebihan Kekurangan Metode Canvassing