Cara Menghitung Tarif Aktivitas Masing-masing Produk

Cara Menghitung Tarif Aktivitas Masing-masing Produk

Cara Menghitung Tarif Aktivitas Masing-masing Produk

Cara Menghitung Tarif Aktivitas Masing-masing Produk

Cara menghitung tarif aktivitas masing-masing produk atau Activity Based Costing (ABC) adalah kalkulasi biaya / tarif berdasarkan aktivitas merupakan suatu sistem perhitungan biaya dimana tempat penampungan biaya overhead yang jumlahnya lebih dari satu atau lebih factor yang tidak berkaitan dengan volume.

Cara Menghitung Tarif Aktivitas Masing-Masing Produk

Tujuan utama penggunaan rumus biaya berdasarkan aktivitas adalah untuk mendapatkan harga produk per unit. Untuk itu, untuk mendapatkan harga pokok per unit, Anda harus dapat menjumlahkan semua biaya utama dengan biaya overhead, kemudian dibagi dengan jumlah unit yang telah diproduksi.

Pembukuan Lebih Lancar Dengan Accurate Accounting Software

Cara melakukan perhitungan ABC atau tarif aktivitas masing-masing produk adalah sebagai berikut:

Total biaya utama = Biaya utama x volume produksi

Total biaya overhead = Biaya overhead x volume produksi

Harga per unit = (Semua Biaya Utama + Semua Biaya Overhead) Jumlah unit yang diproduksi

Sudah Punya Accurate Software? Training Accurate Untuk Implementasi Lebih Efektif

= Biaya pokok x Volume produksi (Biaya Overhead x Volume Produksi) Jumlah unit yang diproduksi.

Penetapan Biaya Berbasis Aktivitas

Setiap menjalankan bisnis, tentunya akan selalu ada pengeluaran yang harus diperhatikan. Nah, Activity Based Costing adalah cara untuk bisa menghitung harga pokok penjualan dengan benar dan akurat.

Selain itu, hal ini juga dilakukan agar perusahaan mampu bersaing lebih luas dengan kompetitor lainnya. Mengapa? Karena jika perusahaan mampu menawarkan harga produk yang sesuai di pasar, maka daya tarik konsumen dalam membeli suatu produk akan meningkat.

Harga pokok penjualan akan selalu melekat pada berbagai biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan ketika melakukan proses produksi, yang didalamnya terdapat berbagai biaya kegiatan dan sumber daya yang dibutuhkan.

Untuk lebih jelasnya mari kita pelajari activity based costing melalui penjelasan di bawah ini.

Apa itu Biaya Berdasarkan Aktivitas?

Activity based costing merupakan cara yang dapat Anda lakukan untuk dapat menghitung suatu biaya secara akurat. Fungsi utama dari activity based costing adalah untuk mengalokasikan semua biaya dari berbagai sumber daya yang digunakan ketika melakukan aktivitas produk atau menjalankan bisnis jasa.

Hal yang mendasari konsep activity based costing adalah perusahaan melakukan suatu perencanaan, kemudian manajemen perusahaan akan melakukan serangkaian kegiatan. Maka untuk melaksanakan seluruh rangkaian kegiatan tersebut diperlukan berbagai sumber daya, dan untuk memperoleh sumber daya tersebut tentunya diperlukan biaya.

Metode Activity Based Costing (ABC) ini dapat digunakan dalam menentukan semua biaya produksi secara lebih objektif karena mampu mengidentifikasi hubungan sebab akibat. Di dalamnya, semua biaya overhead, biaya variabel dan biaya produksi memiliki hubungan yang erat.

Fungsi dari Activity Based Costing (ABC)

Berikut ini adalah fungsi utama dari activity based costing atau metode ABC.

Fungsi metode ABC yang pertama adalah membantu perusahaan dalam mengambil berbagai keputusan penting yang berkaitan dengan harga pokok penjualan dan berbagai sumber daya serta persiapannya.
Harga pokok penjualan yang dihasilkan akan lebih akurat dan mampu bersaing dengan perusahaan lain yang sejenis.
Metode ABC juga mampu membantu perusahaan dalam melakukan analisa terkait penentuan besarnya harga pokok produksi yang harus diproduksi agar dapat mencapai BEP atau Break Event Point dengan lebih akurat.
Manfaat Menghitung Biaya Berdasarkan Aktivitas Adalah
Setiap perusahaan yang menghitung activity based costing akan mendapatkan berbagai keuntungan lainnya, yaitu:

  1. Lebih Mudah Dalam Mengambil Keputusan
    Dengan melakukan perhitungan menggunakan metode ABC maka akan memudahkan perusahaan dalam hal pengambilan keputusan. Pada saat melakukan perhitungan dengan menggunakan metode ABC, berbagai komponen biaya akan ditulis secara lengkap, sehingga perhitungan dapat terlihat lebih jelas. Jika suatu perhitungan dilakukan dengan lebih jelas dan detail, tentunya akan memudahkan Anda dalam mengambil keputusan, sehingga Anda tidak membutuhkan waktu yang lebih lama untuk memutuskan.
  2. Tingkatkan Persaingan dengan Pesaing
    Jika Anda menentukan harga menggunakan metode ABC, maka Anda akan lebih mudah bersaing dengan kompetitor. Harga yang anda dapatkan tidak akan jauh dari harga yang dikeluarkan oleh kompetitor, sehingga setiap konsumen tidak akan meragukan produk atau jasa anda.
  3. Pemantauan dan Evaluasi
    Perhitungan yang dilakukan dengan menggunakan metode ABC akan disajikan secara jelas dan detail, sehingga akan lebih mudah untuk dievaluasi. Jika Anda menemukan sesuatu yang aneh dalam perhitungan Anda, akan lebih mudah bagi Anda untuk memperbaikinya. Hal ini tentunya akan mempengaruhi laporan keuangan yang akan Anda buat nantinya.
  4. Lebih Mudah untuk Mengembangkan Produk
    Anda dapat menggunakan analisis biaya yang sebelumnya Anda peroleh dari hasil perhitungan ABC untuk merekayasa ulang proses produksi. Reengineering dalam hal ini dapat dikaitkan dengan pengembangan produk Anda.

Demikian informasi mengenai cara menghitung tarif aktivitas masing-masing produk, semoga bisa bermanfaat bagi Anda.



Baca juga: Training Accurate Resmi #1 di Indonesia

Bagikan ke:

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram

Cara Menghitung Tarif Aktivitas Masing-masing Produk