Szeto Accurate Consultants

Contoh Laporan Penjualan Harian, Bulanan dan Tahunan

Contoh Laporan Penjualan Harian, Bulanan dan Tahunan

Contoh Laporan Penjualan

Contoh Laporan Penjualan – Dalam bisnis berskala kecil, menengah maupun besar. Semuanya harus dicatat dengan baik, agar keuangan perusahaan menjadi lebih sehat dan dapat terkontrol dengan baik. Apalagi jika terkait dengan penjualan, maka hal ini harus di isi dalam laporan penjualan.

Menggunakan laporan penjualan harian, mingguan, dan bulanan dengan tim Anda mungkin merupakan satu-satunya cara paling ampuh yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kinerja tim Anda dan menghasilkan hasil penjualan yang kuat.

Selain itu, kami akan membahas secara tepat bagaimana cara melaporkan penjualan, tujuan, dan proses pembuatannya sehingga Anda dapat mengetahui cerita di balik setiap laporan dan menggunakannya sebagai template atau inspirasi untuk menghasilkan laporan Anda sendiri.

Rekomendasi untuk Anda: Training Accurate, Cara Terbaik Mahir Dalam Membuat Laporan Keuangan dan Pembukuan dengan Accurate 5 Desktop & Accurate Online

Apa Itu Laporan Penjualan?

Laporan penjualan adalah metrik kinerja seperti pertumbuhan penjualan, target penjualan, dan lain sebagainya. Laporan penjualan memberikan gambaran umum tentang keadaan aktivitas penjualan dalam perusahaan. Ini menunjukkan tren berbeda yang terjadi dalam volume penjualan selama waktu tertentu, tetapi juga menganalisis berbagai langkah saluran penjualan dan kinerja eksekutif penjualan.

Baca juga:   Akuntansi Manajemen Adalah : Pengertian, Tujuan, Fungsi Pokok

Laporan Penjualan memberikan gambaran tentang latihan perusahaan pada saat tertentu untuk menilai situasi dan menentukan keputusan terbaik untuk dibuat dan jenis tindakan yang harus dilakukan. Laporan ini membantu dalam menemukan peluang pasar baru yang potensial di mana Anda dapat meningkatkan hasil dengan menggunakan perangkat lunak pelaporan penjualan modern.

Cara Membuat Laporan Penjualan

Cara Membuat Laporan Penjualan
Cara Membuat Laporan Penjualan

Anda harus mengingat tujuan akhir saat menulis laporan penjualan. Berikut ini berbagai cara membuat laporan penjualan.

  1. Tentukan audiens Anda
    Pertimbangkan siapa yang akan membaca dan memahami sebelum membuat laporan penjualan.
  2. Tentukan tujuan laporan
    Bagikan peningkatan bulanan dengan manajemen atau analisis target penjualan dengan tim.
  3. Tentukan rentang tanggal
    Anda dapat memilih untuk membuat laporan harian serta laporan bulanan, atau menampilkan data dari kuartal atau tahun sebelumnya.
  4. Pengumpulan data yang tepat
    Karena Anda ingin menyiapkan laporan penjualan tertentu untuk dilacak, Anda perlu menggunakan alat analisis bisnis untuk mengompilasi dan menganalisis semua laporan penjualan. Solusi tersebut dirancang untuk menyederhanakan analisis data dan segera membuat laporan penjualan.
  5. Visualisasikan dan komunikasikan hasil analisis Anda
    Bagian terpenting dari menganalisis dan mencerna wawasan dari data laporan penjualan Anda adalah mengomunikasikan informasi ini kepada audiens Anda.
  6. Memberikan latar belakang
    Ketika Anda sering dilupakan dan berpikir dan berpikir secara mendalam, angka tidak pernah menceritakan kisah yang lengkap. Berikan lebih banyak latar belakang dan gambar untuk karakter. Ini terutama benar ketika menyajikan templat laporan penjualan mingguan. Apakah tren keseluruhan naik atau turun?
  7. Tunjukkan kreativitas Anda
    Tambahkan beberapa kesenangan atau perasaan pribadi untuk meningkatkan kepercayaan diri Anda dan menarik perhatian audiens saat menulis laporan.
Baca juga:   Cara Membuat Jurnal Umum: Penjelasan, Proses, Format dan Contohnya!

Report Penjualan Harian

Contoh Laporan Penjualan Harian
Report Penjualan Harian

Laporan penjualan harian adalah alat manajemen yang digunakan oleh bisnis, perwakilan penjualan, dan manajer untuk mengekstrak data penjualan harian yang paling relevan seperti jumlah transaksi yang ditutup, percakapan klien, peluang yang dibuat, dan banyak KPI terkait penjualan lainnya.

Dalam hal laporan harian, Anda tidak ingin terlalu fokus pada metrik yang bergantung pada hasil. Sebaliknya, Anda ingin lebih fokus pada metrik proses. Apa bedanya?

Metrik hasil adalah sesuatu seperti pendapatan yang diperoleh yang tidak dapat dikontrol langsung oleh perwakilan penjualan Anda. Metrik proses adalah sesuatu yang dapat dikontrol langsung oleh perwakilan penjualan Anda, seperti berapa banyak panggilan yang Laporan Penjualan lakukan, email yang Laporan Penjualan kirim, atau rapat yang Laporan Penjualan atur.

Baca juga:   Canvasser : Pengertian dan Kelebihan Kekurangan Metode Canvassing

Setiap hari, perwakilan Anda hanya akan mengalami beberapa hari buruk dan beberapa hari baik karena alasan di luar kendali Laporan Penjualan. Jadi, melihat bahwa seorang perwakilan memiliki satu hari penghasilan rendah, dan kemudian memanggil Laporan Penjualan ke kantor Anda, akan sedikit prematur, dan bisa dibilang merupakan contoh manajemen mikro.

Contoh Laporan Penjualan Harian

Berikut ini untuk contoh report penjualan harian excel bisa untuk toko retail dalam bentuk report sederhana.

Untuk mendapatkan contoh report penjualan harian ini, silakan Anda dapat mengunduhnya melalui link berikut ini.

Download Contoh Laporan Penjualan Harian Excel

 

Report Penjualan Bulanan

 

Contoh Laporan Penjualan Bulanan

Pengguna bisnis kecil dapat melacak dan memperkirakan penjualan bulanan dengan template pintar ini. Tabel pivot penjualan memudahkan pembuatan laporan sesuai kebutuhan.

Download Contoh Laporan Penjualan Bulanan Excel

 

Report Penjualan Tahunan

 

Contoh Laporan Penjualan Tahunan

Gunakan templat yang mudah diakses ini untuk laporan keuangan profesional perusahaan Anda dari tahun ke tahun. Sesuaikan dengan memilih metrik kunci tertentu yang ingin Anda soroti.

Download Contoh Laporan Penjualan Tahunan Excel

 

Ingin Melakukan Laporan Penjualan? Konsultasi Dengan Kami, GRATIS!

Apakah Anda Menikmati Artikel Ini?
Daftar hari ini dan dapatkan pembaruan gratis langsung di kotak masuk Anda. Kami tidak akan pernah membagikan atau menjual alamat email Anda.

Bagikan ke:

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram
Aditia Novit
Aditia Novit
Ingin banyak belajar dan berbagi ilmu pengetahuan dan tutorial seputar akuntansi dan bisnis untuk Anda.