Szeto Accurate Consultants

Daftar Industri Kreatif di Surabaya 2021

Industri Kreatif di Surabaya 2021 – Surabaya adalah kota yang terletak di Jawa Timur, sekaligus menjadi Ibu kota Jawa timur. Surabaya menjadi kota dengan kepadatan penduduk terbesar no 3 di Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwasannya surabaya banyak menjadi destinasi bagi sebagian orang untuk mengadu nasibnya di sana.

Semakin meningkatnya jumlah populasi, tentunya bebarengan dengan industrialisme di kota tersebut. Ada banyak industri yang bergerak di Surabaya, namun kali ini kami akan membagikan beberapa industri kreatif yang ada di Surabaya. Industri ini berdikari. “Berdiri di atas kaki mereka sendiri” mereka berjuang dari banyaknya industri kelas dan banyaknya persaingan.

Jika kalian sedang berlibur ke Surabaya ada baiknya lho kalian mampir ke sentra – sentra industri kreatif Surabaya berikut ini, selain karena harganya terjangkau kalian juga secara tidak langsung membantu usaha kreatif masyarakat Indonesia.

Berikut list nya,

  1. Sentra PKL Pasar Buku Bekas

Industri kreatif yang pertama adalah Kampoeng Ilmu adalah pusat buku bekas dan areal wisata pendidikan yang berada di Kota Surabaya. Kampoeng Ilmu sendiri berdiri pada tanggal 7 April tahun 2008 sebagai wadah interaksi untuk membantu upaya pemerintah dalam meningkatkan layanan publik pada bidang kebutuhan dasar hidup masyarakat seperti pendidikan, sosial, ekonomi dan kebudayaan.

Kampoeng Ilmu lahir atas prakarsa bersama antara Pemerintah Kota Surabaya dan pedagang buku Jl. Semarang serta LSM-LSM yang peduli akan nasib pedagang kaki lima buku bekas Jalan Semarang (SPKLB, Gereja Widodaren, SRMI, LMND, LBH Surabaya, OI, SGMS, PRD, dan Komunitas Pecinta Buku lainya).

Dalam perkumpulan ini menganggap bahwa Perda Kota Surabaya Nomor : 17 Tahun 2003 tentang Penenertiban tidak berpihak kepada penjual buku bekas.

Dan mereka menganggap Perda dari Pemerintah Kota Surabaya harus ditolak, hal ini dikarenakan menggusur buku bekas dan pedagangnya sama dengan membunuh keinginan masyarakat untuk belajar dan mengkebiri minat baca masyarakat yang mestinya ini dapat dijadikan kebutuhan dan milik bersama bahkan sebagai icon menuju “Surabaya Kota Ilmu”.

  1. Sentra PKL Pasar Ikan Hias SurabayaIndustri Kreatif di Surabaya 2021

Kota Surabaya memiliki cukup banyak para pedagang ikan hias yang tersebar dan berjualan di pinggir jalan sehingga membuat jalan macet dan mengurangi kenyamanan warga sekitar.

Sementara itu, berkembangnya antusisme masyarakat akan ikan hias, menyebabkan Pemerintah Kota Surabaya berinisiatif untuk merelokasi pedagang ikan hias dan menempatkannya di pasar yang diberi nama Pasar Ikan Hias Gunungsari (PIH Gunungsari).

PIH Gunungsari memiliki keunikan yaitu bukan hanya tempat bertemunya pedagang dan pembeli, melainkan juga merupakan suatu lembaga dengan system managemen yang bertujuan untuk secara bersama-sama memajukan perdagangan ikan hias saat sekarang dan di masa depan nanti (termasuk menghadapi segala tantangannya saat perdagangan bebas) demi kesejahteraan para pedagang dan stake holdernya.

Keuntungan utama yang sudah dirasakan saat ini adalah kondisi perdagangan ikan hias menjadi lebih baik. Ke depannya, PIH Gunungsari memerlukan tempat yang lebih luas melihat antusiasme penggemar ikan hias yang semakin bertambah.

  1. Sentra UKM MERR Surabaya

Industri kreatif surabaya 2021 selanjutnya adalah Sentra UKM di MERR yang terlihat seperti showroom, memajang produk-produk handycraft, fashion dan juga makanan dari 63 UKM di Surabaya yang telah terseleksi.

Sementara sentra UKM jahit di Jalan Bukit Barisan diisi oleh 35 penjahit Surabaya yang sebelumnya menjalankan usahanya di Jalan Patua. Upaya pemberdayaan dilakukan setidaknya untuk memberikan perlawanan dari upaya kapitalisme dengan membangun dalam bentuk gotong royong.

Pentingnya saling kerjasama yang bertujuan memperbaiki mutu hidup mereka, airtinya keikutsertaan usaha kecil menengah menyadari kegiatan pembangunan bukanlah sekedar kewajiban yang harus dilaksanakan oleh apparat pemerintah tetapi keterlibatan usaha kecil menengah menjadi aspek pentik untuk memperbaiki mutu hidupnya. 

  1. Mirota Batik Dan Handicraft SurabayaIndustri Kreatif di Surabaya 2021

Sejarah pembatikan di Indonesia berkait erat dengan perkembangan kerajaan Majapahit dan penyebaran ajaran Islam di Tanah Jawa. Dalam beberapa catatan,   pengembangan   batik    banyak    dilakukan    pada    masa-masa kerajaan Mataram, kemudian pada masa kerjaan Solo dan Yogyakarta.

Batik yang dihasilkan ialah semuanya batik tulis. Sampai awal abad ke-XX dan batik cap dikenal baru setelah perang dunia kesatu habis atau sekitar tahun 1920. Kesenian batik adalah kesenian gambar di atas kain untuk pakaian yang menjadi salah satu kebudayaan keluaga raja-raja Indonesia zaman dulu.

Awalnya batik hanya terbatas dalam kraton saja dan hasilnya untuk pakaian raja dan keluarga serta para pengikutnya.

Industri kreatif surabaya 2021 ada Mirota Handicraft Shop atau yang lebih sering banyak orang menyebut sebagai Mirota Batik merupakan salah satu toko batik dan kerajinan yang cukup terkenal oleh masyarakat Surabaya.

Nama Mirota sendiri diambil dari singkatan kata minuman, roti, dan tart. Sejak berdiri pada tahun 1980, Mirota Batik Surabaya telah menghadapi berbagai tantangan.

Sehingga membawa sebuah kesadaran bahwa kerajinan adalah warisan budaya bangsa yang patut untuk kita lestarikan. Mirota Surabaya juga berusaha membantu para UKM yang ada di berbagai wilayah Jawa. Hingga kini kurang lebih 125 jumlah tenaga kerja yang ada di Mirota Surabaya.

Kesimpulan

Mari kita jaga industri – industri kreatif ini dengan memberdayakan penjual lokal, agar mereka tetap terus ada dan usahanya semakin maju.

Baca juga:   Fitur Terbaru Accurate Manufaktur

Credit Author : Iqbal

 

Pembelian Software ACCURATE bisa langsung di web ini. Untuk informasi lebih lanjut dan mau tanya-tanya lebih detail lagi, yukk jangan sungkan hubungi kita bisa langsung kesini.

Jakarta 0813 1234 7228 (Jessica)

Surabaya 0812 1234 7228 (Sarah)

Bandung 0822 1999 7228 (Bara)

Semarang 0821 3000 7228 (Samara)

Facebook SAC

Instagram SAC

Youtube SAC

Baca juga

  1. Manfaat Pembukuan Bagi Usaha Anda
  2. Rekonsiliasi Bank Otomatis pada Accurate Online
  3. Faktur Penjualan Mendahului Pengiriman Barang
  4. Penomoran Pajak Accurate Online
  5. ProduksiSederhana Accurate Online
  6. Penyesuaian Stok Atas Selisih Pemindahan Barang
  7. Target Penjualan Accurate Online
  8. Laporan Keuangan Penting Accurate
  9. Komisi Salesman di Accurate Online
  10. Import Penjualan E-Commerce ke Accurate Online
  11. Mengubah Persediaan menjadi Aset Tetap
  12. Modifikasi Laporan Accurate Online
  13. PPh 23 Accurate Online
  14. Pentingnya Budgeting pada Keuangan Perusahaan
  15. Tutup Buku Accurate Online
Baca juga:   Metode FIFO dan LIFO Dengan Contoh Perusahaannya
Pembelian Software ACCURATE dan training ACCURATE bisa langsung pesan di web ini. Untuk informasi lebih lanjut dan mau tanya-tanya lebih detail lagi, yukk jangan sungkan hubungi kita bisa langsung kesini.
  • Jakarta 0813 1234 7228 (Jessica)
  • Surabaya 0812 1234 7228 (Sarah)
  • Bandung 0822 1999 7228 (Bara)
  • Semarang 0821 3000 7228 (Samara)
Hallo senang bisa membantu permasalahan Sistem Accurate Anda, jangan sungkan untuk bertanya dan mencari solusinya di kami..