Pangsa Pasar adalah: Pengertian, Manfaat & Cara Hitungnya!

Pangsa Pasar adalah

Pangsa Pasar adalah



Mau pembukuan bisnis Anda jadi lebih baik? Coba training Accurate dengan SAC!



Dalam bisnis, pangsa pasar merupakan salah satu istilah yang sering digunakan untuk mendefinisikan nilai penjualan suatu perusahaan. Biasanya, data yang ditampilkan adalah tolok ukur perusahaan dalam kaitannya dengan pesaingnya.

Memperluas pangsa pasar tentu menjadi tujuan berbisnis. Oleh karena itu, pengembangan strategi bisnis juga terus dilakukan. Jadi apa itu pangsa pasar dan bagaimana cara menghitungnya? Simak pembahasannya di artikel ini.

Apa Itu Pangsa Pasar?

Market Share atau Pangsa pasar adalah informasi yang memberikan gambaran tentang total penjualan suatu perusahaan untuk segmen pasar tertentu. Data biasanya ditampilkan sebagai persentase. Secara umum, market share adalah data penjualan suatu bisnis dibagi dengan total penjualan dalam industri yang sama.



Szeto Priority dapat membantu bisnis Anda mencapai tujuan dengan cepat dan tepat.



Dengan demikian, hasil perhitungan market share merupakan perbandingan persentase antara satu bisnis dengan pesaing dari bisnis yang sama. Informasi market share menjadi referensi bisnis. Mereka dapat mengukur kinerja dan kualitas strategi bisnis yang diterapkan.

Selain itu, jika sebuah perusahaan menjadi pemimpin dalam hal total penjualan di industri, itu akan disebut pemimpin pasar. Misalnya, hingga Januari 2022, Google masih menempati urutan pertama sebagai pemimpin pasar mesin pencari dengan pangsa 91,9%.

Setelah Google datang Bing dan Yahoo! yang menempati posisi kedua dan ketiga dengan masing-masing 2,88% dan 1,51% dari total market share mesin pencari.

Related Post

Manfaat Market Share

Pangsa pasar merupakan data penting bagi perusahaan untuk menentukan berbagai strategi bisnis. Dengan demikian, keunggulan market share adalah memberikan gambaran tentang naik turunnya kinerja atau kinerja perusahaan. Berikut adalah beberapa ringkasan manfaat dari market share:

  • Menentukan kinerja bisnis
    Market share adalah salah satu metrik yang digunakan perusahaan untuk menentukan peringkat mereka dalam hal penjualan dibandingkan dengan pesaing mereka. Keberhasilan penjualan tentu merupakan tanda positif dari pertumbuhan perusahaan. Dalam hal ini, manfaat mengetahui market share adalah untuk menilai sejauh mana kemajuan suatu perusahaan dalam industri sejenis. Semakin tinggi persentase market share, semakin besar keuntungannya.
  • Pengembangan segmentasi pelanggan
    Manfaat kedua dari data market share memperluas market share-nya sendiri. Persentase implementasi dan target konsumen yang tinggi menunjukkan bahwa segmentasi dilakukan dengan baik. Oleh karena itu, kehadiran indikator positif dapat menjadi langkah awal untuk memperluas market share dan membentuk basis pelanggan baru. Loyalitas pelanggan juga secara tidak langsung dinilai sebagai faktor pembentuk segmentasi alami.
  • Peningkatan kinerja
    Data market share persentase yang mencerminkan kinerja semua perusahaan dalam suatu industri. Dengan adanya informasi ini, baik market leader maupun lainnya akan menggunakannya sebagai acuan untuk terus meningkatkan kinerja bisnisnya, baik dari sisi pelayanan maupun produksi.
  • Meningkatkan reputasi perusahaan
    Manfaat lain dari market share peningkatan reputasi atau citra perusahaan. Misalnya, sebuah perusahaan untuk periode tertentu berturut-turut berhasil menduduki posisi pemimpin pasar di industrinya. Hal ini menunjukkan bahwa kualitas produk mereka baik dan diminati di kalangan konsumen.

Oleh karena itu, konsumen lain yang belum mencobanya akan lebih tertarik untuk menggunakan produk sejenis. Jadi, selain memberikan data penjualan, market share merupakan sarana untuk meningkatkan atau bahkan meningkatkan brand atau reputasi suatu perusahaan.

Jenis Market Share

Terlepas dari konsep bahwa market share persentase dari total nilai penjualan perusahaan, market share dibagi menjadi dua jenis. Berikut penjelasan mengenai jenis-jenis pangsa pasar:

  1. Volume pangsa pasar (Volume Market Share)
    Jenis market share ini mengacu pada jumlah total produk yang dijual oleh perusahaan dari total penjualan industri.
  2. Nilai pangsa pasar (Value Market Share)
    Di sisi lain, Value Market Share adalah jumlah total saham dalam bisnis, yang nilainya diambil dari akumulasi penjualan segmennya.

Cara Menghitung Pangsa Pasar

Langkah pertama dalam menghitung market share adalah menentukan total penjualan satu perusahaan dan total penjualan industri. Berikut adalah rumus untuk menghitung market share:

Market Share
= (biaya penjualan perusahaan X / nilai total penjualan di pasar yang sama) x 100%

Cara menghitung market share memang sederhana, namun manfaat yang diberikan dapat memberikan informasi penting bagi perkembangan bisnis.

Kesimpulannya market share menunjukkan bahwa hasil yang ditunjukkan tidak hanya untuk menentukan siapa yang lebih baik dari yang lain. Pangsa pasar merupakan seperangkat metrik yang dengannya bisnis dapat meningkatkan layanan mereka. Dengan demikian, pengetahuan tentang informasi pangsa pasar penting untuk pengembangan bisnis Anda.

Sumber: Market Share adalah: Pengertian, Manfaat, dan Cara Menghitung (ocbcnisp.com)

Recent Posts