fbpx

Accurate Online : Pengertian, Manfaat, Fitur & Keunggulan

Bagikan artikel ini:

Akuntansi adalah salah satu materi yang berkaitan erat dengan perhitungan, uang, dan kehidupan sehari-hari manusia. Di zaman yang canggih ini, satu persatu proses akuntansi mulai dilakukan oleh mesin. Salah satu teknologi yang dapat digunakan oleh perusahaan untuk membantu proses perhitungan akuntansi yaitu Software Accurate Online. Artikel ini akan menjelaskan apa itu Accurate Online, manfaatnya bagi perusahaan, fitur-fitur yang dimiliki, serta keunggulannya.

Pengertian Accurate Online

Accurate Online

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang dikembangkan oleh PT. Cipta Piranti Sejahtera atau CPSSoft sejak 2016 lalu. Berbagai jenis usaha bisa menggunakan software ini  untuk kebutuhan proses akuntansi, mulai dari penjurnalan hingga laporan keuangan. Begitu juga dalam proses pembuatan laporan perpajakan, Accurate Online sudah mengikuti ketentuan pajak yang berlaku di Indonesia. 

Accurate Online merupakan software akuntansi yang cukup user friendly dengan fitur yang lengkap menyesuaikan kebutuhan pada bisnis yang Anda jalankan. Anda bisa menggunakannya tanpa harus mengerti akuntansi secara mendalam. Sebab, di Accurate Online semua proses akuntansi mulai dari pencatatan, penjurnalan, penghitungan, hingga laporan keuangan semua dilakukan secara otomatis dengan Accurate. Hal penting adalah bagaimana Anda bisa input transaksi dengan benar, tepat, dan akurat. Software ini juga diklaim lebih efektif dan fleksibel, sebab bisa digunakan kapanpun dan dimanapun.

Manfaat Penggunaan Accurate Online

Penggunaan Accurate Online memiliki banyak manfaat bagi Perusahaan Anda. Oleh karena itu, penggunaan Accurate Online sangat dianjurkan bagi bisnis yang ingin mengelola keuangannya dengan lebih baik dan efisien. Berikut ini beberapa manfaat yang perusahaan Anda dapatkan jika menggunakan Accurate Online:

1. Meningkatkan Efisiensi

Dengan menggunakan Accurate Online, proses pencatatan akuntansi perusahaan menjadi lebih efisien. Banyak tugas yang sebelumnya dilakukan secara manual, seperti penginputan data dan pembuatan laporan keuangan, dapat dilakukan secara otomatis dengan menggunakan Accurate Online. Hal ini akan menghemat waktu dan tenaga yang sebelumnya Anda digunakan untuk melakukan tugas-tugas tersebut. Selain itu Anda juga dapat fokus melakukan pekerjaan yang lebih penting seperti melakukan pengambilan keputusan dan penyusunan strategi kedepannya.

2. Meminimalkan Kesalahan

Dengan menggunakan Accurate Online, kesalahan dalam proses pencatatan akuntansi dapat diminimalkan. Software ini dilengkapi dengan fitur validasi data yang dapat mendeteksi kesalahan-kesalahan yang mungkin terjadi saat melakukan pencatatan data perusahaan seperti data penjualan, data pembelian, data stok, dan lain sebagainya. Hal ini akan membantu Anda memperoleh data yang lebih akurat dan dapat diandalkan.

3. Memudahkan Analisis Keuangan

Accurate Online juga dilengkapi dengan fitur analisis keuangan yang memudahkan Anda dalam melakukan analisis keuangan perusahaan. Fitur ini akan memberikan informasi kepada Anda secara lebih lengkap dan akurat tentang kondisi keuangan perusahaan sehingga memudahkan pengambilan keputusan yang tepat dalam mengelola bisnis dan menyusun strategi bisnis kedepannya.

4. Memudahkan Pengelolaan Hutang dan Piutang

Dengan Accurate Online, Anda dapat melakukan pengecekan dan pengelolaan hutang dan piutang perusahaan dengan lebih mudah dan real-time. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan informasi mengenai hutang dan piutang dengan menggunakan fasilitas reminder. Dengan demikian Anda dapat melakukan perencanaan keuangan perusahaan dengan  lebih baik sehingga hasil yang diperoleh juga lebih maksimal.

Baca juga:   NPWP Online: Cara Daftar Nomor Pokok Wajib Pajak Pribadi & Badan

5. Menghasilkan Laporan Keuangan Dengan Cepat

Accurate Online dapat membantu Anda untuk menghasilkan laporan keuangan perusahaan secara instan. Anda tidak perlu membutuhkan waktu yang lama untuk menyajikan laporan keuangan dan dapat diakses secara real-time. Dengan fitur yang disediakan, Anda dapat membuat berbagai jenis laporan keuangan seperti laporan penjualan, laporan produk, laporan neraca, laporan laba rugi, dan masih banyak lagi. 

6. Kontrol Persediaan Antar Cabang

Dengan Accurate Online, Anda bisa dengan mudah mengontrol persediaan antar cabang bisnis Anda secara real-time. Seperti mengatur semua proses bisnis dari satu cabang dengan cabang lainnya, mulai dari sales dan invoices, purchase, dan inventory semuanya instan dan otomatis. Anda juga dapat mengaksesnya dengan mudah kapan saja dan dimana saja sehingga Anda tidak perlu pergi mengunjungi satu cabang ke cabang lainnya.

7. Meningkatkan Keamanan Data

Accurate Online juga memiliki sistem keamanan data yang baik karena berbasis cloud. Data akuntansi perusahaan yang Anda catat akan disimpan secara online dan terlindungi dari risiko kehilangan atau kerusakan. Penyimpanan data secara online juga memberikan Anda ruang lebih besar dalam melakukan penyimpanan data perusahaan. Selain itu, hanya pengguna yang memiliki hak akses yang dapat melihat dan mengelola data keuangan perusahaan Anda.

8. Akses Real-Time

Accurate Online menyediakan akses real-time ke seluruh data akuntansi perusahaan sehingga memungkinkan pemilik bisnis, manajer, team finance, dan pengguna lainnya untuk melihat situasi keuangan terkini dimanapun dan kapanpun sehingga Anda tidak harus berada di kantor. Hal ini dapat sangat membantu dalam pengambilan keputusan bisnis yang cepat dan responsif.

9. Automatisasi Proses Akuntansi

Accurate Online menawarkan otomatisasi berbagai proses akuntansi perusahaan yang selama ini memerlukan cukup banyak waktu dengan menyediakan berbagai fitur yang bermanfaat. Hal ini mencakup pembuatan faktur, pencatatan transaksi penjualan dan pembelian, manajemen stok, pembayaran, pembuatan laporan keuangan, dan masih banyak lagi.

10. Memudahkan Kolaborasi Tim 

Accurate Online memungkinkan kolaborasi yang mudah antara anggota tim dan departemen yang terlibat dalam manajemen keuangan perusahaan. Seluruh data dapat diakses secara bersamaan, memfasilitasi kerja tim yang efektif dimanapun dan kapanpun. Anda juga dapat mendelegasikan setiap pekerjaan ke masing-masing individu.

Fitur-Fitur Accurate Online

Accurate Online memiliki banyak sekali fitur yang dapat membantu perusahaan Anda terkait urusan pencatatan akuntansi dan membantu menyiapkan laporan yang dibutuhkan perusahaan. Berikut ini beberapa penjelasan dan pengenalan fitur-fitur yang terdapat dalam Accurate Online: 

1. Tampilan Awal  

Tampilan Awal Accurate Online

Di bawah ini adalah salah satu contoh tampilan awal dalam Accurate Online setelah pengguna melakukan daftar akun dan pembuatan database. Untuk bisa membuat akun atau login dalam Accurate Online pengguna hanya memerlukan nomor hp dan email aktif. Sedangkan untuk membuat database diperlukan identitas perusahaan. 

2. Fitur Pengaturan  

Fitur Pengaturan  

Fitur Pengaturan berisikan fitur-fitur lainnya seperti Preferensi, Akses Grup, Pengguna, Penomoran, Desain Cetakan, dan Accurate Store. Fitur-fitur ini biasanya lebih banyak digunakan untuk melakukan setting fitur lain sebelum atau juga saat transaksi dicatat. Fitur preferensi berisikan informasi perusahaan, setting akun pajak, penjualan, pembelian, dan masih banyak lagi. Sedangkan, fitur lainnya yang terdapat dalam pengaturan ini berisikan tempat melakukan penyetingan akun. 

3. Fitur Perusahaan 

Fitur Perusahaan 

Fitur Perusahaan berisikan fitur-fitur lainnya seperti Mata Uang, Pajak, Syarat Bayar, Pengiriman, FOB, Gaji Tunjangan, Karyawan, Transaksi Berulang, Proses Akhir Bulan, Kontak, Transaksi Favorit, dan Log Aktivitas. Fitur yang biasanya sering digunakan oleh pengguna adalah Proses Akhir Bulan. Sebelum melakukan transaksi di tanggal baru dan setelah memasukkan data di bulan sebelumnya sangat diharuskan bagi pengguna untuk melakukan proses akhir bulan. 

4. Fitur Buku Besar  

Fitur Buku Besar 

Fitur Buku Besar menyediakan fitur-fitur lainnya seperti Akun Perkiraan, Pencatatan Beban, Pencatatan Gaji, Jurnal Umum, Histori Akun, dan Log Aktivitas Jurnal. Fitur yang biasanya sering digunakan oleh pengguna adalah Jurnal Umum dan Histori Akun untuk melakukan pengecekan saldo tersisa maupun pengecekan transaksi yang baru saja dilakukan. 

5. Fitur Kas dan Bank  

Fitur Kas dan Bank 

Fitur Kas dan Bank menyediakan fitur-fitur lainnya seperti Pembayaran, Penerimaan, Transfer Bank, Smartlink E-Banking, Rekening Koran, Histori Bank, Rekonsiliasi Bank, dan Histori Virtual Account. Fitur yang biasanya sering digunakan oleh pengguna dalam fitur ini adalah Histori Bank yang memiliki fungsi untuk melakukan pengecekan transaksi yang sudah berlangsung. 

Baca juga:   Ucapan Selamat Idul Fitri 2023 (1444 H) yang Menyentuh Hati

6. Fitur Penjualan  

Fitur Penjualan  

Fitur Penjualan menyediakan fitur-fitur lainnya seperti Penawaran Penjualan, Pesanan Penjualan, Pengiriman Pesanan, Uang Muka Penjualan, Faktur Penjualan, Penerimaan Penjualan, Retur Penjualan, Tukar Faktur, Klaim Pelanggan, Kategori Pelanggan, Kategori Penjualan, Pelanggan, Penyesuaian Harga Diskon, Komisi Penjual, dan Smartlink E-Commerce. Hampir semua fitur-fitur ini sering digunakan oleh pengguna karena merupakan salah satu masuk ke fitur utama dalam melakukan pengolahan data transaksi penjualan. 

7. Fitur Pembelian  

Fitur Pembelian

Fitur Pembeli menyediakan fitur-fitur lainnya seperti Pesanan Pembelian, Penerimaan Barang, Uang Muka Pembelian, Faktur Pembelian, Pembayaran Pembelian, Retur Pembelian, Klaim Pemasok, Harga Pemasok, Kategori Pemasok, Pemasok, dan Transfer Pemasok. Sama dengan fitur Penjualan sebelumnya, fitur Pembelian ini juga sering digunakan oleh penggunaka karena termasuk ke dalam fitur utama dalam melakukan pengolahan data transaksi pembelian. 

8. Fitur Persediaan  

Fitur Persediaan 

Fitur Persediaan menyediakan fitur-fitur lainnya seperti Permintaan Barang, Pemindahan Barang, Penyesuaian Persediaan, Pekerjaan Pesanan, Penambahan Bahan Baku, Penyelesaian Pesanan, Perintah Stok Opname, Hasil Stock Opname, Barang dan Jasa, Gudang, Kategori Barang, Pemenuhan Pesanan, Barang Per Gudang, dan Barang Stok Minimum. Fitur-fitur ini juga sering digunakan oleh pengguna karena digunakan untuk melakukan pengolahan persediaan atau stok yang akan dijual maupun stok yang dibeli selama transaksi perusahaan berlangsung. 

9. Fitur Aset Tetap  

Fitur Aset Tetap 

Fitur Aset Tetap menyediakan fitur-fitur lainnya seperti Aset Tetap, Kategori Aset, Kategori Aset Tetap Pajak, Perubahan Aset Tetap, Disposisi Aset Tetap, Pindah Aset, dan Aset Per Lokasi. Fitur-fitur ini biasanya digunakan oleh pengguna pertama kali saat memasukan daftar aset tetap yang dimiliki oleh perusahaan sebelum melakukan transaksi di bulan baru.

10. Fitur Smartlink Tax 

Fitur Smartlink Tax

Fitur Smartlink Tax menyediakan fitur-fitur lainnya seperti Penomoran Faktur Pajak, E-Filing Pajak, E-Faktur Pajak, E-SPT PPN/BM, E-SPT PPH Badan, E-Billing Pajak, dan Email Faktur Pajak. Fitur-fitur ini jarang digunakan oleh pengguna terkecuali saat perusahaan akan melakukan pengubahan faktur pajak sehingga perusahaan akan menggunakan fitur tersebut dalam perubahan. 

11. Fitur Daftar Laporan  

Fitur Daftar Laporan

Fitur Daftar Laporan menyediakan beberapa laporan penting yang dapat digunakan oleh perusahaan seperti Daftar Laporan, SPT PPN/PPNBM, SPT PPh Pasal 21, Bukti Potong PPh Pasal 21, EPPH 2326 dan EPPH 1771, SPT PPh Pasal 23, SPT PPh pasal 4(2), dan SPT PPh Pasal 15.  Setelah semua transaksi yang dilakukan oleh perusahaan dicatat, biasanya perusahaan akan melakukan pembuatan laporan keuangan baik laporan penjualan, laporan produk, laporan neraca, laporan laba rugi, dan laporan lainnya menggunakan fitur ini. 

Keunggulan dan Kelebihan Accurate Online

Dengan tetap mempertahankan modul utama dari Accurate Desktop, Accurate Online memperkaya dirinya dengan fitur-fitur baru dan tampilan baru yang tentu saja belum dimiliki oleh versi Accurate sebelumnya. Beberapa kelebihan dan keunggulan dari Accurate Online selain dapat diakses secara real-time dimanapun dan kapanpun antara lain yaitu:

1. Fitur Approval

Salah satu keunggulan Accurate Online adalah adanya Fitur Approval. Fitur Approval adalah fitur Accurate Online yang dirancang untuk menyelesaikan transaksi yang diajukan oleh pengguna lain kepada pengguna yang berwenang untuk menyetujui atau menolak suatu transaksi. Misalnya, departemen produksi mengirimkan permintaan pembelian barang ke departemen pembelian. Fitur ini memungkinkan Anda untuk lebih mudah monitoring transaksi yang dibuat oleh pengguna. Anda bisa menentukan transaksi apa dan nilai transaksi berapa besar, yang harus membutuhkan Approval (persetujuan) dari Anda sebagai pemilik bisnis maupun manajer yang ada di perusahaan.

Fitur Approval Accurate Online

2. Periode Akuntansi yang Lebih Dinamis 

Keunggulan lainnya dari Accurate Online adalah periode akuntansi yang lebih dinamis. Tidak semua perusahaan menggunakan periode akuntansi umum yaitu periode Januari-Desember. Pada beberapa perusahaan yang berafiliasi dengan perusahaan luar negeri, mereka menggunakan periode akuntansi yang berbeda. Oleh karena itu perbedaan periode akuntansi yang dinamis ini dapat terakomodasi dengan baik dan perusahaan tidak perlu lagi pusing dalam melakukan penyesuaian periode akuntansi.

Periode Akuntansi Acurate Online

3. Penomoran Form yang Lebih Interaktif 

Kelebihan Accurate Online yang lain adalah penomoran form yang lebih interaktif dan dinamis. Pada Accurate Online, penomoran pada setiap form dapat didesain sendiri secara custom sesuai yang diinginkan oleh perusahaan. Bahkan, untuk transaksi pada rekening bank, bisa dibuat unique numbering. Selain itu, reset counternya juga dapat dilakukan setiap hari, bulan ataupun tahun, sesuai dengan custom yang sudah ditentukan oleh perusahaan.

Baca juga:   4 Contoh Surat Cuti Kerja Untuk Alasan Tertentu

4. Modul Pencatatan Penggajian 

Accurate Online dilengkapi dengan modul pencatatan penggajian karyawan. Pada modul ini, perincian gaji dan tunjangan karyawan sudah dapat dirinci secara otomatis. Selain itu pelaporan pph 21 yang selalu di update sesuai dengan peraturan terbaru dari pemerintah Indonesia membuat perusahaan menjadi lebih mudah dalam melakukan perhitungan.

5. Dukungan Fitur Pajak

Pada Accurate Online, urusan perhitungan pajak perusahaan Anda bisa dilakukan dengan lebih mudah dan efisien karena dilakukan secara otomatis. Perhitungan juga telah disesuaikan dengan peraturan terbaru dari pemerintah Indonesia sehingga Anda tidak perlu khawatir setiap terjadi perubahan aturan terkait pajak. Beberapa jenis perhitungan perpajakan yang tersedia antara lain yaitu SPT PPN/PPNBM, SPT PPh Pasal 21, Bukti Potong PPh Pasal 21, EPPH 2326 dan EPPH 1771, SPT PPh Pasal 23, SPT PPh pasal 4(2), dan SPT PPh Pasal 15.

6. Business Dashboard

Business dashboard dapat membantu Anda dalam memantau kinerja perusahaan Anda melalui indikator-indikator keuangan yang sudah ditentukan dan semua itu ditampilkan dalam 1 (satu) halaman utama yaitu di dashboard. Mulai dari Kinerja Profit Loss, Arus Kas, Piutang Jatuh Tempo, Grafik Pengeluaran, hingga aktivitas terakhir yang dilakukan oleh karyawan Anda. Sehingga Anda tidak perlu pusing mencari satu persatu semua data tersebut.

7. Comment & Attachment

Fitur Accurate Online yang satu ini memang didesain menyesuaikan kaum milenial dan mengikuti perkembangan zaman. Anda dapat membuat komentar pada transaksi tertentu dan sekaligus menyertakan lampiran. Misalnya, Anda bisa memberi komentar berupa instruksi untuk memperbaiki transaksi, entah karena adanya salah account ataupun nominal langsung dari transaksi terkait tanpa harus menghubungi pihak yang menginput transaksi tersebut.

8. Template Bisa di Custom

Kelebihan dan keunggulan Accurate Online lainnya yaitu meliputi desain template yang elegan dan bisa di custom sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Misalnya jika perusahaan Anda bergerak dibidang manufaktur maka Anda dapat meng-custom Accurate Online Anda untuk mengakomodasi semua hal yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Custom desain pada Accurate Online

9. Tersedia Aplikasi Mobile

Accurate Online juga menyediakan aplikasi mobile yang memungkinkan pengguna untuk mengakses informasi keuangan perusahaan dari mana saja dan kapan saja melalui perangkat seluler mereka. Cara masuk ke aplikasinya juga tidaklah sulit, yang Anda butuhkan untuk masuk ke Accurate Online yaitu hanya akun facebook atau gmail.

Aplikasi Mobile Accurate Online

10. Dukungan Pelanggan

Accurate Online menyediakan layanan dukungan pelanggan yang responsif melalui berbagai saluran komunikasi, termasuk telepon, email, dan obrolan langsung. Sehingga Anda tidak perlu merasa khawatir jika terjadi sesuatu atau terdapat masalah pada Accurate Online maupun data milik perusahaan Anda.

Perbedaan Accurate Online dengan Accurate Desktop

Bagi Anda yang masih bingung mengenai perbedaan antara Accurate Desktop dan Accurate Online, berikut ini akan dirangkum poin-poin yang membedakan kedua software akuntansi tersebut:

1. Platform

Accurate Desktop yang dikembangkan sejak 1999 merupakan aplikasi pembukuan Desktop berbasis Windows. Pada waktu itu aplikasi pembukuan masih didominasi oleh DOS, dimana fitur dan kenyaman yang ditawarkan sangat terbatas. Perkembangan Accurate Desktop dari sebuah aplikasi pembukuan sederhana menjadi sangat lengkap seiring dengan permintaan dari pengguna Accurate. Berbagai fitur-fitur canggih dikembangkan mulai dari perusahaan dagang, jasa, hingga pabrikasi. 

Accurate Online mulai dirilis oleh CPSSoft pada pertengahan tahun 2016, sebagai sebuah Software as a Service (SaaS) berbasis Web Based. Pada era Industri 4.0 saat ini, kebutuhan aplikasi dengan layanan berbasis web based sudah menjadi kebutuhan baik dalam bisnis maupun kehidupan sehari-hari. Hal itulah yang melatarbelakangi rilisnya Accurate Online. 

Jadi, perbedaan Accurate Desktop dan Accurate Online adalah pada platform antara desktop (offline) atau cloud base (online).

2. Skema Pembelian

Accurate Desktop dijual dengan sistem putus (one-time payment) dengan harga yang ditawarkan bervariasi, tergantung pada varian produk yang ingin Anda pilih. Harga Starter Pack yang ditawarkan mulai dari Rp 9 juta-an dan harga tambahan per 1 (satu) lisensi sebesar Rp 3,3 juta. Sedangkan Accurate Online menggunakan sistem berlangganan (subscribe) dengan 1 (satu) skema harga yang sederhana. Harga berlangganan bulanan mulai dari Rp 200.000/database dan sudah termasuk 1 user. Tambahan user dikenakan Rp 20.ooo/bulan

3. License

Pada Accurate Desktop, lisensi dihitung per komputer (PC/Laptop), dimana pada pembelian Starter Pack sudah termasuk 2 (dua) lisensi yang artinya Anda bisa install dan pakai di 2 komputer yang berada di perusahaan Anda. Untuk Accurate Online tidak ada sistem lisensi melainkan menggunakan Add-on Pengguna. Pengguna cukup di-invite via email maka pihak yang bersangkutan bisa langsung login ke Accurate dari perangkat apa saja selama memiliki koneksi internet.

4. Aplikasi dan Database

Aplikasi Accurate Desktop perlu di install pada komputer berbasis Windows baik pada komputer server (dedicated) maupun pada salah satu komputer pengguna. Aplikasi Accurate Desktop bisa digunakan Multi Company, yang artinya Anda bisa buat berapa pun database perusahaan yang dibutuhkan. Sedangkan Aplikasi Accurate Online tidak perlu di install pada perangkat tertentu, Anda bisa Login ke Accurate Online melalui web browser langsung selama memiliki koneksi internet. Karena Accurate Online menggunakan sistem berlangganan, maka berapa banyak database yang bisa dibuat tergantung pada jumlah langganan database perusahaan Anda. 

Author :

Artikel Terkait

Saatnya mengalihkan perhatian ke arah pertumbuhan bisnis Anda

Izinkan kami mempercepat dan mengotomatisasi proses akuntansi serta keuangan bisnis, memastikan Anda terus berkembang dengan keyakinan penuh.