fbpx

20 Rekomendasi Aplikasi Pencatatan Keuangan Bisnis

aplikasi pencatatan keuangan

Bagikan artikel ini:

Perkembangan teknologi saat ini telah banyak mengubah kebiasaan setiap orang yang ada, mulai dari individual hingga ke bisnis. Saat ini banyak pebisnis yang telah memanfaatkan teknologi untuk mengembangkan bisnisnya terutama dalam hal pencatatan keuangan bisnis mereka. Saat ini, sudah banyak bermunculan aplikasi pemcatatan yang dapat membantu Anda menyusun laporan keuangan dengan baik dan rapi. Beberapa aplikasi bahkan dapat Anda gunakan secara gratis. Dengan adanya aplikasi pencatatan keuangan, Anda tidak perlu lagi kesusahan membuat ataupun menyusun pembukuan dan menghitung bertumpuk-tumpuk jurnal. Jika terjadi kesalahan, Anda juga tinggal menghapus error data dengan satu klik tombol saja. Sangat mudah dan efisien, bukan? Berikut ini rekomendasi aplikasi pencatatan keuangan bisnis yang dapat Anda gunakan.

Rekomendasi Aplikasi Pencatatan Keuangan untuk Bisnis

1. Wave 

Wave adalah aplikasi pencatatan yang memiliki fitur cukup lengkap seperti pembuatan dan pengiriman invoice, pengelolaan transaksi keuangan, dan pembayaran online. Selain itu, Wave memungkinkan Anda mengelola banyak bisnis dalam satu akun gratis dan menggunakan akuntansi entri ganda, yang ideal untuk akuntan dan pajak.  Selain perangkat lunak gratisnya, Wave juga menawarkan dua add-on berbayar termasuk Wave Payments dan Wave Payroll, yang berguna jika Anda ingin menerima pembayaran kartu kredit dan automatic clearing house (ACH) atau memproses penggajian. Namun sayangnya aplikasi ini tidak menyediakan layanan pencatatan stok dan inventory.

2. Sage One

Sage One merupakan aplikasi pencatatan keuangan bagi usaha kecil berbasis cloud. Sehingga Anda bisa mengintegrasikan keuangan Anda sesuai kebutuhan. Fitur yang ditawarkan antara lain dokumentasi, pajak, dan semua fitur yang berkaitan dengan pendapatan dan pengeluaran bisnis. Sage One juga menawarkan keamanan yang setara dengan bank, sehingga data keuangan bisnis Anda lebih terlindungi dan aman. Sage One juga merupakan aplikasi yang tepat untuk menjalankan lebih dari selusin laporan keuangan sekaligus membantu Anda menganalisis kinerja keuangan bisnis Anda.

3. Freshbooks

Freshbooks merupakan aplikasi berbasis cloud yang khusus dirancang untuk pebisnis UMKM yang masih kesulitan dalam melakukan pengelolaan pencatatan. Tidak hanya menawarkan fitur pencatatan pemasukan dan keuangan saja, Freshbooks juga menyediakan layanan pelacak pemasukan otomatis, invoice, time tracking, report, faktur pajak hingga alarm untuk mengingatkan pembayaran. Kelebihan dari aplikasi ini sendiri adalah mempunyai fitur pengingat invoice yang mana dapat melakukan reminder pembayaran ke customer. Nah dengan aplikasi ini, Anda dapat mengetahui kapan harus membayar dan kapan harus melakukan penagihan ke customer. 

4. Cloudbook

Cloudbooks merupakan aplikasi pencatatan keuangan yang cocok bagi Anda yang bisnisnya membutuhkan pembuatan dan pengiriman faktur secara online untuk mendapatkan pembayaran lebih cepat. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk melacak waktu kerja, membayar invoice, serta menerima pembayaran dari customer. Selain itu juga, proses pembayaran pun sangat lancar, efisien, serta memungkinkan pembayaran melalui kartu kredit, cek, PayPal. Menariknya lagi, Cloudbooks menawarkan opsi uji coba tiga puluh hari bagi Anda untuk membiasakan diri menggunakan aplikasi ini. 

5. QuickBooks

QuickBooks adalah aplikasi pencatatan keuangan dengan fitur lengkap untuk menunjang kebutuhan bisnis Anda. Berbagai jenis laporan tersedia, mulai dari laporan laba rugi, penjualan, neraca, dana pembelian, dan sebagainya. Anda juga bisa mengelompokkan setiap transaksi berdasarkan kategori sehingga memudahkan Anda untuk melakukan perhitungan keuntungan dan kerugian. Tidak hanya itu, Anda bisa melampirkan foto dalam setiap pencatatan. Hal ini membantu Anda untuk menyimpan berbagai bukti transaksi. Anda tinggal mendokumentasikan struk belanja, nota, atau kuitansi, kemudian simpan bersamaan dengan catatan pengeluaran.

6. EQUIP

EQUIP merupakan aplikasi pencatatan yang sesuai untuk bisnis skala kecil, menengah, atau besar. Kelebihan yang dimiliki oleh EQUIP terletak pada antarmuka visual yang modern dan mudah digunakan, membuatnya cocok bahkan bagi pemula. Salah satu fitur unggulan yang menjadi keunggulan EQUIP adalah manajemen multi-lokasi dan pengguna. Dengan fitur ini, pengguna dapat mengelola toko inti dan cabang secara langsung, termasuk mengontrol penjualan dan stok barang yang tersedia.

7. Jubelio

Jubelio merupakan aplikasi pencatatan keuangan bisnis yang bisa Anda coba. Aplikasi ini memiliki fitur unggulan yaitu dapat mengintegrasikan proses pembukuan atau pencatatan keuangan Anda secara langsung dengan marketplace maupun toko offline. Tentu saja kemudahan ini bisa membantu Anda dalam melakukan input data dengan mudah dan cepat, baik untuk proses pencatatan stok barang atau proses akuntansi lainnya. 

8. BukuWarung

Salah satu aplikasi pencatatan keuangan usaha gratis yang direkomendasikan untuk pengguna Android adalah Buku Warung. Aplikasi ini cocok untuk UMKM dan usaha mikro yang membutuhkan pencatatan keuangan yang terorganisir. Dengan Buku Warung, Anda dapat mengelola stok barang, mencatat transaksi pemasukan dan pengeluaran, serta memantau catatan hutang dan piutang. Semua ini akan mempermudah pengelolaan usaha Anda. Selain itu aplikasi ini juga memungkinkan penggunanya untuk melakukan pembayaran digital dan membuka toko online gratis.

9. BukuKas

BukuKas merupakan salah satu aplikasi pencatatan keuangan yang dapat membantu Anda memonitoring jalannya usaha toko dan UKM atau kecil – menengah. Aplikasi ini juga dapat membantu pemilik usaha dalam mencatat, mengatur, dan menganalisis keuangan mereka dengan lebih mudah dan efektif. Beberapa keunggulan yang dimiliki aplikasi ini antara lain adalah tampilan antarmukanya yang tidak monoton, fitur-fiturnya easy to use, dan bisa digunakan gratis. 

10. Catatan Keuangan

Catatan keuangan di desain sederhana untuk mencatat pemasukan dan pengeluaran Anda sehari-hari. Tidak hanya menampilkan laporan harian dan bulanan, Catatan Keuangan juga menyajikan grafik per kategori sehingga Anda bisa melihat kategori pemasukan dan pengeluaran terbesar. Anda tidak perlu mengunduh aplikasi laporan keuangan excel saat memerlukan data kas secara excel. Sebab aplikasi Catatan Keuangan dapat diekspor dalam bentuk file excel, doc, pdf, hingga csv.

11. Mekari Jurnal

Mekari Jurnal merupakan aplikasi pencatatan keuangan berbasis cloud. Aplikasi ini membantu usaha kecil dan menengah agar dengan mengaktifkan otomatisasi untuk proses pembukuan dan pelaporan keuangan. Mekari Jurnal menawarkan fitur lengkap mulai dari kontrol akses pengguna, fitur piutang usaha, pelacakan aktivitas, penagihan otomatis, rekonsiliasi bank, dan banyak lagi. Menariknya lagi, software ini sudah tersertifikasi sehingga keamanannya setara dengan aplikasi perbankan.

12. Paper.id 

Paper.id merupakan sebuah platform invoicing dan pembayaran digital yang didalamnya terdapat fitur pencatatan keuangan dasar. Dimana itu dapat membantu para pebisnis dalam mengelola berbagai proses akuntansi dasar, baik untuk bisnis skala kecil, menengah, maupun besar. Dengan Paper.id Anda bisa membuat dan mengirim invoice dengan mudah karena langsung terekonsiliasi dengan pembayaran digital. Jadi Anda tidak perlu lagi repot untuk menyediakan beragam metode kepada pelanggan. Saat ini Paper.id sudah tersedia di berbagai platform, mulai dari desktop, android, hingga iOS. 

13. Teman Bisnis

Teman Bisnis merupakan aplikasi pencatatan keuangan gratis yang cocok bagi pelaku bisnis online shop dan tidak memiliki pengetahuan mengenai akuntansi. Teman Bisnis merupakan aplikasi pembukuan yang bisa terintegrasi secara langsung dengan marketplace. Sehingga Anda tidak perlu melakukan pencatatan setiap ada transaksi dari marketplace yang masuk. Aplikasi juga memungkian Anda untuk melakukan analisis laporan keuangan dan evaluasi bisnis. Selain untuk online shop aplikasi ini memang dirancang untuk pelaku usaha kecil menengah, produksi, bahkan reseller.

14. Expense Manager

Expense Manager merupakan aplikasi pencatatan keuangan gratis yang memiliki interface sederhana sehingga mudah digunakan. Berbagai fitur ditawarkan, mulai dari pelacakan penghasilan, pengeluaran berdasarkan kategori, pajak tracking, jumlah tagihan dan utang, kartu kredit, simpan foto, hingga terintegrasi dengan SMS Banking. Tidak hanya itu, Expense Manager bisa menjadi aplikasi keuangan excel juga. Karena Anda bisa melakukan ekspor catatan keuangan dalam bentuk HTML, pdf, excel, dan csv.

15. Akuntansi UKM (Money Manager)

Aplikasi pencatatan keuangan ini didesain sesuai kebutuhan pengguna. Baik itu usaha kecil atau besar tetap bisa memanfaatkan fitur aplikasi tersebut. Bahkan tidak jarang digunakan sebagai aplikasi keuangan pribadi. Anda bisa melakukan pencatatan keuangan tanpa batasan periode. Selain itu, Anda bisa mengoperasikannya secara offline sehingga tidak memakan biaya internet. Ditambah aplikasi akuntansi UKM ini gratis. 

16. Money Lover

Money Lover merupakan aplikasi yang bisa membantu Anda dalam melakukan pencatatan finansial bisnis. Fitur-fitur yang ditawarkan seperti kalkulator, nilai tukar mata uang asing, pemindai struk, dan lain sebagainya juga sangat berguna untuk pelacakan pengeluaran Anda yang lebih akurat. Aplikasi ini juga dapat menyajikan grafik perhitungan keuangan Anda. Ditambah pilihan kategori sangat beragam, sehingga Anda tidak perlu memasukkan kategori secara manual. Selain itu, Money Lover juga dapat menghubungkan Anda dengan bank atau akun Paypal. 

17. SI APIK

SI APIK merupakan aplikasi pencatatan keuangan usaha berbasis Android. Aplikasi ini dikeluarkan oleh Bank Indonesia bekerjasama dengan IAI (Ikatan Akuntan Indonesia) sebagai wujud dukungan terbaik terhadap perkembangan usaha kecil dan menengah (UMKM) di tanah air. Aplikasi ini menyediakan berbagai pilihan jenis transaksi yang lengkap sehingga bisa Anda gunakan sesuai kebutuhan, baik itu untuk pemasukan maupun pengeluaran.

18. Harvest

Harvest merupakan aplikasi pencatatan keuangan bisnis yang membantu Anda untuk memanajemen pengeluaran, time tracking, dan merencanakan penganggaran secara efektif dan terbaik. Harvest juga memiliki fitur yang dapat membantu pengguna dalam memantau kinerja setiap karyawan dalam bisnis mereka.  Aplikasi ini mendukung banyak solusi akuntansi sebagai add-on atau dapat berfungsi secara mandiri untuk melacak pengeluaran dan membuat faktur.

19. Moota

Moota adalah aplikasi pencatatan keuangan usaha yang fokus pada pengecekan mutasi dan saldo rekening. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk memeriksa perpindahan dana dan melacak transaksi keuangan dengan cepat dan mudah melalui ponsel pintar. Fitur-fitur yang disediakan mencakup pemeriksaan transaksi, pemberian notifikasi terkait uang yang masuk, dan kemampuan untuk mengelola informasi keuangan dengan mudah.  Aplikasi ini memberikan kemudahan bagi pengguna dalam memantau dan mengelola transaksi keuangan mereka tanpa harus pergi ke bank secara langsung.

20. Monefy

Monefy merupakan aplikasi pencatatan keuangan gratis dan memiliki antarmuka sangat sederhana. Aplikasi pengatur keuangan ini menampilkan banyak icon simpel yang dapat digunakan untuk membuat catatan keuangan baru. Melalui Monefy, Anda bisa dengan cepat melacak pembelian harian, tagihan, maupun pengeluaran lainnya hanya dengan satu klik. Aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk melacak pengelolaan uang dalam berbagai mata uang.

Author :

Artikel Terkait

Saatnya mengalihkan perhatian ke arah pertumbuhan bisnis Anda

Izinkan kami mempercepat dan mengotomatisasi proses akuntansi serta keuangan bisnis, memastikan Anda terus berkembang dengan keyakinan penuh.