X

Sistem POS Untuk Bisnis F&B Seperti Restoran dan Cafe


Untuk bisnis Food & Beverages, sistem POS merupakan bagian integral dari proses bisnis. Point of Sale (POS) dapat diartikan sebagai tempat kasir dengan mesin kasir (cash register).

Dengan bantuan terminal POS restoran, manajemen restoran, kafe, atau kedai kopi dapat disederhanakan karena berbagai otomatisasi pekerjaan administrasi diambil alih oleh terminal POS restoran.

Apa itu Sistem POS?

Pada dasarnya, sistem point of sale adalah aplikasi mesin kasir yang menggunakan berbagai teknologi memungkinkan setiap perangkat terintegrasi dengan baik. Sama halnya dengan data yang tercatat di dalamnya. Secara harfiah “tempat penjualan” berarti tempat penjualan di mana transaksi penjualan dan pembayaran terjadi antara Anda dan pembeli.

Jadi, dapat kita simpulkan bahwa sistem POS tidak hanya berupa aplikasi berupa software, tetapi juga mesin kasir. Seperti kebanyakan toko offline pada umumnya, mesin kasir POS ini digunakan untuk menghitung total nilai barang atau makanan yang dibeli oleh konsumen, setelah itu akan diberikan pilihan cara pembayaran yang ingin dilakukan. Jika pembayarannya sulit, kasir POS mengeluarkan transaksi pembelian dalam bentuk kwitansi, biasa disebut dengan kwitansi.

Perangkat lunak POS membantu semuanya mulai dari menyederhanakan transaksi, mengelola inventaris hingga jadwal karyawan. Masalahnya, tidak semua software POS yang ada di pasaran bisa memenuhi kebutuhan bisnis Anda.

Fitur yang tidak lengkap, harga yang mahal, atau tim support yang tidak kompeten adalah beberapa tantangan yang sering kita hadapi ketika mencari software POS restoran terbaik. Berikut beberapa rekomendasi software restoran yang tepat untuk bisnis Anda.

Setiap bisnis memiliki tantangannya masing-masing. Anda yang menjalankan kafe dan restoran sering menghadapi masalah menghabiskan terlalu banyak waktu untuk mengumpulkan laporan penjualan, memeriksa inventaris dan, tentu saja, mencatat transaksi.

Bukannya itu penting, tetapi jumlah waktu yang dihabiskan untuk hal-hal ini dapat membuat Anda kurang fokus dalam melayani pelanggan dan mengembangkan bisnis Anda. Nah, disinilah sistem Point of Sale (POS) bisa membantu Anda menjalankan bisnis coffee shop atau restoran Anda dengan lebih efisien. Sistem software aplikasi kasir POS mempermudah berbagai pekerjaan administrasi sehingga Anda juga memiliki lebih banyak waktu untuk hal lain yang lebih strategis. Peluang untuk mengembangkan bisnis kuliner pun semakin luas.

5 Sistem POS Terbaik Untuk Restoran dan Cafe

Namun, apa yang dimaksud dengan sistem point of sale? Bagaimana dia bisa membantu bisnis kafe dan restoran mengembangkan bisnis? Jika Anda sedang menghadapi masalah bisnis yang sama, yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

1. Moka POS

Moka POS

Rekomendasi restoran POS kedua adalah Moka POS. Anda yang sudah lama bekerja di industri makanan dan minuman mungkin pernah mendengar tentang Moka POS. Moka POS hanya menawarkan satu harga untuk produk POS restorannya.

Moka POS menawarkan fitur tambahan yang dapat dibeli dengan harga terpisah. Beberapa fitur yang ditawarkan adalah inventaris bahan, manajemen spreadsheet, CRM Pro, dan slot karyawan. Pelanggan dapat memilih fitur mana yang dibutuhkan. Harga yang relatif murah mungkin menjadi salah satu aspek yang membuat Moka cukup menggiurkan.

2. Pawoon

Pawoon POS

Antara lain, software POS dapat dikatakan bahwa Pawoon adalah yang paling populer. Pawoon Restaurant POS menawarkan tiga model langganan bisnis: gratis, dasar, dan profesional. Masing-masing memiliki harga dan fitur teRpendiri.

Pawoon sudah mendukung transaksi multi-point, manajemen persediaan, CRM dan promosi, serta berbagai layanan pembayaran populer di Indonesia. Berkat model berlangganannya yang terjangkau, Pawoon cocok untuk usaha kecil dan menengah (UKM) yang baru memulai dan meneliti pasar.

3. Hashmicro

Hashmicro

Hashmicro merupakan pemain baru di industri makanan dan minuman. Diluncurkan pada akhir tahun 2019, Kafee menawarkan fitur lengkap yang tidak dimiliki oleh para pesaingnya. Jika dilihat dari harganya, Kafee mungkin terlihat lebih mahal, tetapi jika sesuai dengan fiturnya, harga yang ditawarkan akan masuk akal, bahkan lebih murah dari produk POS restoran lainnya.

Selain itu, Kafee juga menawarkan uji coba gratis hingga 30 hari dan jaminan uang kembali jika pembeli tidak puas dengan produk pilihannya.

4. Majoo

Majoo POS

Dengan harga berlangganan Rp100.000 setahun, tidak ada yang mengalahkan terminal POS di Majoo sebagai yang termurah. Tidak hanya itu, fitur-fitur POS yang ditawarkan pun tidak diremehkan seperti full sales, full report, full inventory, bahkan untuk basic service.

Jika Anda ingin menambahkan fitur lain seperti penagihan, akuntansi, dan analisis bisnis, Anda dapat memilih model berlangganan lain yang cukup murah. Model bisnis berharga Rp 50.000 per bulan per titik penjualan, atau model paling lengkap, model bisnis, yang berharga Rp 100.000 per bulan per titik penjualan.

5. Accurate POS

Accurate POS

Accurate POS adalah aplikasi point of sale berbasis cloud tercanggih yang akan memudahkan Anda untuk mencatat transaksi dan transaksi tunai untuk bisnis Anda. Sederhanakan manajemen kasir, pengarsipan transaksi, dan pelaporan keuangan dengan integrasi yang komprehensif dan mulus ke dalam akun Accurate Online Anda.

Data operasional dan keuangan dalam suatu bisnis merupakan data rahasia. Dapatkan perlindungan dan kontrol maksimal untuk setiap operasi bisnis Anda dengan mengelola akses ke karyawan Anda sebagai kasir (dengan fungsi shift) dan sebagai manajer.

Perbedaan Sistem POS Dengan Mesin Kasir Biasa

Sistem POS tidak hanya berfungsi seperti mesin kasir biasa. Biasanya juga dilengkapi dengan berbagai aplikasi atau software tambahan, seperti stok barang, laporan perdagangan, keamanan transaksi, retur barang, dll. Dengan demikian, setiap kali pelanggan melakukan transaksi, data akan langsung terintegrasi dengan fungsi-fungsi tersebut.

Misalnya, Anda memiliki kafe yang menawarkan menu bertema Italia. Anda menggunakan sistem aplikasi POS sebagai kasir di kafe Anda, yang memiliki fitur untuk memberi tahu Anda menu mana yang paling disukai pelanggan. Nah, setelah beberapa bulan berada di sebuah kafe, fitur ini justru menunjukkan bahwa Spaghetti Carbonara adalah menu makanan yang paling banyak dipesan oleh pelanggan.

Berdasarkan informasi tersebut, Anda dapat menambah stok bahan yang dibutuhkan untuk penyusunan menu untuk mengantisipasi banyaknya permintaan pelanggan akan Spaghetti Carbonara. Dengan cara ini, Anda juga dapat memenuhi kebutuhan pelanggan Anda dan membuat mereka puas dengan layanan Anda.

Terdiri dari Apa Sistem POS?

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, aplikasi POS biasanya terdiri dari perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) yang saling terintegrasi dan bekerja sama dalam setiap proses transaksi. Berikut penjelasan lengkapnya.

Peralatan POS

Peralatan POS mengacu pada mesin kasir yang digunakan untuk melayani transaksi pelanggan. Mesin kasir ini terdiri dari beberapa komponen, yaitu:

Komputer / PC

Idealnya, komputer yang digunakan dalam aplikasi kasir POS adalah perangkat layar sentuh yang serbaguna. Dengan komputer ini, Anda dapat melacak transaksi penjualan, inventaris, jam buka kafe, dll.

Printer untuk catatan

Setelah pembeli menyelesaikan pembayaran, Anda harus memberikan nota atau kwitansi sebagai bukti kwitansi yang sah. Saat ini sudah banyak kafe dan restoran yang mulai menggunakan printer thermal karena lebih mudah digunakan dan tidak harus menghadapi risiko mengering atau sulit mencetak tinta.

Kotak uang

Di sini kasir dapat menyimpan uang tunai. Dalam sistem POS, idealnya laci kas terhubung dengan printer dan akan terbuka secara otomatis pada setiap transaksi.

Terminal Pembayaran (MCP)

Tidak semua pelanggan membayar tunai. Beberapa pelanggan memilih untuk membayar dengan kartu debit atau kredit, dan ini adalah alat yang penting untuk membaca dan memproses kartu.

Pemindai Kode Batang / Barcode Scanner

Alat ini paling banyak ditemukan di toko retail seperti toko pakaian atau supermarket. Dengan hanya mengarahkan pemindai kode batang pada label produk, data akan langsung terbaca ke dalam sistem POS. Namun, bukan berarti kafe tidak bisa menggunakannya. Siapa tahu Anda juga menjual makanan kemasan, kan? Pemindai kode batang dapat mempercepat transaksi pelanggan.