Software Akuntansi Kontraktor? Ya Accurate Accounting!

Software Akuntansi Kontraktor? Ya Accurate Accounting!

Software Akuntansi Kontraktor? Ya Accurate Accounting!

Software Akuntansi Kontraktor

Pada artikel ini Kami ingin merekomendasikan Anda software akuntansi untuk perusahaan kontraktor. Software atau Perangkat Lunak yang paling cocok ialah Accurate dari PT Cipta Piranti Sejahtera. Accurate memiliki beberapa macam atau jenis program, tergantung dari penggunanya. Diantaranya adalah Accurate 5 dan Accurate Online.
Accurate Desktop masih terbagi menjadi beberapa versi yaitu versi standar (untuk retailer dan distributor), versi deluxe (cocok untuk kontraktor) dan versi enterprise (untuk perusahaan manufaktur).

Alur Proyek Kontraktor di Software Akuntansi Accurate

Software Akuntansi Kontraktor Accurate 5
Software Akuntansi Kontraktor Accurate 5

Anggaran bahan dan penyesuaian harga (daftar | proyek | anggaran bahan dan penyesuaian harga).

Pembukuan Lebih Lancar Dengan Accurate Accounting Software
  1. Pertama, kami menentukan anggaran dan harga untuk setiap produk yang akan digunakan dalam proyek RAB.
  2. Anggaran dan harga yang kita masukkan di sini akan digunakan secara default di RAB, tetapi nanti ketika kita masuk ke RAB, kita dapat mengubahnya jika perlu. Anggaran dan harga yang digunakan pada saat membuat proyek baru di RAB adalah anggaran dan harga yang berlaku pada saat itu, dengan mempertimbangkan tanggal efektif anggaran bahan dan penyesuaian harga yang berlaku.
  3. Penyesuaian biaya tenaga kerja. Biaya standar yang ditetapkan disini akan digunakan dalam RAB sesuai dengan tanggal efektifnya, seperti halnya untuk item tersebut, jika ingin merubahnya pada saat RAB masih bisa dilakukan.
  4. Analisis Harga Tenaga Kerja (WPA).
  5. Buat rumus untuk setiap pekerjaan (job)
  6. Proyek. Setiap kali muncul proyek baru yang kami buat dari Aktivitas | Proyek | Proyek. Saat membuat proyek baru, kami menentukan penagihan dan waktu pelaksanaan serta RAB untuk proyek tersebut.
  7. Saat membuat RAB, pertama-tama kami membuat judul baru, setiap judul dapat terdiri dari beberapa tugas, kami memilih tugas dari daftar WPA.
  8. Perubahan jumlah dan biaya item yang dibutuhkan untuk setiap job (WPA) dapat dilakukan pada halaman Materials and Labor Costs di bagian bawah RAB dan secara otomatis akan mengupdate total harga pada baris Job.
  9. Bahan-bahan yang digunakan. Masukkan konsumsi barang untuk mengurangi persediaan dan menambah saldo akun “Konstruksi dalam penyelesaian”.
  10. Pembayaran biaya. Masukkan biaya proyek dan tambahkan ke saldo akun Project In Progress.
    Faktur proyek. Membuat Proyek Billing (penagihan). Mengakui pendapatan dan COGS (HPP) sesuai dengan kondisi Penagihan dan Kemajuan yang ditetapkan saat proyek dibuat di halaman Umum.
  11. Cara membuat dan mencetak faktur dari Aktivitas | Penjualan | Faktur penjualan, pilih Pelanggan untuk proyek, lalu pilih Tanggal jatuh tempo untuk faktur.
  12. Penyelesaian proyek

Kontraktor itu Apa Sih?

Kontraktor adalah badan usaha yang dikontrak untuk melaksanakan suatu proyek yang berhubungan dengan jasa konstruksi seperti jembatan, gedung, kanal dan jenis konstruksi lainnya, tergantung pada isi kontrak dengan pemilik proyek.

Istilah di Dunia Kontraktor

Beberapa istilah yang sering dijumpai dalam proyek kontraktor seperti RAB, maincont, subcont, retention, dan addendum.

  • RAB (Draft Cost Budget) adalah perhitungan biaya yang diperlukan untuk menutupi material dan upah, serta biaya-biaya lain yang terkait dengan pelaksanaan proyek.
  • Maincont (Kontraktor Utama) adalah kontraktor utama yang melaksanakan dan mengawasi semua pekerjaan serta mengatur jadwal proyek dan bertanggung jawab langsung kepada pemilik.
  • Subcont adalah pihak ketiga yang membantu alur kerja proyek dan masih di bawah payung Maincont.
  • Pemotongan adalah jumlah tagihan terutang yang tidak dibayar atau ditahan sampai kondisi yang ditentukan dalam kontrak untuk pembayaran jumlah tersebut terpenuhi atau sampai diperbaiki.
  • Tambahan adalah istilah dalam kontrak atau surat perjanjian yang berarti klausa tambahan atau klausa yang terpisah secara fisik dari kontrak utama atau perjanjian utama, tetapi secara hukum melekat pada perjanjian utama.
  • Selain istilah tersebut, ada juga istilah PDP yaitu “Project in Progress”, artinya biaya penggunaan bahan baku atau pembayaran gaji untuk pengerjaan suatu proyek akan diperhitungkan dalam “Work In Progress” sampai proyek selesai.

software akuntansi kontraktor
software untuk kontraktor
software akuntansi untuk kontraktor
software akuntansi untuk perusahaan kontraktor
software kontraktor
software kontraktor gedung & bangunan sipil
software kontraktor gratis
software kontraktor terbaik
software rab kontraktor

Sudah Punya Accurate Software? Training Accurate Untuk Implementasi Lebih Efektif



Baca juga: Training Accurate Resmi #1 di Indonesia

Bagikan ke:

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram

Software Akuntansi Kontraktor? Ya Accurate Accounting!