Juni 23, 2021
Tips & tricks

Software Akuntansi Pengertian dan Manfaatnya

software akuntansi

Software Akuntansi Pengertian dan Manfaatnya

Software Akuntansi. Aplikasi komputer atau yang lebih dikenal dengan perangkat lunak (software) memiliki berbagai macam bentuk. Ada yang digunakan untuk mengedit foto seperti photoshop dan lainnya. Software akuntansi sendiri adalah perangkat lunak yang digunakan untuk memudahan pencatatan dan aktivitas lain dari akuntansi. Namun, masih banyak yang belum paham mengenai Pengertian dan Manfaat Software Akuntansi bagi perusahaan. Berikut ini kami mencoba untuk merangkumnya.

Software akuntansi ini memanfaatkan konsep modularitas dimana serangkaian akitvitas yang serupa diubah kedalam modul-modul yang spesifik. Seperti misalnya pembelian (account payable), penjualan (account receivable), penggajian, buku besar dan lainnya.

Perusahaan besar biasanya memiliki bagian sendiri untuk mengembangkan aplikasi akuntansi ini. Namun tidak jarang perusahaan ataupun UKM yang menggunakan pihak ketiga untuk mendapatkan software akuntansi. Pihak ketiga ini menyediakan software yang akan digunakan sering kali juga perusahaan tersebut bekerja sama dengan pihak ketiga tadi. Berbicara jenisnya sendiri, software akuntansi sendiri dapat terdiri dari software akuntansi paketan, custom ataupun hingga menjadi software ERP.

Karena perbedaan lingkup penggunaan aplikasi ini seperti perusahaan hingga UKM maka kompleksitas dan kapabilitas aplikasi ini pun bermacam-macam tergantung lingkungan perusahaan atau UKM yang akan menggunakan.

Manfaat dan Kegunaan Accounting Software

  1. Meningkatkan Produktivitas Akuntan

Dengan adanya dukungan teknologi informasi berupa software accounting, maka kinerja akuntan juga akan lebih cepat. Dalam kata lain, software ini mampu meningkatkan produktivitas karyawan yang pastinya akan berdampak positif bagi perusahaan.

Seperti misalnya ketika akuntan hendak mencatat laporan dalam buku, maka sekarang tidak perlu lagi menyiapkan buku-buku yang menumpuk. Karena semua itu akan dikelola secara otomatis dengan satu kali ‘klik’ lewat software accounting.

  1. Keamanan Data

Seluruh data pada perusahaan, mulai dari data karyawan, data keuangan, data penjualan dan riwayat transaksi adalah hal yang sangat penting dan tidak boleh tersebar ke publik yang tidak bersangkutan. Oleh karena itu dengan menggunakan program accounting ini, seluruh data tersebut akan tersimpan ke dalam file server. Dan dalam mengaksesnya pun Anda memerlukan kode tersendiri sehingga data-data tersebut jauh lebih aman.

  1. Meminimalisir Biaya

Umumnya dalam satu perusahaan, apabila ingin mengelola data keuangan dengan baik, akan dibutuhkan lebih dari 3 orang akuntan. Hal itu pastinya cukup membebani perusahaan dari segi pembayaran gaji.

Namun dengan menggunakan software accounting, seluruh pekerjaan yang rumit itu bisa dikerjakan dengan lebih mudah. Pendataan akan berjalan secara otomatis dan kinerja akuntan juga lebih minim, sehingga Anda bisa mempekerjakan satu atau dua akuntan saja.

  1. Proses Bisnis Lebih Mudah

Kesalahan dalam memasukkan data adalah hal yang paling dihindari dalam perusahaan. Walau terkesan remeh, tetapi kesalahan kecil seperti ini bisa membebai keberhasilan bisnis. Oleh karena itu, Anda sebaiknya menggunakan software accounting karena program ini akan mencatat data dengan valid dan sangat minim kesalahan.

Dengan pendataan yang tepat, produktivitas perusahaan pastinya akan meningkat. Dan penyerapan tenaga sumber daya manusia di perusahaan juga bisa dimaksimalkan untuk sektor lainnya. Sehingga secara tidak langsung iklim organisasi perusahaan juga akan membaik dan hal ini sangatlah positif bagi kemajuan perusahaan.

Tujuan Software Akuntansi

Tujuan dan manfaat paling besar dari software akuntansi ini adalah membantu akuntan untuk menghasilkan laporan akuntansi keuangan seperti Neraca (Balance Sheet), Rugi Laba (Profit Lost Statement), Cash Flow dan Laporan Akhir Keuangan.

Laporan tersebut diperoleh dari langkah awal seperti menyusun perkiraan atau account atau ledger atau buku besar. Setiap ledger ini kode dan nama tertentu yang biasa digunakan serta memiliki pos-pos yang jelas dalam posisi laporan keuangan seperti misalnya pos ledger untuk Neraca, rugi laba, biaya pabrikasi dan manufaktur (pabrik).

Nah jika kita menggunakan software akuntansi hal-hal yang diatas tadi dapat dilakukan dengan sangat cepat sehingga menghemat waktu. Bayangkan misalnya untuk laporan keuangan sebuah perusahaan besar dilakukan secara manual yang rentan kesalahan dan juga lama tentu akan sangat kerepotan.

Pembelian Software Accurate

Pembelian Software ACCURATE bisa langsung di web ini. Untuk informasi lebih lanjut dan mau tanya-tanya lebih detail lagi, yukk jangan sungkan hubungi kita bisa langsung kesini.

Jakarta 0813 1234 7228 (Jessica)

Surabaya 0812 1234 7228 (Sebastian)

Bandung 0822 1999 7228 (Bella)

Semarang 0821 3000 7228 (Samara)

Facebook SAC

Instagram SAC

Youtube SAC

Baca juga

  1. Manfaat Pembukuan Bagi Usaha Anda
  2. Pencatatan Transaksi Dengan Menggunakan Cek
  3. Rekonsiliasi PPN Accurate Online
  4. Penomoran Pajak Accurate Online
  5. Fungsi Akun Selisih Pembelian di Penerimaan Barang
  6. Penyesuaian Stok Atas Selisih Pemindahan Barang
  7. Target Penjualan Accurate Online
  8. Kelebihan Kekurangan Software Akuntansi
  9. Komisi Salesman di Accurate Online
  10. Import Penjualan E-Commerce ke Accurate Online
  11. Mengubah Persediaan menjadi Aset Tetap
  12. Modifikasi Laporan Accurate Online
  13. PPh 23 Accurate Online
  14. Pentingnya Budgeting pada Keuangan Perusahaan
  15. Tutup Buku Accurate Online

 

Related posts

Apa itu Pembukuan dan Manfaatnya

Sidik Ristiawan

Mengubah Bahasa dan Membuat Database Duplikat Accurate Desktop

Sidik Ristiawan

Pencatatan Usaha Resto Accurate Online

wengku

Leave a Comment