fbpx

5 Tips Memilih Software Akuntansi untuk Bisnis

Bagikan artikel ini:

Di era digital yang berkembang pesat saat ini, teknologi telah mengubah banyak hal termasuk akuntansi. Software akuntansi yang canggih tidak hanya dapat membantu Anda melakukan proses pencatatan keuangan secara lebih efisien namun juga membantu Anda mengambil keputusan dengan lebih baik. Namun, dengan banyaknya pilihan yang tersedia, memilih software akuntansi yang tepat untuk bisnis Anda bisa menjadi tugas yang menantang. Oleh karena itu, berikut ini beberapa hal-hal yang perlu Anda perhatikan saat memilih software akuntansi untuk bisnis Anda.

Tips Memilih Software Akuntansi untuk Bisnis

1. Pertimbangkan kebutuhan akuntansi

Jika Anda berencana untuk melakukan pembukuan sendiri dan bisnis Anda masih tergolong kecil maka Anda dapat mencari software akuntansi yang umum di pasaran. Namun jika bisnis Anda telah menghasilkan milyaran pertahun maka kebutuhan akuntansi yang dimiliki akan sangat berbeda. Anda juga dapat memilih software akuntansi berdasarkan industri bisnis di segmen pasar Anda. Misalnya, ada software yang disesuaikan untuk bisnis di sektor manufaktur, untuk pengecer dan restoran, serta untuk banyak jenis perusahaan komersial lainnya. 

Melakukan riset Anda adalah penting, karena aplikasi yang Anda pilih akan berdampak langsung pada bagaimana pendapatan bisnis Anda dikelola. Penting juga untuk mempertimbangkan bahwa meskipun software akuntansi dapat membuat pembukuan menjadi lebih mudah, namun Anda tetap memerlukan sejumlah literasi tentang keuangan dan akuntansi untuk menggunakannya.

2. Pertimbangkan software berbasis cloud

Cloud computing adalah revolusi besar dalam dunia teknologi yang penting untuk dijadikan sebagai salah satu pertimbangan Anda dalam memilih software akuntansi. Software berbasis cloud memiliki banyak manfaat antara lain yaitu dapat diakses dari manapun selama terdapat koneksi internet, tidak perlu membeli lisensi perangkat lunak atau server untuk menjalankannya, dan proses instalasi maupun update dilakukan secara daring. Selain itu saat memilih software akuntansi cloud maka data Anda akan tersimpan secara aman pada database penyedia layanan sehingga keselamatan data Anda tetap terjaga jika terjadi bencana lokal atau peristiwa lain yang tidak diinginkan.

3. Perhatikan anggaran

Tips memilih software akuntansi berikutnya yaitu dengan memperhatikan anggaran yang Anda miliki. Biasanya terdapat beberapa pilihan software akuntansi untuk bisnis kecil yang dapat diunduh secara gratis atau dibeli dengan harga murah. Namun biasanya, semakin banyak fitur yang ada pada software tersebut maka akan semakin mahal, karena basis pengguna untuk software akuntansi tersebut memiliki kebutuhan pembukuan yang lebih detail. 

Jika Anda menginginkan sesuatu yang spesifik atau dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda, maka Anda harus siap untuk membayar lebih. Namun jika Anda menggunakan Accurate Online, Anda bisa menggunakan semua fitur dengan biaya berlangganan yang tergolong murah. Mulai dari perpajakan, penggajian karyawan, multi cabang, multi mata uang, multi departemen, penghitungan aset, dan masih banyak lagi fitur terbaik yang dapat digunakan untuk semua jenis bisnis.

4. Perhatikan fitur tambahan

Fitur tambahan atau add-on membawa lebih banyak  fungsionalitas pada software akuntansi Anda. Misalnya, fitur tersebut memungkinkan Anda untuk melakukan integrasi penghitungan pajak, menambahkan kode unik untuk kemudahan pembayaran tagihan, dan mengintegrasikan software akuntansi dengan software kasir Anda. Jika Anda menggunakan Accurate Online, Anda dapat merasakan kemudahan dari add-on ini melalui menu Accurate Store.  Pada Accurate Store Anda dapat memilih Add-on yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

5. Buat keputusan dengan bantuan akuntan

Jika Anda sudah bisa menggunakan akuntansi dan bisnis Anda tergolong besar, maka akuntan Anda akan lebih memilih aplikasi yang kompatibel. Perlu diingat bahwa setiap bisnis memiliki kebutuhan yang berbeda dan akuntan Anda berada dalam posisi terbaik untuk memberikan pendapat atas dasar pengetahuan, keterampilan, dan pengalamannya. Akuntan Anda bahkan juga harus bisa membantu Anda dalam mengatur dan mengoperasikan software yang Anda pilih nantinya.

Author :

Artikel Terkait &

Saatnya mengalihkan perhatian ke arah pertumbuhan bisnis Anda

Izinkan kami mempercepat dan mengotomatisasi proses akuntansi serta keuangan bisnis, memastikan Anda terus berkembang dengan keyakinan penuh.