Akuntansi Sektor Publik Itu Apa? Ini Penjelasan Lengkapnya

Akuntansi Sektor Publik Itu Apa? Ini Penjelasan Lengkapnya

Akuntansi Sektor Publik Itu Apa? Ini Penjelasan Lengkapnya

Akuntansi sektor publik

Akuntansi sektor publik (public sector accounting) adalah sistem akuntansi yang digunakan oleh lembaga publik. Setiap lembaga publik tentunya mendapat tuntutan dari masyarakat agar pengelolaan keuangan dilakukan secara transparan. Untuk itu, public sector accounting digunakan sebagai sarana pertanggungjawaban kepada publik. Tapi apa arti lengkap dari akuntansi sektor publik?

Apa Itu yang Dimaksud Akuntansi Sektor Publik

Pengertian akuntansi sektor publik adalah suatu proses pengumpulan, penggolongan, analisis, dan penyusunan laporan pengelolaan keuangan pada lembaga. Laporan pengelolaan keuangan ini akan digunakan oleh lembaga publik untuk memberikan informasi keuangan kepada mereka yang membutuhkan. Intinya, laporan pengelolaan keuangan ini sangat membantu dalam pengambilan keputusan.

Pembukuan Lebih Lancar Dengan Accurate Accounting Software

Dalam menjalankan pekerjaannya, organisasi dan lembaga publik selalu dituntut untuk mengelola biaya sosial dan ekonomi secara lebih efisien. Jika tuntutan akuntabilitas publik oleh berbagai lembaga publik diperkuat, public sector accounting akan diakui sebagai ilmu untuk mengelola keuangan publik.

Bisa dibilang, public sector accounting digunakan untuk transparansi kepada publik untuk memenuhi hak publik. Sektor publik yang dimaksud dalam akuntansi ini terdiri dari instansi pemerintah di tingkat daerah dan pusat serta lembaga non pemerintah. Padahal, rumah sakit dan institusi pendidikan juga membutuhkan jenis akuntansi ini.

Biasanya proses pengklasifikasian dan analisis laporan pengelolaan keuangan yang dilakukan oleh sektor publik berbeda dengan proses yang dilakukan oleh sektor swasta. Perbedaan ini terjadi karena negara-negara khususnya organisasi pemerintah tentunya memiliki standar sistem akuntansi tersendiri. Jadi, prosesnya harus disesuaikan dengan standar akuntansi yang dianut oleh lembaga tersebut.

Perlu dicatat bahwa akuntansi untuk public sector accounting lebih menekankan pada sistem auditing dan akuntansi. Akuntansi untuk sektor publik yang berkembang di Indonesia sejauh ini hanya melayani persaingan swasta. Hal ini tentu saja keliru karena akuntabilitas kinerja lembaga publik berbeda dengan sektor swasta.

Sudah Punya Accurate Software? Training Accurate Untuk Implementasi Lebih Efektif

Ciri-ciri Akuntansi Sektor Publik

Akuntansi sektor publik memiliki ciri atau karakteristik yang berbeda dengan akuntansi yang digunakan oleh sektor swasta. Perbedaan utama terlihat dari lembaga atau instansi yang menggunakan kedua ilmu akuntansi tersebut. Akuntansi untuk sektor publik biasanya digunakan oleh instansi pemerintah daerah dan pusat.

Secara sederhana, karakteristik public sector accounting ini berfokus pada dua hal.

  1. Pertama, akuntansi untuk sektor publik berfokus pada sifat institusi. Jadi, sifat akuntansi ini khusus untuk organisasi nirlaba yang tidak menghasilkan laba. Misalnya seperti instansi pemerintah.
  2. Kedua, akuntansi untuk sektor publik berfokus pada tujuan agensi. Sesuai dengan namanya, public sector accounting hanya memberikan pelayanan informasi kepada publik. Pelayanan publik ini dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dalam praktiknya, ada beberapa komponen yang dapat mempengaruhi kinerja lembaga sektor publik. Pertama, pengaruh di bidang ekonomi. Misalnya berupa tingkat inflasi, nilai tukar mata uang, infrastruktur, dan lain-lain. Selanjutnya pengaruh di bidang politik. Misalnya seperti pemerintahan yang berkuasa, hubungan antar lembaga masing-masing, dan lain-lain.

Bidang budaya dan demografi juga mempengaruhi kinerja lembaga sektor publik. Dalam bidang kebudayaan dipengaruhi oleh karakteristik masyarakat yang berbeda, tingkat pendidikan, keragaman suku bangsa, dan lain-lain. Sedangkan di bidang kependudukan, kinerja lembaga publik dipengaruhi oleh tingkat pertumbuhan masyarakat, kesehatan masyarakat, migrasi, dan lain-lain.

Tujuan Public Sector Accounting

Menurut American Accounting Association, tujuan utama public sector accounting adalah untuk menyediakan informasi dan laporan manajemen keuangan. Selanjutnya, laporan ini akan digunakan untuk pengendalian manajemen dan sebagai pertanggungjawaban. Berikut ulasan lengkapnya.

  • Kontrol Manajemen
    Tujuan pertama dari public sector accounting adalah sebagai pengendalian manajemen. Sebagai pengendalian manajemen, public sector accounting akan menyediakan informasi yang dibutuhkan oleh lembaga publik dalam pengelolaan yang baik dan efisien. Akuntansi ini juga akan memberikan informasi tentang penggunaan sumber daya yang telah dianggarkan di lembaga publik.
  • Akuntabilitas
    Tujuan akuntansi untuk sektor publik yang selanjutnya berkaitan dengan akuntabilitas. Dengan demikian, public sector accounting akan memberikan informasi penting yang dibutuhkan oleh pengelola lembaga publik. Informasi ini akan digunakan oleh manajer sebagai laporan pertanggungjawaban untuk semua bidang yang berada di bawah kewenangannya.
  • Tidak hanya itu, informasi ini juga digunakan sebagai laporan pertanggungjawaban kepada publik atas kinerja instansi pemerintah. Jadi, publik bisa melihat transparansi tentang bagaimana instansi pemerintah menggunakan anggaran publik.

Ruang Lingkup Public Sector Accounting

Public sector accounting merupakan salah satu bidang akuntansi yang ruang lingkup penggunaannya untuk lembaga sector accounting. Lembaga-lembaga publik yang dimaksud adalah lembaga-lembaga tinggi pemerintahan negara dan departemen-departemen yang berada di bawah naungannya. Tidak hanya itu, pemerintah daerah, berbagai yayasan, partai politik, dan organisasi nirlaba juga menjadi ruang lingkup public sector accounting.

Secara sederhana, public sector accounting yang menggunakan bidang akuntansi ini adalah lembaga yang menggunakan anggaran publik. Jadi, lembaga public sector accounting ini perlu memberikan akuntabilitas kepada masyarakat. Akuntabilitas ini diperoleh dari laporan pengelolaan keuangan yang disusun dengan akuntansi untuk public sector accounting.

Di Indonesia, akuntansi untuk public sector accounting umumnya mencakup beberapa bidang. Ada akuntansi untuk pemerintah pusat, pemerintah daerah, partai politik, dan berbagai yayasan. Bahkan, bidang pendidikan dan kesehatan seperti sekolah, perguruan tinggi, dan rumah sakit juga menjadi ruang lingkupnya. Semua lembaga ini memerlukan akuntansi untuk sektor publik untuk pengelolaan anggaran.



Baca juga: Training Accurate Resmi #1 di Indonesia

Bagikan ke:

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram

Akuntansi Sektor Publik Itu Apa? Ini Penjelasan Lengkapnya