fbpx

Cara Penghentian Asset yang Dijual di Accurate Online

Bagikan artikel ini:

Accurate Online adalah sebuah aplikasi software akuntansi dan manajemen keuangan yang digunakan untuk membantu perusahaan mulai dari mengelola keuangan, mencatat transaksi, hingga melakukan analisis bisnis.  

Jika Anda berpikir menggunakan Accurate Online akan sulit, Anda salah! Accurate Online adalah software akuntansi yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan pemilik bisnis yang biasanya tidak paham akuntansi. Tidak seperti software akuntansi lainnya, Accurate Online tidak hanya untuk staf keuangan atau akuntan, sehingga siapapun dapat dengan mudah menggunakan Accurate Online.

Artikel ini akan dijelaskan cara mudah bagaimana menghentikan/menghapus asset yang hendak dijual kembali di Accurate Online bagi Anda yang masih merasa bingung.

Cara Penghentian Asset yang Dijual di Accurate Online

Di setiap perusahaan tentu memiliki asset seperti gedung/bangunan, kendaraan, hingga inventaris yang mana asset tersebut akan disusutkan atau dibiayakan di setiap bulan nya. Untuk metode perhitungan asset tersebut juga ada beberapa metode seperti metode garis lurus dan metode saldo menurun ganda.

Baca juga:   Cara Menambahkan Pengiriman di Accurate Online

Adapun langkah-langkah penghentian asset yang dijual di Accurate Online adalah sebagai berikut :

1. Pertama, di modul asset pilih kode atau nama asset yang akan di hentikan (dispose) lalu klik asset tersebut seperti gambar berikut.

2. Setelah asset yang akan di dispose/dihentikan tersebut di klik maka akan ada pilihan tombol proses. Klik tombol proses tersebut lalu pilih disposisi asset tetap.

Cara Penghentian Asset yang Dijual di Accurate Online

3. Setelah itu isikan di bagian informasi umum jumlah asset yang akan dihentikan dan tentukan pula akun laba rugi penghentian asset beserta lokasi asset tersebut.

4. Jangan lupa juga isi catatan atau keterangan terkait disposisi asset tersebut.

5. Centang kolom “Asset Dijual” jika asset yang dihentikan tersebut adalah asset yang telah dijual.

Baca juga:   Cara Menggunakan Database di Accurate Lite
Cara Penghentian Asset yang Dijual di Accurate Online

6. Pada kolom harga dan akun jangan lupa isikan nilai jual asset tersebut dan juga akun bank penerima atas penjualan asset tersebut.

Cara Penghentian Asset yang Dijual di Accurate Online

7. Setelah itu klik simpan.

8. Untuk melihat daftar asset yang sudah di dispose adalah dengan cara klik modul asset tetap lalu pilih disposisi asset tetap.

Demikian tutorial penghapusan/penghentian asset tetap jika asset tersebut memang akan/ingin dijual. Untuk tutorial ini sebenarnya ada 2 tahapan untuk proses penjualan asset tersebut namun di tutorial kali ini, hanya saya bahas satu saja mungkin akan saya bahas kembali di tutorial berikutnya.

Sangat mudah bukan caranya? Jika Anda ingin mempelajari fitur-fitur Accurate Online secara lebih lengkap, Anda juga dapat mengikuti Training Accurate dari kami. Jasa Training Accurate dari Szeto Accurate telah dipercaya melayani lebih dari 5000 perusahaan di berbagai industri. Jadi tunggu apa lagi? daftar sekarang juga!

Baca juga:   Cara Membuat Retur Penjualan dari Faktur Accurate Online
Saatnya mengalihkan perhatian ke arah pertumbuhan bisnis Anda

Izinkan kami mempercepat dan mengotomatisasi proses akuntansi serta keuangan bisnis, memastikan Anda terus berkembang dengan keyakinan penuh.