Apa Itu EFIN? EFIN Pajak adalah

Apa Itu EFIN? EFIN Pajak adalah

Apa Itu EFIN? EFIN Pajak adalah

Apa Itu EFIN EFIN Pajak adalah

Di era digital ini, semua bisa dilakukan secara online, termasuk pajak. Tetapi Anda memerlukan EFIN untuk melakukan aktivitas pajak di Internet. EFIN ini diperlukan untuk membuat akun untuk transaksi pajak online. EFIN pajak berupa nomor identifikasi. Namun ternyata masih banyak Wajib Pajak yang belum mengetahui apa itu EFIN pajak? EFIN pajak adalah..

Apa itu EFIN?

Electronic Filing Identification Number atau EFIN adalah nomor pengenal yang diterbitkan oleh Departemen Pendapatan (DJP) bagi Wajib Pajak yang melakukan transaksi perpajakan secara elektronik seperti pelaporan SPT melalui pengarsipan elektronik dan memasukkan kode tagihan pajak. Jadi Electronic Filing Identification Number berbentuk angka seperti NPWP.

Baca juga:   Beli Accurate Software, Cek Harga Accurate Online 2023 Terbaru!

Sistem Electronic Filing Identification Number menjamin wajib pajak untuk melakukan kegiatan perpajakan dengan keamanan yang baik. Dulu pelaporan dan pembayaran pajak harus langsung ke kantor pajak, setelah era digital semua bisa dilakukan dari rumah. Namun, dengan munculnya teknologi yang semakin canggih, ada kemungkinan data kita akan bocor. Inilah salah satu fungsi EFIN.

Setelah EFIN Anda aktif, Anda dapat menggunakannya untuk mendaftar efin di situs aplikasi DJP Online. Bagi Anda yang telah mendaftar, EFIN ini juga diperlukan jika Anda akan mereset password atau alamat email Anda di situs aplikasi DJP Online. Jadi jaga EFIN Anda..

Jenis Electronic Filing Identification Number Pajak

Berdasarkan penggunaannya, Electronic Filing Identification Number dibagi menjadi 2 jenis, yaitu Electronic Filing Identification Number yang ditujukan untuk wajib pajak badan atau badan dan Electronic Filing Identification Number untuk wajib pajak orang pribadi. Apa bedanya? Persyaratannya berbeda untuk wajib pajak orang pribadi dan wajib pajak badan, namun cara penyusunannya tetap sama.

Baca juga:   PSAK 1 Penyajian Laporan Keuangan

Manfaat EFIN Pajak

Beberapa manfaat aktivasi EFIN yang perlu diketahui oleh Anda antara lain:

Melalui Electronic Filing Identification Number, Wajib Pajak dapat mengakses sistem perpajakan online dan melaporkan SPT Tahunan tanpa harus mengantri di pos pemeriksaan.

Dalam hal ini, Electronic Filing Identification Number menjamin kerahasiaan data yang Anda masukkan ke dalam sistem pajak online. Jika Anda melaporkan pajak secara online, maka data Anda sudah terdaftar di sistem pajak. Plus, Anda tidak perlu mengulang konten dari awal hingga melengkapi SPT tahun depan.

Dengan Electronic Filing Identification Number pajak pribadi serta Electronic Filing Identification Number perusahaan, Anda sebagai wajib pajak dapat menyiapkan SPT secara online tanpa harus pergi ke kantor pajak atau pos pemeriksaan terdekat. Nah, apakah Anda sekarang sudah mengerti apa yang dimaksud dengan Electronic Filing Identification Number pajak dan jenis serta manfaat dari Electronic Filing Identification Number.

Bagikan ke:

Facebook
WhatsApp
Twitter
Telegram

Apa Itu EFIN? EFIN Pajak adalah