Apa Itu Lagging? Memahami Indikator Lagging

Apa Itu Lagging? Memahami Indikator Lagging

Apa Itu Lagging? Memahami Indikator Lagging

Apa Itu Lagging Memahami Indikator Lagging

Apa Itu Indikator Lagging? Indikator lagging adalah faktor yang dapat diamati atau diukur yang berubah sewaktu-waktu setelah variabel ekonomi, keuangan, atau bisnis yang berkorelasi dengannya berubah. Indikator lagging mengkonfirmasi tren dan perubahan tren.

Indikator lagging dapat berguna untuk mengukur tren ekonomi secara umum, sebagai alat dalam operasi dan strategi bisnis, atau sebagai sinyal untuk membeli atau menjual aset di pasar keuangan.

Pembukuan Lebih Lancar Dengan Accurate Accounting Software

Memahami Indikator Lagging

Indikator lagging adalah tanda keuangan yang menjadi jelas hanya setelah perubahan besar terjadi. Oleh karena itu, indikator tertinggal mengkonfirmasi tren jangka panjang, tetapi mereka tidak memprediksinya. Ini berguna karena seringkali, banyak indikator utama tidak stabil, dan fluktuasi jangka pendek di dalamnya dapat mengaburkan titik balik atau menyebabkan sinyal palsu.

Melihat indikator lagging merupakan salah satu cara untuk memastikan apakah benar-benar terjadi pergeseran ekonomi.

Indikator Lagging Ekonomi

Dewan Konferensi A.S. menerbitkan indeks indikator tertinggal bulanan bersama dengan indeks indikator utamanya. Ini termasuk indikator tertinggal seperti durasi rata-rata pengangguran, rata-rata suku bunga utama yang dikenakan oleh bank, dan perubahan Indeks Harga Konsumen untuk Jasa.

Beberapa contoh umum indikator lagging termasuk tingkat pengangguran, keuntungan perusahaan, dan biaya tenaga kerja per unit output. Suku bunga juga bisa menjadi indikator lagging yang baik karena suku bunga berubah sebagai reaksi terhadap pergerakan parah di pasar. Indikator tertinggal lainnya adalah pengukuran ekonomi, seperti produk domestik bruto (PDB), indeks harga konsumen (CPI), dan neraca perdagangan (BOT).

Sudah Punya Accurate Software? Training Accurate Untuk Implementasi Lebih Efektif

Indikator ini berbeda dari indikator utama, seperti penjualan ritel dan pasar saham, yang digunakan untuk meramalkan dan membuat prediksi.

Indikator Lagging Bisnis

Indikator lagging dalam bisnis adalah semacam indikator kinerja utama (KPI) yang mengukur kinerja bisnis setelah fakta, seperti penjualan, kepuasan pelanggan, atau perputaran pendapatan. Mereka bisa sulit atau tidak mungkin untuk dipengaruhi secara langsung.

Bisnis menggunakan alat untuk mengukur, melacak, dan membandingkan berbagai indikator kinerja terdepan dan tertinggal.

Karena mereka setidaknya sebagian merupakan hasil dari keputusan dan operasi bisnis, mereka memberikan wawasan tentang hasil yang dicapai oleh bagaimana bisnis dijalankan. Bisnis juga dapat melacak indikator utama yang mengukur kinerja internal, seperti keterlibatan pelanggan atau kepuasan karyawan, yang dapat dipengaruhi secara lebih langsung dan mengarah pada perubahan indikator tertinggal.

Bisnis dapat menggunakan alat intelijen bisnis seperti dasbor untuk mengukur, melacak, dan membandingkan berbagai indikator kinerja terdepan dan tertinggal.

Indikator Teknis

Jenis indikator lagging lainnya adalah indikator teknis yang tertinggal dari harga aset saat ini, yang terjadi setelah pergerakan harga tertentu telah terjadi. Salah satu contoh indikator teknis tertinggal adalah persilangan rata-rata bergerak.

Tidak seperti indikator lagging lainnya yang membandingkan variabel ekonomi yang berbeda satu sama lain, indikator teknis membandingkan nilai variabel tertentu dengan rata-rata pergerakannya sendiri selama interval tertentu atau karakteristik historis lainnya. Pedagang teknis menggunakan persilangan rata-rata jangka pendek di atas rata-rata jangka panjang sebagai konfirmasi saat menempatkan pesanan beli karena menunjukkan peningkatan momentum.

Kelemahan menggunakan metode ini dalam perdagangan aset adalah bahwa pergerakan yang signifikan mungkin telah terjadi, mengakibatkan pedagang memasuki posisi terlambat. Perhatikan bahwa pendekatan teknis serupa dapat diterapkan pada indikator ekonomi seperti PDB atau ukuran kinerja ekonomi lainnya, sebagai indikator tertinggal untuk mengonfirmasi perubahan tren.

Sumber: LaggingIndicator Definition (investopedia.com)



Baca juga: Training Accurate Resmi #1 di Indonesia

Bagikan ke:

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram

Apa Itu Lagging? Memahami Indikator Lagging