Posting Jurnal Khusus ke Buku Besar Utama, Ini Langkahnya!

Posting Jurnal Khusus ke Buku Besar Utama, Ini Langkahnya!

Posting Jurnal Khusus ke Buku Besar Utama, Ini Langkahnya!

Langkah Posting Jurnal Khusus ke Buku Besar Utama

Sebelum mengetahui bagaimana langkah posting jurnal khusus ke buku besar utama, ada dua jenis buku besar dalam akuntansi yang harus Anda ketahui, yaitu buku besar utama dan buku besar pembantu. Buku besar utama merupakan buku besar yang berisi kumpulan beberapa akun terkait dan merupakan entitas yang terpisah, penjelasan lengkapnya berikut ini.

Apa Itu Buku Besar?

Apa Itu Buku Besar

Buku besar adalah bagian dari siklus akuntansi yang berisi sekumpulan transaksi yang terdapat dalam log umum dan log khusus. Sederhananya, buku ini mengkategorikan dan mengelompokkan akun-akun dari akun yang sama untuk memudahkan akuntan dalam mengidentifikasi akun.

Sedangkan buku besar pembantu adalah buku besar yang dibuat untuk memudahkan dalam menelusuri informasi yang terdapat pada salah satu akun buku besar. Untuk detail lebih lanjut tentang registri tambahan, Anda dapat membaca posting itu sendiri dan fungsi dari registri tambahan.

Baca juga:   Accurate Tangerang

Pada postingan kali ini, kita akan membahas tentang buku utama, khususnya bagaimana cara posting jurnal khusus di dalam buku besar utama.

Langkah Posting Jurnal Khusus ke Buku Besar

Untuk dapat memindahkan atau posting jurnal khusus di buku besar, Anda perlu mengikuti beberapa langkah sederhana untuk menerbitkan jurnal khusus di buku besar antara lain sebagai berikut:

  1. Jumlahkan saldo untuk setiap kolom dalam jurnal khusus
  2. Memindahkan saldo jurnal khusus yang telah ditambahkan sebelumnya ke akun yang sesuai, dimana jika saldo jurnal khusus berada pada posisi debet maka harus dipindahkan ke buku besar dan harus berada pada posisi debet, dan sebaliknya jika jurnal khusus saldo dalam posisi kredit, itu ditransfer ke buku besar juga secara kredit.
  3. Catat nomor kode akun yang bersangkutan di Buku Besar sebagai tanda pindah buku.
  4. Masukkan kode halaman jurnal khusus pada kolom Ref di buku besar.
  5. Saat membuat entri akuntansi untuk akun di kolom Serba-serbi dari jurnal khusus, catat nomor kode akun di kolom referensi di kolom Serba-serbi sebagai indikasi entri akuntansi.
Baca juga:   Jenis Metode Pembayaran di Indonesia, Mana yang Populer?

Agar lebih mudah memahami penjelasan di atas, lihat gambar proses penerbitan jurnal khusus pada buku besar di bawah ini:

Posting Jurnal Khusus ke Buku Besar
Photo by www.akuntansipendidik.com

Itulah pembahasan mengenai cara posting jurnal khusus ke buku besar utama, pembahasan yang disajikan adalah pembahasan bagaimana proses penerbitan jurnal khusus pada buku besar, proses penerbitan ini biasanya diterapkan pada perusahaan dagang dan posting jurnal umum ke buku besar biasanya dilakukan oleh perusahaan jasa.

Baik postingan yang digunakan oleh perusahaan dagang maupun perusahaan jasa pada dasarnya sama, hanya sedikit berbeda.

Kesimpulan

Setelah transaksi keuangan dicatat dalam posting jurnal khusus, maka jurnal khusus tersebut harus diambil kembali untuk mengetahui apakah jurnal khusus yang dibuat sudah benar atau tidak, atau langkah rekapitulasi dapat diabaikan dan segera dimasukkan ke dalam buku besar.

Baca juga:   Training Accurate Bekasi Resmi Sejak 2012

Buku besar umum adalah buku besar yang berisi kumpulan beberapa akun terkait dan merupakan entitas yang terpisah. Dengan demikian, diskusi tentang cara posting jurnal khusus tentang perusahaan perdagangan dapat membantu.

Bagikan ke:

Facebook
WhatsApp
Twitter
Telegram

Posting Jurnal Khusus ke Buku Besar Utama, Ini Langkahnya!