Akuntansi

Metode Perhitungan Biaya Utilitas Perusahaan

Biaya utilitas mengacu pada pengeluaran perusahaan yang terkait dengan penggunaan layanan publik, seperti air, listrik, gas, dan telekomunikasi. Biaya-biaya ini merupakan bagian dari biaya operasional perusahaan dan perlu dicatat dan dikendalikan secara efektif untuk mencapai efisiensi dan optimalisasi keuangan. Pada artikel ini akan dijelaskan mengenai tujuan perhitungan biaya utilitas dan metode untuk menghitungnya.

Tujuan Perhitungan Biaya Utilitas Perusahaan

Berikut ini beberapa tujuan dari perhitungan biaya utilitas bagi perusahaan:

1. Memahami Struktur Biaya

Menghitung biaya utilitas tidak hanya sebatas mengetahui total pengeluaran untuk air, listrik, gas, dan telekomunikasi. Analisis yang lebih mendalam dapat dilakukan untuk mengidentifikasi komponen pengeluaran individual, seperti biaya pemakaian AC per ruangan, biaya penerangan per area, dan biaya penggunaan internet per departemen. Dengan mengetahui hal tersebut, perusahaan dapat mengidentifikasi area dengan pengeluaran tinggi dan fokus pada upaya penghematan yang lebih terarah.

2. Mengendalikan Pengeluaran

Berdasarkan data perhitungan biaya utilitas, perusahaan dapat menyusun anggaran yang realistis untuk pengeluaran utilitas di masa depan. Anggaran ini menjadi acuan penting dalam mengalokasikan dana dan mengendalikan pengeluaran. Selain itu, perusahaan dapat mengambil langkah seperti seperti menggunakan peralatan hemat energi, mengoptimalkan pencahayaan, dan menerapkan sistem manajemen energi untuk membantu perusahaan dalam mengurangi pengeluaran utilitas secara signifikan.

Related Post

3. Meningkatkan Efisiensi Operasional

Menerapkan solusi hemat biaya, seperti teknologi hemat energi dan sistem pencahayaan yang efisien, dapat membantu perusahaan dalam mengurangi pengeluaran utilitas dan meningkatkan efisiensi operasional. Meningkatkan efisiensi operasional melalui penghematan biaya utilitas dapat mengarah pada peningkatan Return on Investment (ROI) dan profitabilitas perusahaan secara berkelanjutan.

Metode Perhitungan Biaya Utilitas Perusahaan

Berikut ini metode yang biasa digunakan untuk menghitung biaya utilitas perusahaan:

1. Metode Konsumsi Aktual

Metode konsumsi aktual dilakukan dengan menghitung biaya utilitas berdasarkan jumlah konsumsi aktual layanan utilitas yang digunakan oleh perusahaan. Metode ini cocok digunakan untuk mendapatkan gambaran yang akurat tentang biaya utilitas. Berikut ini langkah-langkah untuk melakukannya:

  • Catat meteran air, listrik, gas, dan telekomunikasi secara berkala.
  • Dapatkan tarif per unit untuk setiap layanan utilitas dari penyedia layanan.
  • Hitung biaya total untuk setiap layanan utilitas dengan mengalikan konsumsi aktual dengan tarif per unit.
  • Jumlahkan biaya total untuk setiap layanan utilitas untuk mendapatkan total biaya utilitas keseluruhan.

2. Metode Anggaran

Metode anggaran dilakukan dengan memperkirakan biaya utilitas berdasarkan perkiraan konsumsi di masa depan. Metode ini cocok digunakan untuk memperkirakan biaya utilitas di masa depan. Berikut ini langkah-langkah untuk melakukannya:

  • Perkirakan berapa banyak air, listrik, gas, dan telekomunikasi yang akan digunakan perusahaan di masa depan.
  • Dapatkan tarif per unit untuk setiap layanan utilitas dari penyedia layanan.
  • Hitung biaya total yang dianggarkan untuk setiap layanan utilitas dengan mengalikan perkiraan konsumsi dengan tarif per unit.
  • Jumlahkan biaya total yang dianggarkan untuk setiap layanan utilitas untuk mendapatkan total biaya utilitas yang dianggarkan keseluruhan.

3. Metode Alokasi Biaya

Metode alokasi biaya dilakukan dengan mengalokasikan biaya utilitas untuk masing-masing bagian. Metode ini cocok digunakan untuk mendistribusikan biaya utilitas secara adil. Berikut ini langkah-langkah untuk melakukannya:

  • Pilih basis alokasi yang tepat, seperti luas ruangan, jumlah karyawan, atau jam operasi, untuk mengalokasikan biaya utilitas ke departemen atau area tertentu.
  • Hitung total biaya utilitas keseluruhan menggunakan metode konsumsi aktual atau metode anggaran.
  • Alokasikan biaya total utilitas ke departemen atau area tertentu berdasarkan basis alokasi yang dipilih.

Recent Posts

Rekonsiliasi Bank Otomatis Pada Accurate Online

Rekonsiliasi bank otomatis adalah proses penting dalam akuntansi yang bertujuan untuk memastikan kesesuaian antara catatan keuangan perusahaan dengan laporan bank.…

15 Juli 2024

Jenis-Jenis Varians Anggaran dan Penyebabnya

Varians anggaran adalah perbedaan antara biaya atau pendapatan yang dianggarkan (direncanakan) dengan biaya atau pendapatan yang sebenarnya terjadi dalam proses…

14 Juli 2024

Cara Mengelola Work in Progress (WIP) secara Efektif

Work in Progress (WIP) adalah istilah yang digunakan dalam akuntansi dan manajemen produksi untuk menggambarkan barang-barang yang sedang dalam proses…

13 Juli 2024

Faktur Penjualan adalah: Pengertian, Contoh dan Membuatnya

Faktur penjualan, atau sering disebut invoice, adalah dokumen penting dalam transaksi bisnis. Faktur ini berfungsi sebagai bukti transaksi, alat pelacakan…

12 Juli 2024

Cara Login dan Lapor di Website eFaktur Pajak.go.id

Sebagai perusahaan yang taat pajak, tentunya Anda akan mempelajari banyak hal tentang perpajakan di Indonesia, salah satunya ialah tentang Web…

12 Juli 2024

Mengatasi Accurate Tidak Terhubung dengan License Manager

Accurate License Manager (ALM) adalah komponen penting dalam perangkat lunak Accurate yang berfungsi sebagai server untuk mengelola lisensi dan memastikan…

12 Juli 2024