Arti Quarter (Q1, Q2, Q3, Q4) Pada Kalender

Arti Quarter (Q1, Q2, Q3, Q4) Pada Kalender

Arti Quarter (Q1, Q2, Q3, Q4) Pada Kalender

Arti Quarter

Quarter adalah periode tiga bulan pada kalender keuangan perusahaan yang bertindak sebagai dasar untuk laporan keuangan berkala dan pembayaran dividen. Quarter mengacu pada Quarter tahun dan biasanya dinyatakan sebagai Q1 untuk kuartal pertama, Q2 untuk kuartal kedua, dan seterusnya. Misalnya, kuartal sering ditampilkan dengan tahun yang relevan, seperti pada Q1 2021 atau Q121, yang mewakili kuartal pertama tahun 2021.

Apa itu Quarter?

Sebagian besar pelaporan keuangan dan pembayaran dividen dilakukan setiap tiga bulan. Tidak semua perusahaan akan memiliki kuartal fiskal yang sesuai dengan kuartal kalender dan biasanya perusahaan menutup kuartal keempat setelah waktu tersibuk dalam setahun. Dividen juga sering dibayarkan setiap tiga bulan meskipun banyak perusahaan di luar AS mungkin tidak membayar dividen secara merata.

Pembukuan Lebih Lancar Dengan Accurate Accounting Software

Perusahaan memiliki dua periode akuntansi utama kuartal fiskal dan tahun fiskal (TA). Tahun fiskal untuk sebagian besar perusahaan berlangsung dari 1 Januari hingga 31 Desember (meskipun tidak harus). Kuartal kalender standar yang membentuk tahun adalah sebagai berikut:

Januari, Februari, dan Maret (Q1)
April, Mei, dan Juni (Q2)
Juli, Agustus, dan September (Q3)
Oktober, November, dan Desember (Q4)

Beberapa perusahaan memiliki tahun fiskal yang mengikuti tanggal yang berbeda. Tahun fiskal Costco Wholesale Corporation dimulai pada bulan September dan berakhir pada bulan Agustus berikutnya. Dengan demikian, kuartal keempat fiskalnya mencakup Juni, Juli, dan Agustus

Kuartal fiskal untuk perusahaan akan bertepatan dengan tahun fiskal (TA).

Sudah Punya Accurate Software? Training Accurate Untuk Implementasi Lebih Efektif

Perusahaan, investor, dan analis menggunakan data dari berbagai tempat untuk membuat perbandingan dan mengevaluasi tren. Misalnya, laporan kuartalan perusahaan biasanya dibandingkan dengan kuartal yang sama tahun sebelumnya. Banyak perusahaan bersifat musiman yang akan membuat perbandingan kuartal berurutan menyesatkan.

Sebuah perusahaan ritel dapat memperoleh setengah keuntungan tahunannya pada kuartal keempat sementara perusahaan konstruksi melakukan sebagian besar bisnisnya dalam tiga kuartal pertama. Dalam situasi ini, membandingkan hasil kuartal pertama untuk department store dengan kinerjanya selama kuartal keempat akan menunjukkan penurunan penjualan yang mengkhawatirkan.

Mengevaluasi perusahaan musiman selama kuartal lambat bisa mencerahkan. Masuk akal untuk mengasumsikan bahwa jika penjualan dan laba tumbuh di luar kuartal jika dibandingkan dengan kuartal yang sama di tahun-tahun sebelumnya, kekuatan intrinsik perusahaan juga meningkat.

Misalnya, dealer mobil biasanya memiliki kuartal pertama yang lambat dan jarang melakukan program penjualan insentif di bulan Februari dan Maret. Jadi, jika dealer mobil melihat peningkatan penjualan yang signifikan pada kuartal pertama, tahun ini dibandingkan dengan tahun lalu, hal itu mungkin menunjukkan potensi penjualan yang sangat kuat di kuartal kedua dan ketiga juga.

Jenis Laporan Kuartalan

Laporan pendapatan triwulanan penting bagi perusahaan publik dan investor mereka. Setiap rilis berpotensi mempengaruhi nilai saham perusahaan. Jika sebuah perusahaan memiliki kuartal yang baik, nilai sahamnya dapat meningkat. Jika perusahaan memiliki kuartal yang buruk, nilai sahamnya bisa turun drastis.

Semua perusahaan publik di A.S. harus mengajukan laporan triwulanan, yang dikenal sebagai Formulir 10-Q, kepada Securities and Exchange Commission (SEC) pada akhir tiga kuartal fiskal pertama mereka. Setiap 10-Q mencakup laporan keuangan yang tidak diaudit dan informasi operasi untuk tiga bulan sebelumnya (kuartal).

Perusahaan publik juga harus mengajukan laporan tahunan, yang dikenal sebagai Formulir 10K. Laporan tahunan seringkali menyertakan informasi yang lebih rinci daripada laporan triwulanan termasuk pernyataan audit, presentasi, dan pengungkapan tambahan.

Laporan pendapatan kuartalan sering kali menyertakan “panduan” berwawasan ke depan untuk apa yang diharapkan manajemen dari beberapa kuartal berikutnya atau hingga akhir tahun. Estimasi ini digunakan oleh para analis dan investor untuk mengembangkan ekspektasi kinerja mereka selama beberapa kuartal ke depan.

Estimasi dan panduan yang diberikan oleh analis dan manajemen dapat berdampak besar pada saham setiap tiga bulan. Jika manajemen mengeluarkan panduan untuk kuartal berikutnya yang lebih buruk dari yang diharapkan, harga saham akan turun. Demikian pula, jika manajemen mengeluarkan panduan atau seorang analis meningkatkan estimasi independen mereka saham dapat meningkat secara signifikan.



Baca juga: Training Accurate Resmi #1 di Indonesia

Bagikan ke:

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram

Arti Quarter (Q1, Q2, Q3, Q4) Pada Kalender