X

Software Retail Terbaik di Indonesia

Software Retail Terbaik di Indonesia


Perangkat lunak manajemen ritel, atau biasa disebut sebagai Perangkat Lunak ERP Ritel (Software Retail) adalah paket perangkat lunak yang dirancang untuk menyederhanakan operasi ritel umum, mulai dari pembelian barang, pengelolaan inventaris, pengelolaan pesanan pelanggan hingga pengembalian barang. Sudah ada banyak vendor perangkat lunak di Indonesia yang menawarkan solusi otomatis untuk perusahaan, tetapi hanya sedikit yang menawarkan solusi ritel ujung ke ujung. Di bawah ini adalah lima perangkat lunak ritel yang harus Anda pertimbangkan.

5 Software Retail Terbaik Versi Hashmicro.com

  1. SAP
    SAP menawarkan pengecer di Indonesia solusi otomatisasi lengkap untuk operasi mereka. Beberapa retailer yang sudah menggunakan SAP adalah Juice United, Beyond, Eiger, dan Zalora. Solusi yang ditawarkan SAP meliputi manajemen pelaporan pemasaran dan penjualan, pengembangan dan desain produk, serta omnichannel. Beberapa fitur yang dapat dinikmati pengecer meliputi:

    Manajemen data induk
    Perencanaan produk
    Promosi penjualan
    Penjualan konsinyasi
    Pembelian konsinyasi
    Manajemen pembayaran
    Pengisian kembali persediaan
    Sinkronisasi data
    Membuat laporan
  1. Ukirama
    Ukirama ERP adalah salah satu alternatif terbaik untuk dipertimbangkan jika Anda memiliki bisnis retail konsinyasi. Beberapa retailer yang telah mengadopsinya adalah Camel Active, Byford, Pierre Cardin, dan Beverly Hills Polo Club. Beberapa komponen perangkat lunak ERP meliputi:

    Manajemen beberapa gudang
    Multi mata uang
    Departemen Akuntansi
    Manajemen persetujuan
    Membuat laporan
    Pernyataan pembayaran
  1. ERP Ritel EQUIP
    EQUIP, salah satu software ERP terbaik dari Singapura, telah hadir di Indonesia dengan menawarkan solusi manajemen retail terlengkap. Digunakan oleh berbagai retailer ternama di Indonesia seperti Face Shop, Masari Group, Herms, Under Armour, Copia dan masih banyak lagi, EQUIP Retail ERP memberikan kemudahan bagi pemilik bisnis retail dalam mengelola beberapa cabang atau gudang yang berada di lokasi yang berbeda. ERP Ritel EQUIP terdiri dari modul terintegrasi yang dirancang untuk menyederhanakan proses bisnis ritel seperti sistem POS, sistem manajemen inventaris, sistem pembelian, sistem manajemen gudang, dan otomatisasi pemasaran.
  1. Turboly
    Turboly adalah opsi sistem ERP lain yang harus Anda pertimbangkan, terutama jika Anda memiliki bisnis ritel kecil hingga menengah. Ini digunakan di Toko Buku TM ritel, Nature Republic dan Keeve Shoes.
  2. Deskera
    Deskera berkantor pusat di Singapura dan kini hadir di Indonesia, membantu mengembangkan berbagai bisnis, termasuk ritel. Deskera menawarkan rangkaian ERP lengkap untuk pengecer di Indonesia yang mencakup pembelian, penjualan, keuangan, inventaris, dan rantai pasokan.

    Beberapa komponen ERP Deskera meliputi:
    Perencanaan ritel
    Operasi toko
    Manajemen persediaan
    Manajemen SCM
    Perkiraan permintaan
    Manajemen pemasok
    Manajemen klien
    Manajemen keuangan
    Manajemen basis data

Cara Memilih Software Retail Terbaik

Menemukan perangkat lunak manajemen ritel yang tepat untuk bisnis Anda tidak mungkin dilakukan dalam semalam. Anda harus melalui serangkaian penelitian dan refleksi. Untuk mempermudah pencarian Anda, berikut beberapa tipsnya:

Ketahui Kebutuhan Bisnis

Buat rincian semua kebutuhan bisnis Anda. Libatkan seluruh tim Anda untuk mengetahui kebutuhan setiap departemen dan cabang. Cari tahu fitur apa yang Anda butuhkan dari perangkat lunak manajemen ritel.

Siapkan Anggaran dan Analisa Harga

Tentukan anggaran yang Anda perlukan untuk berinvestasi dalam perangkat lunak manajemen ritel dan temui beberapa vendor dengan penawaran yang hanya sesuai dengan anggaran Anda.

Konsultasikan Dengan Ahli Perangkat Lunak

Jika Anda tidak yakin tentang memilih vendor, maka langkah efektif yang dapat Anda ambil adalah berbicara langsung dengan spesialis perangkat lunak. Apakah aplikasi retail management yang dimaksud sesuai dengan kebutuhan Anda? Apakah sistemnya cukup fleksibel dan mudah diatur? Dukungan seperti apa yang Anda dapatkan saat menggunakan sistem?