Szeto Accurate Consultants

Surat Lamaran Kerja, Berikut Cara Buat dan Contoh yang Benar!

Surat Lamaran Kerja, Berikut Cara Buat dan Contoh yang Benar!

Surat Lamaran Kerja, Berikut Cara Buat dan Contoh yang Benar!

Setiap orang pasti ingin memiliki kehidupan yang layak dan juga mapan, untuk meraih hal tersebut salah satu caranya ialah dengan bekerja. Pekerjaan apapun, asal sesuai dengan minat dan bakat Anda. Namun sebelum mendapatkan pekerjaan, Anda perlu melakukan beberapa tahap seperti mencari tahu informasi pekerjaan melalui berbagai media, buat surat lamaran kerja, interview dengan HRD, melakukan training selama waktu tertentu dan baru Anda bisa bekerja dan menjadi bagian dari suatu perusahaan/bisnis.

Surat lamaran penting untuk disertakan saat Anda mengirimkan resume untuk suatu pekerjaan. Jenis surat ini memungkinkan Anda untuk menguraikan kualifikasi Anda dan menjelaskan mengapa Anda menginginkan posisi tersebut. Surat lamaran yang ditulis dengan baik dapat menginspirasi manajer perekrutan untuk menghubungi Anda untuk wawancara, mendorong Anda maju dalam proses aplikasi. Pada artikel ini, kami membagikan langkah-langkah untuk menulis surat lamaran beserta template dan contoh untuk Anda gunakan saat menulis lamaran kerja Anda sendiri.

Apa itu Surat Lamaran Kerja?

Surat lamaran kerja (application letter) adalah dokumen yang menyertai resume Anda saat Anda melamar pekerjaan. Surat ini memperluas informasi yang telah Anda catat di resume Anda. Ini memberi Anda kesempatan yang kuat untuk menekankan kualifikasi Anda yang paling relevan dan menjelaskan mengapa Anda yakin bahwa Anda adalah kandidat terbaik untuk pekerjaan itu.

Meskipun Anda tidak selalu diharuskan untuk menyertakan surat lamaran dengan resume Anda, itu selalu merupakan ide yang baik untuk melakukannya. Dokumen ini memungkinkan Anda untuk menyajikan argumen persuasif mengapa Anda layak wawancara kerja.

Surat lamaran Anda juga dapat membantu menjelaskan resume Anda lebih lanjut, seperti kesenjangan yang panjang dalam pekerjaan atau penurunan pangkat yang nyata. Sementara resume terbatas pada format ringkas, surat lamaran Anda menyediakan ruang untuk elaborasi. Gunakan surat lamaran secara maksimal untuk meningkatkan peluang Anda untuk maju dalam proses perekrutan.

Cara Menulis Application Letter

Ikuti langkah-langkah ini untuk membuat surat lamaran yang menarik:

  1. Teliti perusahaan dan lowongan pekerjaan
    Teliti secara menyeluruh perusahaan tempat Anda melamar dan spesifikasi posisi terbuka. Semakin banyak Anda tahu tentang pekerjaan itu, semakin baik Anda dapat menyesuaikan surat lamaran Anda. Cari detail seperti:
  2. Penghargaan terbaru yang diterima perusahaan
    Pencapaian atau pembeda utama yang membedakan bisnis ini dari pesaing
    Sertifikasi, keterampilan, atau pengetahuan khusus yang diperlukan atau berguna untuk pekerjaan itu
    Ukuran perusahaan
    budaya perusahaan
    Proyek amal yang melibatkan perusahaan
    Nama dan jabatan manajer perekrutan
    Gunakan format profesional
    Surat ini harus mengikuti format profesional dan menyertakan nama Anda, informasi kontak Anda, tanggal dan informasi perusahaan. Mulailah dengan salam profesional, seperti “X yang terhormat,” dan panggil manajer perekrutan dengan nama jika memungkinkan. Jika penelitian menyeluruh tidak menghasilkan nama manajer perekrutan, Anda dapat menggunakan “Manajer Perekrutan [Departemen] yang terhormat,” untuk menghubungi penerima Anda.
  3. Sebutkan posisi yang Anda lamar
    Buka surat dengan pernyataan yang jelas tentang posisi yang Anda lamar. Sebutkan nama perusahaan. Anda mungkin ingin menentukan di mana Anda melihat posting pekerjaan. Jika Anda dirujuk oleh seseorang di perusahaan, pastikan untuk mencantumkan nama dan posisinya.
  4. Jelaskan mengapa Anda paling cocok untuk pekerjaan itu
    Dalam satu atau dua kalimat yang berdampak, jelaskan mengapa Anda paling cocok untuk lowongan pekerjaan ini. Berikan detail yang jelas tentang pengalaman, keterampilan, pendidikan, atau sertifikasi Anda.
  5. Ringkas kualifikasi Anda
    Sebutkan kualifikasi teratas yang membuat Anda cocok untuk pekerjaan itu. Berikan ringkasan singkat tentang latar belakang Anda yang menyoroti poin terpenting dari resume Anda. Pertimbangkan apa yang Anda ingin manajer perekrutan tahu terlebih dahulu. Pembaca kemungkinan akan membaca application letter Anda sebelum meninjau aplikasi Anda, jadi ini adalah kesempatan Anda untuk membuat argumen yang meyakinkan mengapa pembaca harus meninjau resume Anda.
  6. Sebutkan mengapa Anda menginginkan pekerjaan itu
    Sertakan pernyataan pribadi tentang mengapa Anda menginginkan posisi ini. Anda telah menjelaskan mengapa perusahaan menginginkan Anda. Bagian ini merinci mengapa Anda memilih perusahaan ini dan apa yang paling menggairahkan Anda tentang peluang kerja ini.
  7. Sertakan penutupan profesional
    Terima kasih kepada pembaca untuk meninjau surat Anda, referensi resume Anda dan dokumen terlampir lainnya dan menawarkan untuk memberikan informasi tambahan yang diperlukan. Sebutkan bahwa Anda menantikan langkah selanjutnya dalam proses perekrutan dan akhiri dengan “Hormat kami,” sebagai penutup.
Baca juga:   Cara Hapus Email Sekaligus di Gmail

Templat Surat-Lamaran Kerja

[Nama Anda]
[Alamat Anda]
[Kota, Negara Bagian, dan Kode Pos Anda]

[Tanggal]

[Nama manajer perekrutan]
[Jabatan manajer perekrutan]
[Nama perusahaan]
[Alamat perusahaan]
[Kota, negara bagian, dan kode pos perusahaan]

Yang terhormat [Nama manajer perekrutan],

Saya menulis untuk menyatakan minat saya pada posisi [jabatan] di [perusahaan]. [Jelaskan bagaimana Anda mendengar tentang pekerjaan itu dan sebutkan kontak Anda jika Anda dirujuk oleh seseorang di dalam perusahaan.] Saya yakin [keterampilan dan kualifikasi] saya membuat saya cocok untuk pekerjaan ini.*

[Gunakan paragraf kedua untuk menjelaskan bagaimana Anda akan membantu perusahaan. Referensikan kampanye atau proyek tertentu jika memungkinkan.]

[Gunakan paragraf ketiga untuk meringkas kualifikasi utama Anda. Uraikan pencapaian terpenting Anda dan sertakan detail yang tidak dapat Anda berikan dalam format resume Anda yang lebih ringkas.]

[Gunakan paragraf keempat untuk menjelaskan secara singkat mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan ini. Sebutkan dokumen tambahan yang disertakan dengan surat lamaran Anda, dan ungkapkan kegembiraan Anda tentang bergerak maju dalam proses perekrutan]

Hormat kami,
[Nama Anda]

Contoh Surat Lamaran Kerja

Memang, ketika menulis surat dengan pernyataan tentang mempekerjakan pekerjaan, orang hampir dapat mengatakan bahwa tidak ada aturan tertentu, bahkan kadang -kadang ada beberapa agensi yang memiliki format aplikasi sendiri untuk mempekerjakan. Namun, sebagai suatu peraturan, ketika menulis surat tentang perekrutan, perlu untuk mengambil beberapa langkah, yaitu:

Baca juga:   Akuntansi Manajemen Adalah : Pengertian, Tujuan, Fungsi Pokok

1. Gunakan bahasa yang baik dan benar
2. Jelaskan siapa Anda

Contoh-Surat Lamaran Kerja Fresh Graduate

Jakarta, 12 Mei 2022

Hal : lamaran pekerjaan
Kepada Yth.
Bpk / Ibu Personalia
Jl. Cempaka Tengah No. 13
Jakarta

Dengan hormat,

Sesuai dengan informasi adanya lowongan pekerjaan dari PT. Blemcoss yang saya dapatkan dari harian Merdeka pada tanggal 15 Januari 2018. Saya bermaksud untuk melamar pekerjaan dan bergabung ke dalam perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin. Adapun bagian pekerjaan yang saya maksudkan adalah bagian Marketing dengan kode (MG) di perusahaan PT. Blemcoss.

Berikut ini adalah data singkat saya :

Nama : Ida Farida
Tempat / tgl. Lahir : Pekalongan/ 31 Januari 1991
Pendidikan Terakhir : S1
Alamat : Jl. Vila Terusan No.121, Jakarta Selatan
Telepon (HP) : 081567527537
Status : Lajang

Dan saat ini saya dalam keadaan yang sehat dan dapat berbahasa Inggris dengan fasih. Kejujuran selalu saya utamakan dan latar belakang pendidikan saya sangat memuaskan, dan saya juga dapat mengoperasikan komputer baik itu Lotus Spreedsheet, MS Office Word, Excell, Access dan beberapa macam software perkantoran lainnya.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :

1. Daftar Riwayat Hidup
2. Foto copy ijazah S1
3. Foto copy transkrip nilai
4. Foto copy sertifikat kursus dan pelatihan
5. Pas photo yang terbaru

Kesempatan wawancara dari Bapak / Ibu Personalia sangat saya harapkan agar saya dapat menjelaskan lebih rinci tentang potensi dan kemampuan saya untuk perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin.
Demikian surat lamaran ini, Saya ucapkan terima kasih atas perhatian Bapak / Ibu personalia.

Hormat saya
Ida Farida

Contoh-Surat Lamaran Kerja PT / Pabrik

Medan, 10 Mei 2022

Perihal: Lamaran Pekerjaan

Yth.
HRD Manager PT Sedia Grup
Jl. Raya Panjang No. 9, Medan

Dengan Hormat,

Berdasarkan iklan lowongan pekerjaan di Harian Medan edisi 5 Januari 2022 dengan posisi Marketing, melalui surat ini saya bermaksud melamar pekerjaan di PT Sedia Grup dengan posisi tersebut.

Berikut biodata singkat saya:

Nama: Jajang Rachmat
Tempat/Tanggal Lahir: Jakarta, 6 Februari 1995
Jenis Kelamin: Laki-laki
Alamat: Jln. Karet Pasar Baru Barat III
Pendidikan Terakhir: S-1 akuntansi, Widyatama
Email: Jajangrachmat@gmail.com
Nomor HP: 082334000001

Saya memiliki kemampuan komunikasi yang baik, berbahasa Inggris aktif, siap bekerja sesuai target, dan dapat bekerja secara mandiri maupun tim. Saat ini, saya juga dalam kondisi sehat jasmani dan rohani.

Sebagai bahan pertimbangan, berikut beberapa dokumen pendukung lainnya:

Daftar Riwayat Hidup
Fotokopi KTP
Fotokopi Ijazah
SKCK
Fotokopi Surat Pengalaman Kerja
Pas Foto ukuran 3 x 4
Demikian surat lamaran ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Saya berharap mendapat kesempatan untuk wawancara supaya dapat menjelaskan lebih lengkap mengenai kemampuan yang saya miliki.

Atas perhatiannya, saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya,

Jajang Rachmat

Contoh-Surat Lamaran Kerja BUMN

Jakarta, 19 Mei 2022

Kepada Yth.
HRD PT Pertamina, Persero
Jakarta

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi yang saya terima melalui bursa kerja yang diadakan oleh Bursakerja Jakarta pada tanggal 19-20 desember 2019. melalui surat ini, saya bermaksud untuk mengajukan lamaran untuk bekerja di PT. Pertamina, Persero, Jakarta sebagai customer service officer (CSO).

Berikut ini saya lampirkan data singkat tentang diri saya :

Nama : Maman Abdulrahman
Tempat, Tgl. lahir : Pekalongan, 30 Desember 1994
Pendidikan Akhir : Sarjana Teknik Mesin, Universitas Sam Ratulangi, Manado
Alamat : Jl. Fatmawati No 69 Jakarta Selatan
No Hp : 085687654321
E-mail : mmabdrhm@gmail.com

Saat ini, saya mempunyai kondisi kesehatan yang baik, berpenampilan menarik dan juga mampu membangun komunikasi dengan baik. saya juga mampu berbahasa inggris dengan baik secara lisan maupun juga secara tulisan, dan saya juga mampu bekerja menggunakan aplikasi komputer seperti Ms. office, word, excel, Powerpoint dan internet.

sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :

1.pasfoto terbaru

2.curriculum vitae (CV)

3.fotocopy ijazah S-1

4.fotocopy surat pengalaman kerja

5.fotocopy sertifikat kursus/pelatihan

saya berharap bapak/ibu bersedia untuk memberikan saya kesempatan tes dan wawancara, sehingga saya bisa menjelaskan lebih rinci tentang potensi yang saya miliki.

demikian surat lamaran ini yang saya buat, atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

Hormat saya

Maman Abdulrahman

Contoh-Surat Lamaran Kerja di Bank

Jakarta, 22 Juni 2022

Perihal: Lamaran Pekerjaan

Yth. Manager HRD Bank CBD
di tempat

Berdasarkan informasi lowongan pekerjaan di situs Bank CBD (CBDbankcareer.net), dengan ini saya bermaksud melamar sebagai Technical Analyst – IT Onboarding & Servicing.

Saat ini, saya bekerja di Bank ABC dengan posisi serupa dengan pengalaman selama tiga tahun. Selain itu, saya juga memiliki pemahaman yang baik terkait teknologi dan pemrograman.

Adapun data profil pribadi saya sebagai berikut:

Nama: Muhammad Ridwan
Tempat/tgl Lahir: Bandung, 3 Maret 1992
Pendidikan Terakhir: Sarjana Ilmu Komputer UI
Nomor Telepon: 089515712476
Bersama surat ini, terlampir juga salinan sejumlah dokumen untuk melengkapi persyaratan administratif:

Fotokopi ijazah
Fotokopi transkrip nilai
Curriculum Vitae
Fotokopi SKCK dan KTP
Surat Pengalaman Kerja
Pas foto terbaru ukuran 4×6
Demikian surat lamaran ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Saya berharap mendapat kesempatan untuk wawancara supaya dapat menjelaskan lebih lengkap mengenai kemampuan yang saya miliki.

Atas perhatiannya, saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya,

Muhammad Ridwan

Sumber:

Baca juga:   Apa itu Wapu Dalam Pajak dan Siapa Saja Wapu?

30+ Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Benar [Template Gratis] (gramedia.com)

Apakah Anda Menikmati Artikel Ini?
Daftar hari ini dan dapatkan pembaruan gratis langsung di kotak masuk Anda. Kami tidak akan pernah membagikan atau menjual alamat email Anda.

Bagikan ke:

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram
Aditia Novit
Aditia Novit
Ingin banyak belajar dan berbagi ilmu pengetahuan dan tutorial seputar akuntansi dan bisnis untuk Anda.