Biaya Produksi adalah : Apa Itu dan Bagaimana Menghitungnya?

Biaya Produksi adalah : Apa Itu dan Bagaimana Menghitungnya?

Biaya Produksi adalah : Apa Itu dan Bagaimana Menghitungnya?

Biaya Produksi adalah Apa Itu dan Bagaimana Menghitungnya

Apa itu biaya produksi? Biaya produksi (Production Costs) merupakan semua biaya langsung dan tidak langsung yang dihadapi oleh bisnis dalam memproduksi suatu produk atau menyediakan layanan. Production Costs dapat mencakup berbagai biaya seperti tenaga kerja, bahan baku, bahan habis pakai, dan overhead umum.

Pengertian Biaya Produksi

Pengertian Biaya Produksi

Pembukuan Lebih Lancar Dengan Accurate Accounting Software

Biaya produksi adalah biaya produk yanng dikeluarkan oleh bisnis ketika menghasilkan produk atau menyediakan layanan. Biaya ini termasuk biaya lain-lain. Misalnya, produsen memiliki Production Costs yang terkait dengan bahan baku dan tenaga kerja yang dibutuhkan untuk membuat produk. Industri jasa menanggung Production Costs yang terkait dengan tenaga kerja yang diperlukan untuk menyediakan layanan dan biaya apa pun untuk bahan yang digunakan untuk menyediakan layanan.

Pajak atau royalti pemerintah yang terutang kepada perusahaan sumber daya alam juga diperlakukan sebagai Production Costs. Setelah produk siap, perusahaan mencatat biaya produk sebagai aset dalam laporan keuangannya sampai produk tersebut dijual. Akuntansi barang jadi sebagai aset berfungsi untuk memenuhi persyaratan pelaporan perusahaan dan menginformasikan pemegang saham.

Untuk memenuhi syarat sebagai biaya operasi, biaya tersebut harus berhubungan langsung dengan menghasilkan pendapatan bagi perusahaan.

Total biaya produk dapat ditentukan dengan menambahkan total biaya langsung bahan dan tenaga kerja, ditambah total overhead manufaktur. Data seperti biaya per unit dapat membantu bisnis menetapkan harga jual yang sesuai untuk produk jadi.

Sudah Punya Accurate Software? Training Accurate Untuk Implementasi Lebih Efektif

Untuk mendapatkan biaya per unit, Production Costs dibagi dengan jumlah unit yang diproduksi selama periode yang dicakup oleh biaya tersebut. Untuk mencapai titik impas, harga jual harus menutupi biaya per unit. Harga yang melebihi biaya satuan menghasilkan keuntungan, sedangkan harga yang berada di bawah biaya satuan mengakibatkan kerugian.

Jenis Production Costs

Produksi melibatkan biaya tetap dan biaya variabel. Misalnya, biaya tetap produksi mobil akan mencakup peralatan serta upah pekerja. Ketika tingkat produksi meningkat, biaya tetap tetap konstan.

Biaya variabel meningkat atau menurun seiring dengan perubahan volume produksi. Biaya utilitas adalah contoh utama dari biaya variabel, karena lebih banyak energi biasanya diperlukan saat produksi meningkat.

Production Costs marjinal mengacu pada total Production Costs satu unit tambahan output. Dalam teori ekonomi, perusahaan akan terus meningkatkan produksi suatu barang sampai Production Costs marjinalnya sama dengan produk marjinalnya (pendapatan marjinal). Ini, pada gilirannya, akan cenderung menyamai harga jualnya.

Cara Menentukan Production Costs

Agar biaya memenuhi syarat sebagai Production Costs, itu harus terkait langsung dengan menghasilkan pendapatan bagi perusahaan. Produsen mengeluarkan Production Costs yang terkait dengan bahan baku dan tenaga kerja yang dibutuhkan untuk membuat produk mereka. Industri jasa mengeluarkan Production Costs yang terkait dengan tenaga kerja yang dibutuhkan untuk menjual dan menyediakan jasa mereka. Royalti yang terutang kepada perusahaan sumber daya alam juga dianggap sebagai Production Costs, seperti juga pajak pemerintah.

Cara Menghitung Biaya Produksi

Cara Menghitung Biaya Produksi

Produksi menimbulkan cost langsung dan cost tidak langsung. Biaya langsung untuk memproduksi mobil, misalnya, akan menjadi bahan seperti plastik dan logam, serta upah pekerja. Biaya tidak langsung meliputi biaya overhead seperti sewa dan utilitas. Biaya total suatu produk dapat ditentukan dengan menjumlahkan total biaya langsung bahan dan tenaga kerja, serta total biaya overhead pabrik. Untuk menentukan biaya per unit suatu produk, bagilah jumlah ini dengan jumlah unit yang diproduksi selama periode yang tercakup oleh biaya tersebut.

Perbedaan Biaya Produksi dan Biaya Manufaktur

Perbedaan Biaya Produksi dan Biaya Manufaktur

Biaya produksi mengacu pada semua biaya yang terkait dengan menjalankan bisnis oleh perusahaan, sedangkan Production Costs hanya mewakili biaya yang diperlukan untuk menghasilkan suatu produk. Sementara Production Costs mencakup biaya langsung dan tidak langsung dalam menjalankan bisnis, Production Costs hanya mencerminkan biaya langsung.



Baca juga: Training Accurate Resmi #1 di Indonesia

Bagikan ke:

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram

Biaya Produksi adalah : Apa Itu dan Bagaimana Menghitungnya?