fbpx

Cara Menggunakan Accurate Online dan Accurate Desktop

Cara Menggunakan Accurate Online dan Accurate Desktop

Bagikan artikel ini:

Masih banyak pelaku usaha di Indonesia yang tidak melakukan pencatatan kegiatan usahanya dan ini merupakan kesalahan besar. Mungkin ini juga yang menyebabkan banyak pemilik usaha bangkrut dan membuat persentase pengusaha Indonesia relatif kecil dibandingkan negara lain, yaitu hanya sekitar 3,1%.

Bisnis dan akuntansi adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Dengan pembukuan yang detail dan benar tentunya perkembangan bisnis Anda akan lebih sistematis, karena Anda memiliki dasar perencanaan yang kuat yaitu laporan keuangan.

Cara Menggunakan Accurate

Accurate Online adalah solusi yang menyederhanakan pembukuan. Jika Anda dulu berpikir bahwa pembukuan manual memakan waktu dan sulit, dengan Accurate Online tidak ada lagi.

Cara Menggunakan Accurate Online

Cara Menggunakan Accurate Online

Jika Anda berpikir menggunakan Accurate Online akan sulit, Anda salah! Accurate Online adalah software akuntansi yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan pemilik bisnis yang biasanya tidak paham akuntansi. Tidak seperti software akuntansi lainnya, Accurate Online tidak hanya untuk staf keuangan atau akuntan, sehingga siapapun dapat dengan mudah menggunakan Accurate Online.

Seperti halnya perangkat lunak cloud atau SaaS lainnya, hal pertama yang Anda lakukan adalah mendaftar ke Accurate Online menggunakan email atau akun Facebook Anda. Jika sudah, Anda akan diminta untuk membuat database untuk akun Accurate Online Anda. Selesaikan langkah-langkah seperti di bawah ini:

Pembuatan basis data (database)

Jika Anda sudah selesai membuat akun Accurate Online, langkah selanjutnya adalah membuat database yang akan memuat semua data yang terkait dengan pembukuan dan transaksi bisnis Anda. Klik tanda plus untuk membuat database baru seperti gambar di bawah ini:

Baca juga:   Cara Membuat Komisi Penjual di Accurate Online

Anda kemudian dapat memasukkan nama database perusahaan Anda, warna latar belakang yang akan Anda gunakan, dan logo database. Setelah selesai, pilih tombol “Simpan”.

Anda telah berhasil membuat database kosong, langkah selanjutnya adalah mengisi data-data yang akan digunakan untuk akuntansi pada database ini. Klik database yang Anda buat.

Mengisi data dan pengaturan awal

Setelah Anda mengklik database, Anda akan dibawa ke pengaturan awal. Langkah ini menjadi dasar untuk menentukan seperti apa pembukuan bisnis Anda nantinya. Jangan khawatir, itu tidak akan memakan waktu lebih dari 10 menit.

  1. Informasi perusahaan
    Hal pertama yang perlu Anda isi adalah informasi perusahaan. Lengkapi semua bidang berdasarkan bukti jika Anda memilih untuk melanjutkan. Lihat contoh di bawah ini:Pada contoh di atas, tingkat distribusi perusahaan adalah produsen. Anda dapat memilih tingkat distribusi tergantung pada apakah Anda adalah produsen, distributor atau pengecer. Hal ini juga berlaku untuk pilihan bidang kegiatan.
  2. Fitur utama
    Berikut ini adalah fitur-fitur utamanya. Ini nantinya akan menentukan pengaturan mana yang dapat Anda gunakan pada akun Accurate Online Anda, tetapi jika Anda salah mengidentifikasi fitur inti atau kebutuhan bisnis Anda telah berubah dengan perkembangan bisnis dan memerlukan fitur lain, Anda dapat mengubah fitur yang Anda tentukan di masa mendatang. dari menu preferensi.
  3. Menu penjualan utama
    Anda kemudian akan beralih ke memilih kebutuhan Anda dari menu penjualan nanti. Ini akan menentukan fitur yang dapat Anda gunakan dari menu penjualan di akun Accurate Online Anda.
  4. Menu pembelian utama
    Kemudian Anda harus memilih fitur yang akan Anda terima di menu pembelian. Seperti pada kasus sebelumnya, langkah ini akan meminta Anda untuk mengisi kolom berdasarkan kebutuhan bisnis Anda saat ini.
  5. Menu inventaris utama
    Pada langkah ini, Anda akan memilih fitur dan metode yang Anda gunakan dalam manajemen inventaris. Seperti biasa, pilih sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda saat ini. Ada 2 metode perhitungan persediaan di Accurate Online yaitu FIFO dan Avarage, untuk mengetahui perbedaannya anda bisa membacanya di artikel ini.
  6. Kemampuan untuk mencatat pengeluaran menurut departemen dan proyek
    Pada titik ini, Anda dapat memilih untuk mencatat semua pengeluaran dengan beberapa departemen dan proyek atau tidak. Ini biasanya dipilih jika bisnis Anda berukuran sedang hingga besar, memiliki banyak departemen dan menangani banyak proyek dengan anggaran berbeda.
  7. Pengaturan penyelesaian akun
    Accurate Online memerlukan akun perkiraan untuk menyimpan uang tunai, pendapatan, inventaris, pengeluaran, pengeluaran, dll. Jika Anda tidak memahami cara menentukan daftar akun perkiraan untuk perusahaan Anda, Accurate dapat secara otomatis membuat daftar akun perkiraan yang biasa digunakan oleh kebanyakan perusahaan. Jika Anda memilih “Selesai”.
Baca juga:   Cara Membuat Penomoran di Accurate Online

Menyiapkan data perusahaan

Setelah Anda berhasil menyelesaikan semua ini, berarti Anda telah menyiapkan fitur-fitur yang diperlukan dan cocok untuk bisnis Anda.

Langkah selanjutnya adalah menyiapkan data awal tentang perusahaan. Contohnya adalah data pelanggan, inventaris, atau vendor jika Anda memiliki vendor. contohnya seperti gambar dibawah ini :

  • Uang tunai dan bank
    Opsi ini untuk menyiapkan informasi kas dan perbankan perusahaan Anda beserta saldo yang dimasukkan satu per satu melalui menu ini. Anda juga dapat memasukkannya melalui menu utama “General Ledger – Settlement Account”.
  • Pemasok, pembeli dan barang/jasa
    Anda dapat menambahkan vendor, pelanggan, dan produk/layanan secara manual dan satu per satu dengan mengklik impor “Buat Pemasok”, “Buat Pelanggan” dan “Buat Produk dan Layanan” seperti yang ditunjukkan di atas. Atau Anda dapat mengunduh semua data melalui file Excel sesuai format yang ditetapkan oleh Accurate Online dengan memilih opsi “Impor Pemasok”, “Impor Pelanggan” dan “Impor Produk dan Layanan”.
Baca juga:   Cara Mengatur Hak Akses Grup di Accurate Online

Persiapkan hal-hal berikut sebelum proses import:

  1. File dengan daftar pemasok harus dalam format Microsoft Excel (*.xls, *.xlsx)
  2. Accurate mengasumsikan bahwa baris pertama data adalah header kolom, data baris pertama tidak akan diimpor.
  3. Gunakan karakter titik (.) untuk pemisah desimal dan format tanggal hh/mm/tttt (contoh: 15/04/2014)
    Untuk data kolom mata uang, isikan sesuai dengan kode mata uang. contoh: IDR, USD, SGD
  4. Accurate Online hanya memproses 10.000 baris pertama dari file Excel yang diunggah.
    Untuk melihat contoh file template yang bisa di download, anda bisa mendownloadnya disini.
  5. Jika sudah siap, Anda dapat mencentang opsi yang kami pahami dan selesaikan, lalu klik Tutup. Dan Anda siap untuk mencatat semua transaksi dan mengelola pembukuan bisnis Anda dengan mudah.

Cara Menggunakan Accurate 5 Desktop

Cara Menggunakan Accurate Desktop

Dan berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan Accurate 5 Desktop:

  1. Download dan Instal software Accurate 5 di komputer Anda.
  2. Pengaturan awal
  3. Buat daftar mata uang dan impor data yang akan digunakan seperti sertifikat keaslian, vendor, pelanggan, item, aset tetap.
  4. Pilih metode inventaris yang akan digunakan
  5. Accurate 5 Anda siap digunakan.

Jika masih ada masalah dalam menggunakan software Accurate, kami juga menyediakan layanan training accurate, yang dapat menyelesaikan semua masalah yang dimiliki pengguna.

Kenyamanan dan Kemudahan adalah suatu keharusan

Setelah Anda mengimpor data perusahaan Anda, Anda siap untuk menggunakan Accurate Online sesuai dengan fitur yang Anda pilih dan kebutuhan bisnis Anda. Merasa fitur tidak sesuai atau yang Anda butuhkan tidak ada? Anda dapat mengubahnya melalui menu “Pengaturan” dan kemudian pilih “Preferensi”.

Sederhanakan pembukuan dengan Accurate Online di mana saja, kapan saja. Lupakan pembukuan yang rumit, rawan kesalahan, dan memakan waktu, kesederhanaan adalah awal yang baik untuk bisnis apa pun.

Saatnya mengalihkan perhatian ke arah pertumbuhan bisnis Anda

Izinkan kami mempercepat dan mengotomatisasi proses akuntansi serta keuangan bisnis, memastikan Anda terus berkembang dengan keyakinan penuh.