May 16, 2021
Tips & tricks

Tips Mengelola Akuntansi Untuk Bisnis Kecil

mengelola akuntansi untuk bisnis kecil

Tips Mengelola Akuntansi Untuk Bisnis Kecil

Tips Mengelola Akuntansi Untuk Bisnis Kecil. Menciptakan bisnis, besar atau kecil tidaklah mudah. Ada proses akuntansi yang baik untuk bisnis kecil dan beberapa yang buruk. Manfaatkan proses akuntansi terbaik ini untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan akuntansi Anda, dan untuk menjaga pembukuan Anda di jalur yang benar untuk jangka panjang dan membuat pengembangan bisnis yang lebih baik.



1. Tentukan metode akuntansi

Ada dua metode akuntansi, yang masing-masing dapat menguntungkan tergantung pada sifat bisnis Anda.

Metode Akrual: Metode ini terdiri dari pencatatan transaksi pada buku segera setelah dilakukan. Demikian pula, bukti dan biaya dicatat pada saat dilaporkan atau saat faktur diterima.

Metode Kas: Metode kas adalah bentuk akuntansi sederhana. Dalam hal ini, Anda mencatat pendapatan saat uang tunai diterima. Demikian pula, Anda mencatat pengeluaran saat Anda ditagih.

Jika Anda menggunakan software akuntansi, Anda sering menggunakan metode akrual, misalnya Accurate Online. Jalankan online akurat dengan akuntansi berbasis akrual karena berguna untuk analisis arus kas, penyimpanan kredit, dan bahkan pengeluaran.

2. Transparan

Salah satu proses akuntansi utama terbaik adalah mengetahui cara membaca laporan keuangan. Mempelajari cara membaca dan memahami laporan keuangan dapat memberikan wawasan yang lebih dalam tentang posisi keuangan bisnis Anda pada waktu tertentu. Pada gilirannya, ini akan membantu Anda membuat keputusan bisnis yang lebih baik. Beberapa laporan keuangan yang perlu Anda ketahui adalah:

Laporan Arus Kas: meringkas arus kas Anda (baik ke dalam maupun ke luar) sebagai hasil dari aktivitas operasi, investasi, dan pendanaan perusahaan Anda.

Neraca: dokumen ini menyoroti total aset, kewajiban, dan modal perusahaan Anda, untuk periode tertentu. Biasanya dibuat triwulanan dan tahunan.

Laba & Rugi atau Laporan Pendapatan: dokumen ini menunjukkan pendapatan yang dihasilkan dan biaya yang dikeluarkan selama periode tertentu.

3. Lacak

Pada awalnya, melacak awal bisnis Anda tampak seperti tugas yang mudah. Namun seiring pertumbuhan bisnis Anda, Anda memerlukan lebih dari sekadar spreadsheet sederhana. Angka-angka yang kompleks, sulit, dan tidak pernah berakhir akan mengisi spreadsheet ini.

Accurate Online memungkinkan Anda menjadi ahli dalam proses akuntansi terbaik untuk bisnis kecil, seperti pelacakan, memahami metode akrual, dan membaca laporan, dalam waktu singkat.

Bagian terbaik tentang Accurate Online adalah tidak diperlukan entri manual. Cukup dengan menggunakan Accurate Online, Anda akan menarik semua transaksi Anda dan memproses semua proses akuntansi secara otomatis.

4. Menjaga keakuratan catatan Anda

Menyimpan catatan yang akurat dan terkini adalah proses akuntansi terbaik yang penting – terutama untuk pengembalian pajak Anda dan pengambilan keputusan bagi pemberi pinjaman atau investor untuk memutuskan apakah mereka harus berinvestasi dalam bisnis Anda.

Sistem seperti Accurate Online akan membuat seluruh proses akuntansi lebih mudah untuk menyimpan catatan dan laporan keuangan Anda dengan akurat. Accurate Online akan menghasilkan laporan dari entri Anda dan membuat kumpulan Bagan Akun yang tepat untuk Anda berdasarkan industri Anda

Hal ini tentunya akan membuat bisnis anda jadi lebih berkembang.



5. Batasi piutang

Konsekuensi risiko dari tidak memonitor piutang dagang tinggi. Sebagai bagian dari praktik dan proses akuntansi terbaik, batasi piutang Anda untuk memastikan bahwa Anda tidak meminjam uang jika tidak perlu.

 

6. Lakukan review bulanan atau mingguan

Meluangkan waktu untuk review bulanan adalah kunci terakhir untuk membangun dasar yang kokoh dalam akuntansi bisnis kecil Anda dan tentunya merupakan proses terbaik. Tinjauan akuntansi bulanan sudah cukup ketika menjalankan bisnis kecil Anda sendiri, tetapi semakin sering Anda meninjau tugas akuntansi bisnis kecil Anda, semakin sulit tugas tersebut dalam jangka panjang.

Dengan Accurate Online, pemilik bisnis kecil menghabiskan rata-rata 15-20 menit sebulan untuk meninjau transaksi bulanan mereka. Alih-alih harus duduk dan memasukkan semua faktur dan pengeluaran Anda setiap bulan, Accurate Online secara otomatis melacak semua ini untuk Anda menggunakan otomatisasi dan ringkasan data bisnis Anda.

 

Pembelian Software ACCURATE bisa langsung di web ini. Untuk informasi lebih lanjut atau mau tanya-tanya lebih detail lagi, yukk jangan sungkan hubungi kita bisa langsung kesini.

Jakarta 0813 1234 7228 (Jessica)

Surabaya 0812 1234 7228 (Sarah)

Bandung 0822 1999 7228 (Bara)

Facebook SAC

Instagram SAC

Youtube SAC

Baca juga

  1. Manfaat Pembukuan Bagi Usaha Anda
  2. Rekonsiliasi Bank Otomatis pada Accurate Online
  3. Faktur Penjualan Mendahului Pengiriman Barang
  4. Penomoran Pajak Accurate Online
  5. Produksi Sederhana Accurate Online
  6. Penyesuaian Stok Atas Selisih Pemindahan Barang
  7. Target Penjualan Accurate Online
  8. Laporan Keuangan Penting Accurate
  9. Komisi Salesman di Accurate Online
  10. Import Penjualan E-Commerce ke Accurate Online
  11. Mengubah Persediaan menjadi Aset Tetap
  12. Modifikasi Laporan Accurate Online
  13. PPh 23 Accurate Online
  14. Pentingnya Budgeting pada Keuangan Perusahaan
  15. Tutup Buku Accurate Online

 

Related posts

Pencatatan Transaksi Dengan Menggunakan Cek / Bilyet Giro

wengku

Penyesuaian Stok Atas Selisih Pemindahan Barang

wengku

Pencatatan Usaha Resto Accurate Online

wengku

Leave a Comment