fbpx

Apa itu Accounting Rate of Return dan Cara Menghitungnya

Bagikan artikel ini:

Pengertian Accounting Rate of Return

Accounting Rate of Return (ARR) atau Tingkat Pengembalian Akuntansi adalah metode evaluasi investasi yang digunakan untuk menilai profitabilitas suatu proyek atau investasi. ARR mengukur tingkat pengembalian suatu proyek berdasarkan keuntungan akuntansi yang dihasilkan dibandingkan dengan investasi awal yang dikeluarkan.

Para investor sering menggunakan konsep ini sebagai sarana untuk mengevaluasi dan memilih tempat di mana mereka akan mengalokasikan investasi mereka di berbagai aset. Dengan membandingkan tingkat pengembalian rata-rata dari berbagai opsi aset atau proyek investasi, investor dapat menilai potensi keuntungan yang mungkin dihasilkan oleh setiap pilihan.

Namun, perlu diingat bahwa hanya memperhatikan ARR tidaklah cukup untuk secara komprehensif mengevaluasi potensi investasi. Faktor-faktor seperti risiko, tingkat likuiditas, dan tujuan investasi yang bersangkutan juga harus mendapatkan pertimbangan serius dalam proses pengambilan keputusan investasi yang bijaksana.

Baca juga:   Apa Itu EFIN? EFIN Pajak adalah

Manfaat Accounting Rate of Return

Accounting Rate of Return memiliki beberapa manfaat penting dalam konteks keuangan dan investasi, antara lain yaitu:

1. Evaluasi kinerja investasi

Tingkat pengembalian akuntansi digunakan untuk mengevaluasi kinerja investasi atau proyek. Dengan menghitung tingkat pengembalian, investor atau manajer dapat melihat seberapa baik investasi mereka telah berperforma. Jika tingkat pengembalian tinggi, ini dapat diartikan sebagai hasil investasi yang baik, sementara tingkat pengembalian yang rendah dapat mengindikasikan kinerja yang kurang menguntungkan. Ini membantu dalam membuat keputusan investasi yang lebih informasional dan dapat digunakan sebagai alat perbandingan antara berbagai investasi atau proyek.

2. Pengambilan keputusan investasi

Tingkat pengembalian merupakan faktor penting dalam pengambilan keputusan investasi. Dalam menilai berbagai pilihan investasi, investor dapat membandingkan tingkat pengembalian yang diharapkan dari setiap opsi. Investasi dengan tingkat pengembalian yang lebih tinggi cenderung lebih menarik, tetapi investor juga perlu mempertimbangkan risiko yang terkait. Dengan demikian, Rate of Return membantu dalam menyeimbangkan antara potensi keuntungan dan risiko investasi.

Baca juga:   Rekonsiliasi Bank: Arti, Tujuan dan Prosedur Membuat Rekonsiliasi

3. Pengukuran efisiensi keuangan

Tingkat pengembalian akuntansi dapat digunakan untuk mengukur efisiensi keuangan suatu entitas atau proyek. Tingkat pengembalian yang tinggi dapat menunjukkan efisiensi dalam penggunaan sumber daya dan modal. Sebaliknya, tingkat pengembalian yang rendah dapat mengindikasikan adanya masalah dalam pengelolaan keuangan atau alokasi sumber daya yang tidak efisien. Ini memberikan informasi berharga kepada manajemen dan pemangku kepentingan tentang seberapa baik perusahaan atau proyek menghasilkan keuntungan relatif terhadap investasi yang telah dilakukan.

Cara Menghitung Accounting Rate of Return

Rumus untuk menghitung Accounting Rate of Return (ARR) adalah:

ARR = Keuntungan Akuntansi Rata-Rata / Investasi Awal

Di mana:

  • Keuntungan Akuntansi Rata-Rata adalah selisih antara pendapatan yang diharapkan dari proyek dan depresiasi selama periode proyek.
  • Investasi Awal adalah jumlah uang yang diinvestasikan pada proyek atau aset.
Baca juga:   4 Profesi Akuntansi di Indonesia dan Contoh Tugasnya!

Contoh Perhitungan Accounting Rate of Return

Contoh 1

Misalnya, anggaplah investasi menghasilkan: 10%, 15%, 10%, 5%, dan 10% setiap tahun selama lima tahun penuh. Untuk menghitung average rate of return dari investasi selama periode lima tahun ini, pengembalian lima tahunan ditambahkan bersama dan kemudian dibagi dengan 5. 

ARR = (10 + 15 + 10 + 5 + 10) / 5 = 10

Ini menghasilkan average rate of return tahunan sebesar 10%.

Contoh 2

Saham A untung 9.1% pada tahun 2018, rugi 28.6% pada tahun 2019, untung 12.8% pada tahun 2020, untung 42.9% pada tahun 2021, dan rugi 5.7% pada tahun 2022. Average rate of return A selama lima tahun tersebut adalah 

ARR = (9.1 – 28.6 + 12.8 + 42.9 – 5.7) / 5

= 6.1% 

Untuk memudahkan melakukan Accounting Rate of Return, Anda dapat menggunakan software akuntansi seperti Accurate Online. Jadi tunggu apalagi, gunakan Accurate Online untuk bisnis Anda sekarang juga dan rasakan berbagai manfaatnya! Jika ada pertanyaan, Anda dapat menghubungi customer service kami dengan klik chat whatsapp di bagian kanan atas laman ini. Anda juga dapat menjadwalkan demo dengan mengisi form ini.

Author :

Artikel Terkait

Saatnya mengalihkan perhatian ke arah pertumbuhan bisnis Anda

Izinkan kami mempercepat dan mengotomatisasi proses akuntansi serta keuangan bisnis, memastikan Anda terus berkembang dengan keyakinan penuh.