fbpx

Cara Mudah Belajar Software Accurate untuk Pemula

Belajar Accurate untuk Pemula Cara Cepat dan Terbaik

Bagikan artikel ini:

Sebelum kita menjelajahi bagaimana cara terbaik belajar Accurate untuk pemula secara mandiri, mari kita singgung sejenak tentang apa itu Accurate dan keunggulan Software Accurate yang kini menjadi primadona dalam ranah software akuntansi di Indonesia.

Accurate Online adalah perangkat lunak akuntansi yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan pembukuan pemilik usaha yang pada umumnya memiliki pemahaman terbatas tentang akuntansi.

Berbeda dengan perangkat lunak akuntansi lainnya, Accurate Online tidak hanya ditujukan untuk staf keuangan atau akuntan saja, sehingga siapa pun dapat dengan mudah menggunakannya.

Seperti saat menggunakan perangkat lunak berbasis cloud atau SaaS lainnya, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mendaftar pada Accurate Online menggunakan alamat email atau akun Facebook Anda.

Accurate Online muncul sebagai solusi yang memudahkan proses pembukuan bisnis Anda. Jika sebelumnya Anda menganggap pembukuan sebagai sesuatu yang memakan waktu dan rumit jika dilakukan secara manual, dengan Accurate Online, semua itu menjadi lebih mudah.

Keunggulan ini tak lain karena kesesuaian software Accurate dengan standar akuntansi keuangan dan perpajakan di tanah air. Kepraktisan penggunaannya semakin menambah daya tariknya, tercermin dari pertumbuhan penjualan yang terus meningkat setiap tahunnya. Bahkan, sejak tahun 2016, Accurate secara konsisten meraih penghargaan TOP Brand Award sebagai software akuntansi paling banyak digunakan.

Accurate saat ini hadir dalam dua versi, Accurate 5 Desktop dan Accurate Online (accurate.id), masing-masing disesuaikan dengan segmen pengguna. Ini memberikan pilihan yang lebih luas bagi pengguna atau calon pengguna Accurate untuk menjalankan bisnis mereka dengan menggunakan software akuntansi ini.

Penggunaan Software Accurate tergolong mudah, didukung oleh banyak Tutorial Accurate yang dapat diakses kapan pun dan di mana pun, asalkan terhubung dengan internet. Oleh karena itu, kemudahan penggunaan menjadi kunci sukses Accurate sebagai software akuntansi terlaris.

Belajar Accurate saat ini juga semakin mudah dengan adanya berbagai media yang dapat diakses untuk praktek mandiri. Mulai dari layanan website yang menyediakan tutorial tentang cara penggunaan Software Accurate hingga layanan YouTube yang menyajikan beragam video tutorial.

Baca juga:   Training Accurate Kendari Sulawesi Tenggara

Software Accurate dirancang dengan fokus pada user-friendly, sehingga meskipun Anda tidak memiliki pemahaman mendalam tentang ilmu akuntansi, penggunaannya tetap mudah dipahami.

Cara Belajar Software Accurate dari Awal untuk Pemula Secara Gratis

Pelajari Software Accurate dari Dasar (Instalasi, Setup Database, dll)

Menguasai dasar-dasar membantu pemahaman fitur lebih lanjut. Fondasi yang kuat mempermudah menghadapi tahapan lebih kompleks.

Membuat Database

Jika Anda telah berhasil membuat akun Accurate Online, langkah selanjutnya adalah membuat database yang akan menyimpan semua data terkait pembukuan dan transaksi bisnis Anda.

Klik tanda tambah untuk membuat database baru, seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini:

Belajar Software Accurate

Selanjutnya, isilah nama database perusahaan Anda, pilih latar belakang warna yang ingin Anda gunakan, dan unggah logo database. Setelah selesai, klik tombol “Buat Data Usaha.”

Anda kini telah berhasil membuat database kosong. Langkah berikutnya adalah mengisi data yang akan digunakan untuk pencatatan pembukuan pada database ini. Klik database yang telah Anda buat.

Mengisi Data dan Pengaturan Awal

Untuk menggunakan Accurate Online, Anda perlu mengisi informasi diri Anda pada tahap awal.

Setelah mengklik database, Anda akan diarahkan ke pengaturan awal. Ini menjadi dasar untuk menentukan bagaimana pembukuan bisnis Anda akan berjalan. Tenang saja, ini tidak memerlukan lebih dari 10 menit.

Baca juga:   Pemakai Utama Informasi Akuntansi Keuangan

Info Perusahaan

Isi semua kolom informasi perusahaan berdasarkan data yang sebenarnya, lalu lanjutkan. Contoh dapat dilihat di bawah ini:

Pada contoh di atas, level distribusi perusahaan ditetapkan sebagai produsen. Anda dapat memilih level distribusi sesuai dengan jenis bisnis Anda, apakah sebagai produsen, distributor, atau pengecer. Ini juga berlaku untuk pemilihan bidang usaha Anda.

Fitur Dasar

Berikutnya adalah fitur dasar. Ini akan menentukan fitur apa saja yang dapat Anda gunakan pada akun Accurate Online Anda. Jika Anda keliru dalam menentukan fitur dasar atau kebutuhan bisnis Anda berubah, Anda dapat mengubahnya di kemudian hari melalui menu preferensi.

Dasar Menu Penjualan

Anda akan diminta memilih kebutuhan Anda pada menu penjualan. Ini akan menentukan fitur apa yang dapat Anda gunakan pada menu penjualan di akun Accurate Online Anda.

Dasar Menu Pembelian

Langkah selanjutnya adalah memilih fitur yang akan Anda dapatkan pada menu pembelian. Pada tahap ini, Anda akan diminta mengisi kolom pilihan berdasarkan kebutuhan bisnis Anda saat ini.

Dasar Menu Persediaan

Untuk menggunakan Accurate Online, Anda perlu memilih fitur dan metode yang akan digunakan dalam pengelolaan persediaan. Pilihlah sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda saat ini. Accurate Online menyediakan dua metode perhitungan persediaan, yaitu FIFO dan Average.

Dasar Menu Persediaan di Accurate Online

Pengaturan Akun Perkiraan

Dalam menggunakan Accurate Online, akun perkiraan diperlukan sebagai tempat menyimpan nilai-nilai kas, pendapatan, persediaan, biaya, beban, dan sebagainya. Jika Anda kurang paham tentang cara mendefinisikan daftar akun perkiraan untuk perusahaan Anda, Accurate dapat membuatnya secara otomatis.

Jika Anda telah menyelesaikan semua langkah ini, Anda telah menyiapkan fitur yang diperlukan sesuai dengan bisnis Anda.

Pengaturan Akun Perkiraan di Accurate Online

Persiapan Data Perusahaan

Setelah mengisi semua informasi tersebut, langkah selanjutnya adalah mempersiapkan data awal perusahaan Anda. Ini melibatkan data pelanggan, stok barang, dan pemasok jika Anda memiliki mereka. Contoh proses ini dapat dilihat pada gambar di bawah ini:

Baca juga:   Analisis Laporan Keuangan, Contoh dan Metodenya!
Persiapan Data Perusahaan di Accurate Online

Kas dan Bank

Dalam belajar Accurate Online, Anda perlu memasukkan informasi data kas dan bank perusahaan Anda beserta saldonya. Anda dapat melakukan ini satu per satu melalui menu yang tersedia atau melalui menu utama “Buku Besar – Akun Perkiraan.”

Kas dan Bank di Accurate Online

Pemasok, Pelanggan, dan Barang/Jasa

Anda dapat menambahkan pemasok, pelanggan, dan barang/jasa secara manual satu per satu dengan menekan tombol “Buat Pemasok,” “Buat Pelanggan,” dan “Buat Barang & Jasa.” Alternatifnya, Anda dapat mengunggah semua data melalui file excel sesuai dengan format yang ditentukan oleh Accurate Online.

Pemasok, Pelanggan, dan Barang Jasa di Accurate Online

Sebelum mengimpor, pastikan:

  • File Pemasok dalam format Microsoft Excel (*.xls, *.xlsx)
  • Baris pertama data dianggap sebagai judul kolom dan tidak akan diimpor
  • Gunakan karakter titik (.) sebagai pemisah desimal dan format tanggal dd/mm/yyyy
  • Untuk kolom mata uang, gunakan kode mata uang seperti IDR, USD, SGD
  • Accurate Online hanya akan memproses 10.000 baris pertama dari file Excel yang diunggah
  • Jika sudah selesai, centang opsi “Saya mengerti” dan klik “Selesai.” Anda sekarang siap mencatat semua transaksi dan melakukan pembukuan bisnis dengan mudah.

Setelah mengimpor data perusahaan, Anda siap menggunakan Accurate Online sesuai dengan fitur yang Anda pilih dan sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Jika Anda merasa ada fitur yang tidak cocok atau membutuhkan tambahan, Anda dapat mengubahnya melalui menu “Pengaturan” dan pilih “Preferensi.”

Buatlah pembukuan bisnis menjadi lebih mudah dengan Accurate Online, di mana pun dan kapan pun. Lupakan kesulitan pembukuan yang rawan kesalahan dan memakan waktu, karena kemudahan adalah awal dari perkembangan yang baik untuk setiap bisnis.

Pelajari Permodul (Contoh: Modul Penjualan)

Pahami alur penjualan dari awal hingga akhir. Menyesuaikan dengan kebutuhan bisnis, karena modul ini sudah terintegrasi dengan baik.

Pelajari Kasus-kasus Tertentu (Contoh: Laporan, Neraca, Laba Rugi)

Fokus pada laporan-laporan krusial yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Dengan 200 laporan yang disediakan, selektivitas akan membantu Anda lebih efektif.

Konsultasikan Masalah Anda di Szeto Accurate Consultants (SAC)

Beragam artikel dan video tutorial dapat menjadi sumber informasi yang berharga bisa Anda dapatkan di website Szeto Accurate Consultants maupun channel YouTube Szeto Consultants. Demikianlah panduan praktis dalam “Belajar Accurate” secara mandiri. Semoga bermanfaat dan sukses dalam eksplorasi Anda.

Author :

Artikel Terkait &

Saatnya mengalihkan perhatian ke arah pertumbuhan bisnis Anda

Izinkan kami mempercepat dan mengotomatisasi proses akuntansi serta keuangan bisnis, memastikan Anda terus berkembang dengan keyakinan penuh.