Akuntabilitas adalah : Prinsip, Fungsi dan Jenis Akuntabilitas

Akuntabilitas

Akuntabilitas



Mau pembukuan bisnis Anda jadi lebih baik? Coba training Accurate dengan SAC!



Istilah akuntabilitas adalah sesuatu yang mungkin sering Anda dengar dalam manajemen atau manajemen perusahaan atau bahkan pemerintahan. Akuntabilitas berkaitan erat dengan accountability atau kondisi yang membutuhkan pertanggung jawaban.

Jika dilihat dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti akuntabilitas adalah pertanggungjawaban atau keadaan yang dapat dimintai pertanggungjawaban. Jadi apa accountability dalam arti umum? accountabilityapa maksudmu? Siapa yang bertanggung jawab? Hal-hal apa saja yang memerlukan pertanggungjawaban ini?

Memahami Arti Akuntabilitas

Akuntabilitas atau accountability menurut Oxford Dictionary for Advanced Learners, Oxford University Press, 1989, diperlukan atau diharapkan untuk memberikan alasan atas tindakan seseorang. Secara umum, accountability berarti dimintai pertanggungjawaban atas tugas atau kewajiban yang telah dipenuhi. Accountability biasanya dikaitkan dengan akuntansi dan manajemen dalam suatu perusahaan.



Szeto Priority dapat membantu bisnis Anda mencapai tujuan dengan cepat dan tepat.



Dijelaskan secara lengkap, konsep accountability merupakan bentuk pertanggungjawaban seseorang (pelaku usaha, pemilik usaha, pimpinan, pengelola, dll) atau organisasi kepada pihak-pihak yang berhak menerima dan meminta informasi tentang kegiatan usaha atau hasil usahanya. penerapan. tugas untuk mencapai tujuan tertentu.

Accountability Menurut Para Ahli

  1. Halim
    Akuntabilitas adalah kewajiban untuk meminta pertanggungjawaban dan menjelaskan kegiatan dan tindakan seseorang, badan atau pimpinan suatu organisasi kepada pihak lain yang memiliki hak dan kewajiban untuk menuntut pertanggungjawaban dan kewajiban informasi.
  2. Mursidi
    Akuntabilitas bertanggung jawab untuk mengelola sumber daya dan menerapkan kebijakan yang diberikan kepada entitas pelapor untuk mencapai tujuan yang ditetapkan secara berkala.
  3. Mahmudi
    Akuntabilitas adalah tugas agen (pemerintah) untuk mengelola sumber daya, melaporkan dan mengungkapkan informasi tentang semua tindakan dan kegiatan yang terkait dengan penggunaan sumber daya publik, kepada delegator (prinsipal).
  4. Mardiasmo
    Akuntabilitas adalah suatu bentuk kewajiban untuk dimintai pertanggungjawaban atas berhasil atau tidaknya misi suatu organisasi dalam mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan melalui sarana pertanggungjawaban yang dilaksanakan secara berkala.
  5. Sujarweni
    Akuntabilitas adalah suatu bentuk kewajiban seseorang (manajer/pejabat/pelaku) untuk memastikan terpenuhinya tugas dan accountability yang diberikan kepadanya sesuai dengan peraturan yang berlaku.
  6. Simbolon
    Pengertian accountability menurut Simbolon adalah kewajiban untuk mengkomunikasikan pertanggungjawaban atau untuk menanggapi dan menjelaskan kegiatan dan tindakan seorang individu/badan/pemimpin kolektif atau organisasi kepada pihak-pihak yang memiliki hak atau wewenang untuk meminta informasi atau pertanggungjawaban.
  7. Siahrudin Rasul
    Yang dimaksud dengan accountability adalah kemampuan untuk memberikan jawaban kepada otoritas yang lebih tinggi atas tindakan seseorang/sekelompok orang dalam hubungannya dengan masyarakat luas dalam organisasi.
  8. Sedarmayanti
    Akuntabilitas adalah kewajiban untuk memberikan pertanggungjawaban atau untuk menanggapi dan menjelaskan kegiatan dan tindakan seseorang atau organisasi kepada pihak yang memiliki hak atau wewenang untuk meminta informasi atau pertanggungjawaban.
  9. Teguh Arifiyadi
    Penetapan accountability, menurut Teguhu Arifiyadi, merupakan Akuntabilitas individu atau otoritas yang dipercayakan dalam pengelolaan sumber daya publik, dan yang terkait dengannya kemudian dapat menjawab pertanyaan mengenai accountability-nya. accountability terkait erat dengan alat pengawasan, terutama dalam hal memberikan hasil dalam pelayanan publik dan mengkomunikasikannya secara transparan kepada publik.
  10. Turner dan Hulme
    Konsep accountability, menurut Turner dan Hulme, adalah bahwa lembaga sektor publik perlu lebih memperhatikan accountability horizontal (publik), dan bukan hanya akuntabilitas vertikal (otoritas tertinggi).

Jadi apa itu accountability? Dalam arti luas, accountability adalah suatu bentuk pertanggungjawaban pemilik usaha atau organisasi kepada pihak-pihak yang berhak menerima dan meminta informasi tentang kegiatan usaha atau hasil pelaksanaan tugas dalam rangka mencapai tujuan tertentu. Di sisi lain, beberapa ahli juga memiliki pemahaman tersendiri tentang accountability.

Accountability merupakan prinsip yang harus dipatuhi setiap orang dalam menjalankan tugasnya dengan baik.

Prinsip Akuntabilitas

Prinsip accountability merupakan batasan dalam menentukan apakah termasuk dalam accountability atau tidak. Accountability yang diterapkan dengan benar berarti kepatuhan yang tepat terhadap prinsip-prinsip ini. Berikut adalah beberapa prinsip accountability yang perlu Anda ketahui.

Related Post
  • Prinsip akuntabilitas yang pertama adalah komitmen manajemen dan seluruh staf untuk menjalankan organisasi yang memiliki nilai-nilai accountability.
  • Akuntabilitas adalah sistem yang menjamin penggunaan sumber daya secara konsisten berdasarkan peraturan perundang-undangan yang ada.
  • Menunjukkan tingkat pencapaian tujuan dan sasaran.
  • Accountability difokuskan pada visi, misi, hasil dan manfaat organisasi.
  • Menjunjung tinggi nilai kejujuran, transparansi, objektivitas dan inovasi.

Fungsi Akuntabilitas

Lalu kenapa harus ada Akuntabilitas? Accountability harus ada karena dengan accountability, suatu perusahaan atau organisasi akan dengan mudah menentukan langkah selanjutnya yang akan diambil dan kebijakan yang akan ditetapkan.

Menurut Bowen, prinsip accountability menjalankan 3 fungsi penting, yaitu:

  1. Berfungsi sebagai alat pemantauan
    Alat pemantau di sini berarti fungsi accountability sebagai cara untuk mengontrol tugas atau kewajiban yang dilakukan oleh seseorang untuk kemudian dipertanggungjawabkan kepada atasannya. Akuntabilitas juga dapat digunakan sebagai ukuran keberhasilan tugas yang telah diselesaikan selama penilaian kinerja. Pekerjaan dianggap berhasil jika dapat dilakukan dengan baik dan kemudian dipertanggungjawabkan dengan baik.
  2. Berfungsi untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas kerja
    Fungsi akuntabilitas selanjutnya adalah membuat pekerjaan menjadi lebih efisien dan efektif. Dengan accountability, semua kegiatan yang berhubungan dengan pekerjaan akan lebih efektif. Dikatakan lebih efisien karena evaluasi yang teratur dan berkesinambungan.
  3. Berfungsi untuk mencegah penyalahgunaan jabatan
    Dapat dikatakan bahwa ini adalah fungsi akuntabilitas yang sangat penting. Anda tahu bahwa malpraktik, salah satu contoh korupsi, bisa terjadi dalam bisnis. Dengan konsep accountability, kemungkinan penyimpangan tugas dan jabatan dapat diminimalisir. Berkaitan dengan accountability, perlu adanya laporan pertanggungjawaban yang disusun secara benar dan akurat untuk menghindari adanya indikasi atau kemungkinan korupsi dalam bisnis atau perusahaan.

Jenis Akuntabilitas

Selain menjelaskan apa itu accountability, Mardiasmo juga menjelaskan bahwa accountability dapat dibagi menjadi dua jenis. Dua jenis Akuntabilitas:

  • Akuntabilitas vertikal
    Jenis pertanggungjawaban yang pertama adalah pertanggungjawaban vertikal. Yang dimaksud dengan pertanggungjawaban vertikal adalah keadaan seseorang yang harus mempertanggungjawabkan keputusannya kepada pihak lain yang kedudukan dan pangkatnya lebih tinggi. Contoh akuntabilitas vertikal adalah beberapa Akuntabilitas yang harus dipenuhi oleh manajer cabang kepada manajemen pusat.
  • Akuntabilitas Horisontal
    Pertanggungjawaban horizontal merupakan bentuk pertanggungjawaban kepada konsumen, masyarakat atau lingkungan. Jenis pertanggungjawaban ini tidak ada hubungannya dengan pertanggungjawaban kepada atasan atau jabatan yang lebih tinggi. Contoh akuntabilitas horizontal adalah kewajiban memberikan pelayanan publik atau publik.

Apa yang Akuntabel?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata akuntabilitas berarti pertanggungjawaban atau keadaan yang dapat dipertanggungjawabkan.

Sementara itu, apa yang dimaksud dengan akuntabel? Akuntabel artinya dapat dipertanggungjawabkan. Dengan demikian, kita dapat mengatakan bahwa kedua kata ini memiliki arti yang berbeda.

Dalam praktiknya, accountability berarti kemampuan untuk melaporkan atau mempertanggungjawabkan. Lalu kenapa harus ada yang bertanggung jawab?

Memiliki sikap akuntabel, maka seseorang dalam hal ini pekerja atau karyawan berarti dapat diandalkan atas pekerjaan yang diberikan kepadanya dan dianggap mampu untuk dimintai pertanggung jawaban atas hasilnya nanti.

Seseorang yang dimintai pertanggungjawaban berarti mampu bertanggung jawab penuh atas ide, pikiran, tindakan, perkataan, dan emosi di tempat kerja atau dalam bisnis yang dikelolanya. Jika Anda adalah orang yang bertanggung jawab, Anda tidak akan mengalihkan accountability kepada orang lain.

Akuntabilitas itu penting dan tidak mudah dilaksanakan secara langsung, membutuhkan proses. Hal ini juga membutuhkan pengendalian diri, transparansi, ketulusan dan kejujuran dalam pelaksanaannya.

Recent Posts