X

Perbedaan Finance dan Accounting


Banyak yang menganggap bahwa seorang Finance sama dengan Accounting. Karena memang secara latar belakang pendidikan, seorang Finance dan Accounting sama-sama lulusan sarjana ekonomi atau akuntansi. Walaupun memang seorang Finance belum tentu lulusan akuntansi. 

Namun, sebagai seorang pebisnis kita harus memahami betul peran dan tugas dari seorang Finance dan Akunting.

Terlebih lagi kedua bagian tersebut memiliki peran penting yang dapat mendukung untuk pengambilan suatu keputusan dalam bisnis. Maka dari itu, penting bagi kita untuk mengetahui perbedaan peran dari seorang Finance dan Akunting. Karena masih banyak yang keliru atau menyamakan peran keduanya, bahkan para pelaku bisnis sekalipun.

Accounting

Seorang Akuntan pada dasarnya memiliki peran untuk mencatat dan mengelompokan dari seluruh transaksi sehingga akan menghasilkan sebuah laporan keuangan yang dibutuhkan oleh perusahaan secara akurat dan tepat, yang terdiri dari laporan laba rugi dan neraca.

Di mana laporan laba rugi akan menggambarkan suatu hasil dalam menjalankan bisnis dalam periode waktu tertentu. Sedangkan neraca menggambarkan posisi keuangan suatu perusahaan dalam kurun waktu tertentu.

Dengan begitu, laporan keuangan tersebutlah yang akan membantu suatu perusahaan dalam menjalankan roda bisnisnya serta posisi keuangannya, serta menjadi dasar dalam melakukan evaluasi terkait kinerja perusahaan. 

Finance

Sedangkan Finance merupakan suatu kegiatan atau otorisasi dalam mencari atau menerima dana, mengelola dan mengeluarkan uang atau melakukan pembayaran. 

Pada dasarnya perbedaan seorang Akuntan dan Finance dapat disimpulkan bahwa seorang Akuntan lebih mengarah pada aktivitas keuangan. Sedangkan seorang Finance lebih mengarah pada kondisi finansial perusahaan. 

Dalam melakukan pengelolaan keuangan tentu harus mengacu pada standar dan aturan yang ada pada akuntansi. Sehingga dapat menghasilkan suatu laporan keuangan yang baik dan benar.

Untuk itu, sebagai seorang pelaku bisnis, Anda harus memahami betul proses pembuatan laporan keuangan. Accurate merupakan sebuah software akuntansi yang fleksibel dan sesuai standar akuntansi yang ada, serta tentunya mudah di gunakan.

Anda dapat menggunakan Software Accurate ini dalam menjalankan bisnis Anda. Dan tentunya Accurate ini dapat digunakan di berbagai macam jenis usaha atau bisnis. Selain itu Accurate juga telah dipercaya diribuan perusahaan di seluruh Indonesia.

Credit Author : Rendi

 

Pembelian Software ACCURATE bisa langsung di web ini. Untuk informasi lebih lanjut dan mau tanya-tanya lebih detail lagi, yukk jangan sungkan hubungi kita bisa langsung kesini.

 

Jakarta 0813 1234 7228 (Jessica)

Surabaya 0812 1234 7228 (Sarah)

Bandung 0822 1999 7228 (Bara)

Semarang 0821 3000 7228 (Samara)

Facebook SAC

Instagram SAC

Youtube SAC

Baca juga

  1. Manfaat Pembukuan Bagi Usaha Anda
  2. Rekonsiliasi Bank Otomatis pada Accurate Online
  3. Faktur Penjualan Mendahului Pengiriman Barang
  4. Penomoran Pajak Accurate Online
  5. ProduksiSederhana Accurate Online
  6. Penyesuaian Stok Atas Selisih Pemindahan Barang
  7. Target Penjualan Accurate Online
  8. Laporan Keuangan Penting Accurate
  9. Komisi Salesman di Accurate Online
  10. Import Penjualan E-Commerce ke Accurate Online
  11. Mengubah Persediaan menjadi Aset Tetap
  12. Pentingnya Budgeting pada Keuangan Perusahaan