Akuntansi

Perusahaan Software Terkemuka di Indonesia

Industri perangkat lunak (software) di Indonesia terus berkembang pesat. Sebelum lonjakan startup pada tahun 2013-2014, hanya beberapa perusahaan software yang memiliki kekuatan merek secara nasional. Contohnya adalah Accurate (CPSSoft), DataOn, Zahir dan Andal Software.

Masuk ke era startup, muncul berbagai perusahaan software baru dengan konsep inovatif, menawarkan produk SaaS (Software-as-a-Service). Mereka memungkinkan pelanggan untuk menggunakan aplikasi secara cloud atau online, dengan pembayaran berlangganan.

Namun, perusahaan software berpengalaman juga tak mau ketinggalan. Mereka meluncurkan versi baru produk mereka, mengikuti perubahan zaman. Software yang sebelumnya harus diinstal dan dibeli secara permanen, kini dapat diakses online dari mana saja dan kapan saja, dengan pembayaran berlangganan.

Dalam artikel ini, Kami akan mengulas perusahaan perangkat lunak terbesar di Indonesia. Dengan informasi terbatas yang kami miliki, kami berusaha membuat daftar ini seobjektif mungkin. Sebelum kita masuk ke daftar perusahaan tersebut, mari kita pahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan perusahaan perangkat lunak dan bagaimana kriteria pemilihan perusahaan yang masuk dalam daftar ini.

Jenis Perusahaan Perangkat Lunak, Produk vs Jasa

Secara umum, ada dua jenis perusahaan yang terkait dengan perangkat lunak, yakni PRODUK dan JASA.

Perusahaan perangkat lunak berbasis produk menciptakan perangkat lunak generik yang dijual secara massal. Mereka harus memastikan bahwa produk perangkat lunak yang mereka buat dapat memenuhi kebutuhan pasar sebaik mungkin. Model bisnis ini melibatkan pembuatan produk terlebih dahulu, kemudian penjualan kepada banyak pelanggan dengan harga yang terjangkau.

Related Post

Di sisi lain, perusahaan perangkat lunak berbasis jasa menawarkan solusi yang disesuaikan dengan pesanan pelanggan. Mereka membuat perangkat lunak sesuai dengan permintaan pelanggan. Berbeda dengan perusahaan berbasis produk, perusahaan ini hanya membuat perangkat lunak saat ada pesanan. Biaya produksi ditanggung oleh pelanggan yang memesan, sehingga harga jualnya tinggi. Mereka sering disebut sebagai perusahaan pengembang perangkat lunak khusus, agensi perangkat lunak, atau studio perangkat lunak.

Di masa lalu, di Indonesia lebih banyak perusahaan perangkat lunak yang berfokus pada jasa. Namun, saat ini banyak perusahaan perangkat lunak yang berorientasi pada produk.

Artikel ini hanya membahas perusahaan perangkat lunak yang berfokus pada produk, bukan perusahaan perangkat lunak yang menawarkan jasa. Jika Anda ingin mengetahui perusahaan perangkat lunak yang menawarkan jasa terbesar di Indonesia, Anda bisa merujuk artikel sebelumnya.

Bagaimana Penentuan Kandidat Perusahaan Software Terkemuka Dilakukan?

Hingga saat ini belum ada perusahaan perangkat lunak di Indonesia yang mencatatkan sahamnya di bursa saham, sehingga sulit untuk menilai ukuran perusahaan tersebut secara finansial. Oleh karena itu, ada tiga parameter sebagai pertimbangan apakah suatu perusahaan layak masuk dalam daftar ini atau tidak. Tiga parameter tersebut adalah:

  1. Perusahaan perangkat lunak yang telah menerima pendanaan.
  2. Perusahaan perangkat lunak yang pernah meraih penghargaan atas produknya.
  3. Perusahaan perangkat lunak yang memiliki keunikannya sendiri, membuatnya berbeda dari yang lain.

Dengan menggunakan tiga parameter ini, saya mengumpulkan daftar perusahaan software dari berbagai sumber. Berikut adalah daftarnya:

  1. CPSSOFT. CPSSoft adalah pengembang perangkat lunak akuntansi Accurate. Accurate telah meraih penghargaan Top Brand Award untuk kategori Software Akuntansi sebanyak 5 kali, yang terakhir diraih pada tahun 2021.
  2. BARANTUM. Barantum meraih penghargaan The Best Customer Retention pada tahun 2019 dari The Entrepreneur Society (TES).
  3. CARE TECHNOLOGIES. Care Technologies merupakan pemimpin pasar solusi asuransi umum. Berdiri sejak tahun 2006, saat ini memiliki lebih dari 60 konsultan dengan pengalaman lebih dari 5 tahun.
  4. ANDAL SOFTWARE. Meskipun tidak banyak berita tentang pendanaan dan penghargaan untuk Andal Software, perusahaan ini memiliki buku yang mendokumentasikan perjalanannya dalam buku berjudul “Riding The Ware: Strategi Andal Menaklukkan Industri Perangkat Lunak.”
  5. DATAON. DataOn meraih penghargaan HR Excellence 2020 untuk kategori Special Award.
  6. FAST8 GROUP. Fast8 Group, dengan produk solusi HR Gadjian dan Hadirr, mendapatkan pendanaan awal yang dipimpin oleh Golden Gate Ventures pada tahun 2016.
  7. FEEDLOOP. Feedloop mendapatkan pendanaan awal dari East Ventures pada pertengahan tahun 2019.
  8. IVOSIGHTS. Ivosights menjadi salah satu peraih Top 25 Customer Experience Management Solution Service pada tahun 2017.
  9. JOJONOMIC. Jojonomic telah mendapatkan pendanaan dari Finch Capital, East Ventures, dan Golden Gate Ventures, yang terakhir pada awal tahun 2019.
  10. KATA.AI. Kata.ai mendapatkan pendanaan Seri B dari Trans-Pasific Technology Fund (TPTF) dan MDI Ventures pada akhir tahun 2020.
  11. MEKARI. Mekari mendapatkan pendanaan Seri D sebesar $18 juta yang dipimpin oleh Money Forward pada Mei 2021.
  12. MTARGET. MTARGET (sebelumnya MailTarget) mendapatkan pendanaan awal dari Prasetia Dwidharma pada Juli tahun 2019.
  13. ONLINEPAJAK. OnlinePajak menjadi unicorn baru pada pertengahan 2021, dengan valuasi mencapai $1.7 miliar, didukung oleh Sequoia Capital India, Warburg Pincus, dan Altos Ventures.
  14. PAWOON. 30% saham Pawoon diakuisisi oleh PT Distribusi Voucher Nusantara, Tbk. (DIVA) senilai US$ 1 juta pada Agustus 2019.
  15. QLUE. Qlue mendapatkan pendanaan Seri B1 dari Global Brain pada Juni 2021.
  16. REALTA CHAKRADARMA. Solusi HR dari Realta, yang dikenal sebagai SIAP+P dan Rhapsody, meraih penghargaan IT Works Award pada tahun 2019.
  17. SIRCLO. SIRCLO mendapatkan pendanaan sebesar $36 juta yang dipimpin oleh East Ventures dan Saratoga pada September 2021.
  18. SYNERGO. Synergo mendapatkan pendanaan awal dari East Ventures pada pertengahan tahun 2017.
  19. TADA. TADA mendapatkan investasi tambahan dari Giftee pada September 2021.
  20. ZAHIR INTERNASIONAL. Zahir Internasional telah meraih banyak penghargaan, seperti Best of The Best APICTA Indonesia 2003, pemenang APICTA 2004, Best 50 Enterprise dari majalah SWA tahun 2006, dan mendapatkan bintang 5 dari ulasan situs web Tucows pada tahun 2010.

Recent Posts

Rekonsiliasi Bank Otomatis Pada Accurate Online

Rekonsiliasi bank otomatis adalah proses penting dalam akuntansi yang bertujuan untuk memastikan kesesuaian antara catatan keuangan perusahaan dengan laporan bank.…

15 Juli 2024

Jenis-Jenis Varians Anggaran dan Penyebabnya

Varians anggaran adalah perbedaan antara biaya atau pendapatan yang dianggarkan (direncanakan) dengan biaya atau pendapatan yang sebenarnya terjadi dalam proses…

14 Juli 2024

Cara Mengelola Work in Progress (WIP) secara Efektif

Work in Progress (WIP) adalah istilah yang digunakan dalam akuntansi dan manajemen produksi untuk menggambarkan barang-barang yang sedang dalam proses…

13 Juli 2024

Faktur Penjualan adalah: Pengertian, Contoh dan Membuatnya

Faktur penjualan, atau sering disebut invoice, adalah dokumen penting dalam transaksi bisnis. Faktur ini berfungsi sebagai bukti transaksi, alat pelacakan…

12 Juli 2024

Cara Login dan Lapor di Website eFaktur Pajak.go.id

Sebagai perusahaan yang taat pajak, tentunya Anda akan mempelajari banyak hal tentang perpajakan di Indonesia, salah satunya ialah tentang Web…

12 Juli 2024

Mengatasi Accurate Tidak Terhubung dengan License Manager

Accurate License Manager (ALM) adalah komponen penting dalam perangkat lunak Accurate yang berfungsi sebagai server untuk mengelola lisensi dan memastikan…

12 Juli 2024