Cara Membuat Laporan Keuangan di Excel, Download Contohnya!

Cara Membuat Laporan Keuangan di Excel, Download Contohnya!

Cara Membuat Laporan Keuangan di Excel, Download Contohnya!

Cara Membuat Laporan Keuangan di Excel

Bagaimana cara membuat laporan keuangan sederhana menggunakan microsoft excel? Sebagai seorang pengusaha, Anda harus membuat laporan keuangan untuk bisnis Anda. Laporan keuangan merupakan dokumen penting dari sebuah perusahaan.

Dengan bantuan laporan keuangan, seorang pemilik bisnis dapat membuat prediksi tentang bagaimana keadaan perusahaannya nantinya. Laporan keuangan juga akan menjadi dokumen penting ketika proses pendaftaran oleh pemerintah dan penagihan dari mitra bisnis diperlukan.

Pembukuan Lebih Lancar Dengan Accurate Accounting Software

Memahami Apa Itu Laporan Keuangan

Memahami Apa Itu Laporan Keuangan

Laporan keuangan adalah catatan informasi keuangan suatu perusahaan untuk periode tertentu yang dapat digunakan untuk menggambarkan situasi kinerja suatu perusahaan.

Jenis-jenis laporan keuangan yang biasanya dibuat oleh perusahaan adalah:

  • Laporan laba rugi, pernyataan ini memuat laba atau rugi bersih perusahaan selama satu periode.
  • Laporan posisi keuangan/neraca, laporan ini berisi informasi tentang posisi keuangan dalam hal pasca-aktiva, kewajiban dan ekuitas
  • Laporan perubahan ekuitas berisi pernyataan ini, yang menunjukkan ekuitas pemilik selama satu periode
  • Laporan arus kas, laporan ini berisi informasi tentang arus kas keluar untuk periode tersebut
  • Laporan keuangan terdengar cukup rumit. Tapi tidak semua laporan keuangan perlu terlihat rumit.

Biasanya, sebuah perusahaan akan bekerja dengan seorang akuntan untuk membantu menyusun laporan keuangan terperinci. Di beberapa perusahaan besar, hal ini dilakukan oleh bagian keuangan. Untuk usaha kecil dan menengah. Layanan akuntansi masih digunakan, tetapi secara freelance di beberapa perusahaan.

Sudah Punya Accurate Software? Training Accurate Untuk Implementasi Lebih Efektif

Ada juga pemilik bisnis yang lebih memilih untuk membuat laporan keuangan sendiri untuk menghemat pengeluaran. Aplikasi Microsoft Excel yang dilengkapi dengan alat dan fungsi yang sudah jadi memudahkan proses penyusunan laporan keuangan. Excel menawarkan cara mudah untuk membuat. Manfaat Excel sebagai alat pelaporan keuangan.

Manfaat Menyusun Laporan Keuangan di Microsoft Excel

Manfaat Menyusun Laporan Keuangan di Microsoft Excel

Menggunakan Ms Excel untuk laporan keuangan tentunya dapat menjadi solusi bagi pemilik usaha yang menyusun laporan keuangan tanpa harus menggunakan jasa akuntan.

Selain beberapa manfaat menggunakan Ms Excel yang dijelaskan di atas, tentu saja ada manfaat lain menggunakan Excel untuk membuat laporan keuangan Anda sendiri.

Antara lain:

  1. Lebih mudah karena semua data otomatis dihitung dengan benar. Selama rumus yang dimasukkan benar dan semua data transaksi dicatat dengan benar, kemungkinan salah perhitungan akan lebih kecil.
  2. Lebih praktis bila ada perubahan. Dengan fitur penyisipan komentar yang dijelaskan di atas, Anda dan tim Anda tidak perlu melakukan perubahan manual pada data. Cukup telusuri Ms Excel tanpa mengutak-atik mencari data yang salah.
  3. Lebih ramah lingkungan. Tentu saja isu sustainability menjadi keuntungan tersendiri bagi pemilik bisnis yang memutuskan untuk menggunakan Ms. Excel untuk pelaporan keuangan. Karena dengan bantuanĀ  Excel, Anda dapat meminimalkan penggunaan kertas dan kertas bekas.

Ada banyak manfaat menggunakan Ms Excel untuk membuat laporan keuangan. Tentu saja, bagi pemilik bisnis, membuat laporan keuangan sendiri dengan Ms Excel juga akan menguntungkan. Misalnya seperti menghemat biaya menyewa akuntan atau keuangan untuk memelihara laporan keuangan perusahaan.

Biaya mempekerjakan seorang akuntan cukup tinggi untuk usaha kecil dan menengah. Apalagi jika bisnis Anda merupakan usaha baru. Biaya mempekerjakan seorang akuntan dapat dikurangkan dan dialokasikan untuk kebutuhan lain seperti pemasaran atau manufaktur.

Meskipun Anda menyiapkan laporan keuangan sendiri, Anda tetap perlu berhati-hati dan disiplin dalam setiap transaksi yang terjadi di perusahaan Anda.

Setiap nominal masuk atau keluar juga harus benar agar laporan keuangan perusahaan Anda tetap sehat dan tidak mengalami kerugian. Laporan keuangan yang akurat dan disiplin dapat menjadi tolak ukur bagi perusahaan untuk menilai kesehatan suatu perusahaan. Laporan keuangan menunjukkan berapa banyak yang dikeluarkan dan seberapa efisien dana perusahaan digunakan. Bahkan laporan keuangan juga dapat digunakan untuk mengelola aset perusahaan.

Laporan keuangan menunjukkan banyak hal yang bermanfaat bagi perusahaan. Oleh karena itu, pemilik usaha tidak disarankan untuk mengabaikan laporan keuangan perusahaan. Entah itu setiap bulan, setiap 3 bulan, 6 bulan, bahkan setahun. Setiap laporan keuangan yang disusun menunjukkan keadaan perusahaan untuk periode sebelumnya, dan digunakan untuk menentukan langkah-langkah perusahaan pada periode berikutnya.

Cara Membuat Laporan Keuangan di Excel

Setelah semua buku disusun, saatnya menyusun laporan keuangan. Laporan keuangan adalah aspek terpenting dari sebuah bisnis.

Dengan adanya laporan keuangan perusahaan atau Anda akan cepat mengambil keputusan untuk langkah bisnis Anda ke depan.

Berikut adalah cara membuat laporan keuangan di Excel:

  1. Buka Ms Excel dan masukkan data yang diperlukan seperti nama laporan keuangan, nama elemen atau kegiatan, nominal transaksi, bahkan jika Anda dapat menulis tanggal transaksi agar lebih jelas dan lebih detail untuk setiap transaksi yang dilakukan . .
  2. Pastikan untuk mencantumkan juga bulan dan tahun laporan keuangan, agar Anda tidak keliru melaporkan laporan keuangan bulan-bulan lainnya.
  3. Untuk menambahkan logo atau slogan agar lebih formal, Anda bisa menggunakan fitur wizard di Ms Excel. Ini sangat mudah. Dengan mengklik File, lalu mengklik Wizard, lalu cukup pilih berbagai jenis template yang sesuai dengan kebutuhan Anda, seperti Fax, Agenda, atau Mail. Logo dan tag juga bisa disertakan agar lebih formal dan rapi.
  4. Misalnya, Anda ingin membuat lembar yang berisi hutang, upah, piutang, arus kas, dll. Anda mengklik sel dan memasukkan data untuk diproses secara lengkap dan detail sesuai keinginan Anda.
  5. Buat kolom yang berisi nomor, tanggal, keterangan, debit, kredit, dan saldo.
  6. Jangan lupa gunakan rumus Ms Excel. Jika Anda menggunakan rumus perhitungan yang benar, penghitung akan segera diperbarui jika ada kesalahan dan nomor transaksi perlu diganti. Selain itu, dengan menggunakan rumus template Ms. Excel juga membuat pekerjaan Anda lebih mudah sehingga Anda tidak perlu mengutak-atik perhitungan manual.
  7. Masukkan rumus di kolom saldo agar debit selanjutnya bisa bertambah atau berkurang secara otomatis. Anda dapat menggabungkan formula If, OR, SUM dan sebagainya sesuai kebutuhan.
  8. Terakhir, Anda dapat memasukkan rumus jumlah di akhir kolom jumlah menggunakan rumus SUM.
  9. Laporan keuangan sederhana di Excel berhasil dibuat
  10. Proses akuntansi untuk penyusunan laporan keuangan sudah selesai

Membuat laporan keuangan menggunakan Excel adalah metode manual terkomputerisasi yang menawarkan cara mudah untuk mengelola buku besar, laporan arus kas dan laporan laba rugi.

Excel juga memudahkan pengiriman draf antar departemen dan rekan perusahaan. Dalam sistem akuntansi, data yang lengkap akan diekspor sebagai lembar Excel. Dengan demikian, Excel adalah bentuk utama alat pelaporan keuangan dari sistem akuntansi. Selain itu, Anda juga dapat menyisipkan grafik dalam laporan keuangan yang telah dibuat dengan cara sebagai berikut:

  • Pilih menu insert lalu pilih chart, tabel laporan akan otomatis berubah menjadi diagram batang, diagram lingkaran dan beberapa jenis diagram untuk membentuk pengamatan laporan keuangan.
  • Setelah membuat grafik, Anda dapat dengan mudah mengetahui jumlah arus kas yang datang dan pergi setiap hari, bulan, bahkan tahun. Grafik dalam diagram akan membantu memberikan gambaran umum tentang bagaimana bisnis dapat beroperasi.
  • Data di excel juga dapat diekspor ke laporan informasi di Ms.word sebagai berikut. Anda tinggal membukanya dan mengunci data yang akan dipindahkan, lalu klik kanan dan pilih salin. Setelah membuka dokumen Word, klik kanan, pilih “Tempel” atau tekan Ctrl+V, lembar kerja Excel dapat ditempelkan ke Ms.word.

Rumus Excel Untuk Pelaporan Keuangan

Untuk mempermudah pengerjaan laporan keuangan, Anda bisa menggunakan rumus Excel yang sudah ada. Berikut adalah beberapa contoh rumus Excel sederhana yang dapat Anda gunakan untuk membuat laporan keuangan:

Rumus IF Tunggal dan IF bercabang di Excel

IF tunggal adalah fungsi dasar yang penggunaannya sederhana, yaitu memeriksa nilai logika, kemudian mengambil tindakan jika benar dan tindakan lain jika salah.

Fungsi IF Tunggal ditulis sebagai berikut: =IF(logical_test, [value_if_true], [value_if_false])

logical_test : kriteria referensi yang digunakan untuk perbandingan
value_if_true : nilai untuk kondisi terpenuhi
value_if_false : nilai kondisi gagal
Pengertian rumus Excel IF percabangan adalah rumus untuk menguji nilai logika yang bilangannya lebih besar dari satu. Fungsi IF tunggal tidak dapat digunakan jika lebih dari satu logika sedang diuji.

Oleh karena itu, fungsi IF bercabang digunakan. Cara penulisan rumus hampir sama dengan IF tunggal.

Namun, karena ada lebih dari satu kriteria referensi yang digunakan untuk perbandingan, fungsi IF berikut digunakan untuk FALSE.

Dengan demikian, rumusnya ditulis sebagai berikut: =IF(logical_test1, [value_if_true1], (IF(logical_test2, [value_if_true2], [value_if_false])))

Lihat logical_test1, jika cocok, gunakan true1.
Jika logical_test1 gagal, lihat logical_test2
Jika logical_test2 terpenuhi, gunakan true2.
Jika logical_test2 gagal, gunakan FALSE.

Rumus Excel =SUM

Rumus Excel ini adalah yang paling banyak dikenal dan digunakan. Rumus SUM adalah rumus Excel yang digunakan untuk menambahkan data dari beberapa sel.

Ejaannya terlihat seperti ini: =SUM(number1;[number2]:..)

nomor1, ini adalah sel awal
#2 dan seterusnya

Rumus COUNTER di Excel

Pengertian Rumus Hitung Excel adalah rumus Excel yang digunakan untuk menghitung jumlah kolom dan baris yang tidak kosong.

Menulis rumus ini: =COUNT(value1,[value2], …)

value1 : nilai di kolom/baris pertama
value2 : nilai di kolom/baris kedua, dst.
Rumus Counta biasanya dapat digunakan untuk membuat buku hutang.

Rumus Excel SLN dan DB

Pengertian Rumus Excel SLN merupakan rumus Excel yang digunakan untuk menghitung biaya penyusutan aktiva tetap dengan menggunakan metode garis lurus.

Rumus penulisannya adalah sebagai berikut: =SLN(cost;salvage;life)

cost : harga pokok barang
salvage: perkiraan nilai sisa
life: kehidupan ekonomi yang seharusnya

Pengertian rumus Excel DB adalah rumus Excel yang digunakan untuk menghitung biaya penyusutan aktiva tetap dengan menggunakan metode saldo menurun.

Tulis rumus seperti ini: =DB(cost;utilization;life;period;[bulan])

Cost : harga pokok barang
Salvage : perkiraan nilai sisa
Life : kehidupan ekonomi yang seharusnya
Period : periode depresiasi
Month : bulan apa dalam periode penyusutan

Anda harus memasukkan setiap nilai transaksi secara detail untuk menghindari kesalahan. Jika menggunakan rumus perhitungan Ms Excel tentunya kesalahan akan lebih minim dibandingkan dengan perhitungan manual menggunakan kalkulator.

Beberapa manfaat menggunakan Ms Excel sebagai contoh pelaporan keuangan adalah Anda juga dapat berbagi dengan rekan kerja Anda dengan menambahkan komentar atau menyisipkan komentar ketika ada hal-hal yang perlu didiskusikan dengan tim Anda.

Anda dapat menemukan fitur ini dengan mengklik kanan pada sel yang ingin Anda komentari, lalu mengklik Sisipkan Komentar.

Selain itu, Anda juga dapat menambahkan grafik untuk membuat laporan keuangan Anda lebih lengkap dan jelas saat melihat visualisasi data. Caranya mudah: klik Menu, lalu Sisipkan, lalu klik Bagan.

Sebuah grafik akan muncul berdasarkan data sampel.

Contoh Template Laporan Keuangan di Excel

Contoh template laporan keuangan menggunakan perangkat lunak penjurnalan yang mengekspor ke file Excel

Kami berharap dengan bantuan artikel ini, para pemilik bisnis dapat lebih memahami contoh laporan keuangan sederhana dan pentingnya laporan keuangan bagi perusahaan.

Namun jika ingin cara yang lebih efektif, cepat dan lebih mudah digunakan Anda bisa menggunakan software akuntansi online seperti Accurate Online yang dapat membuat laporan keuangan secara instan dan akurat.

Anda tidak perlu lagi menyusun laporan keuangan satu per satu secara manual, cukup masukkan nominal transaksi seperti pemasukan dan pengeluaran, serta rekening lainnya.



Baca juga: Training Accurate Resmi #1 di Indonesia

Bagikan ke:

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram

Cara Membuat Laporan Keuangan di Excel, Download Contohnya!