Sekolah Tinggi Akuntansi Negara: Ini Syarat Masuk STAN

Sekolah Tinggi Akuntansi Negara: Ini Syarat Masuk STAN

Sekolah Tinggi Akuntansi Negara: Ini Syarat Masuk STAN

Sekolah Tinggi Akuntansi Negara

Mau masuk STAN atau Sekolah Tinggi Akuntansi Negara? Salah satu universitas resmi yang paling terkenal di Indonesia adalah STAN. Sekolah dinas ini menjadi salah satu tempat favorit lulusan SMA untuk melanjutkan pendidikan.

Apa Itu Sekolah Tinggi Akuntansi Negara?

Sekolah Tinggi Akuntansi Negara adalah pendidikan tinggi unggulan bagi siswa dengan kemampuan akademik di bidang keuangan dan perpajakan. Jaminan pekerjaan setelah lulus menjadi kekuatan STAN yang menarik ribuan pencari kerja setiap tahunnya. Jadi, apa persyaratan masuk untuk Sekolah Tinggi Akuntansi Negara? Ikuti ulasan di bawah ini.

Pembukuan Lebih Lancar Dengan Accurate Accounting Software

Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) adalah Perguruan Tinggi Persatuan Perguruan Tinggi Jasa (PTIN) di bawah Kementerian Keuangan Republik Indonesia. STAN berdiri sejak tahun 1977, namun sejak tahun 2015 STAN berubah nama menjadi Institut Politeknik Keuangan Negara STAN. Tidak semua orang bisa menjadi mahasiswa STAN. Persyaratan masuk Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) terkenal sulit, dan ujian masuknya juga sangat ketat.

Alamat Sekolah Tinggi Akuntansi Negara Dimana?

Alamat STAN berada di Jl. Bintaro Utama Sektor V, Jurang Manggu Tim., Kec. Pd. Aren, Kota Tangerang Selatan, Banten 15222. Untuk lebih detailnya silakan cek di Google Maps STAN.

Syarat Masuk STAN

Meski nama STAN sudah menjelma menjadi Institut Politeknik Keuangan Negara STAN, istilah STAN masih ada di benak masyarakat. Nah, Ujian Masuk STAN (USM) ini diadakan setiap tahun. Ada beberapa syarat masuk STAN yang harus kamu lengkapi, antara lain:

Persyaratan Umum Ujian Masuk STAN

  • Peserta adalah lulusan SMA/SMK/analog.
  • Peserta merupakan lulusan tahun 2016 dan sebelumnya. Lulusan 2017 juga bisa mendaftar. Peserta harus sudah memiliki ijazah (bagi lulusan tahun 2016 ke atas). Bagi lulusan 2017 yang ijazahnya belum dikeluarkan dapat menggunakan Surat Keterangan Sementara Hasil Ujian Nasional (SKS). Dokumen ijazah atau SHUN, dilegalisir dengan copy dari sekolah.
  • Usia minimal 17 tahun dan maksimal usia 20 tahun (sesuai tanggal lahir yang tertera di ijazah).
  • Memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh Menteri Keuangan, terlampir pada situs resmi STAN.ac.id.
  • Belum menikah dan belum mau menikah dalam proses belajar.
  • Berbadan sehat jasmani dan rohani serta menghindari penggunaan narkoba dan sejenisnya yang dibuktikan dengan surat keterangan dari dokter/puskesmas pemerintah.
  • Peserta wajib membayar biaya pendaftaran USM STAN sebesar Rp250.000. Biaya ini tidak dapat dikembalikan dengan alasan apapun.

Persyaratan Khusus Untuk Ujian Masuk STAN

1. Nilai Ujian

Rata-rata Ujian Nasional yang tertera pada Ijazah atau Surat Keterangan Ujian Awal (SKHUN) minimal 70,00 (bukan hasil pembulatan desimal) dari skala 100,00. Hasil ujian nasional ini menjadi standar seleksi pertama yang masuk STAN. Dengan standar nilai tersebut, STAN memastikan calon mahasiswa memiliki kemampuan akademik yang baik.

Sudah Punya Accurate Software? Training Accurate Untuk Implementasi Lebih Efektif

2. Jurusan yang Dipilih

Untuk Jurusan Bea dan Cukai D1 dan D3, ada tambahan aturan yang harus dipatuhi pemohon yaitu:

  1. Khusus “Bea dan Cukai D1” baik pria maupun wanita dapat berpartisipasi.
  2. Sementara itu, khusus D3 kepabeanan dirancang khusus untuk pelamar laki-laki.
  3. Kedua spesialisasi tersebut juga menetapkan tinggi badan minimal 165 cm untuk pria dan 155 cm untuk wanita.
  4. Peserta dinyatakan tidak buta warna.
  5. Bagi peserta yang memakai kacamata atau lensa kontak (minus, plus atau silinder), batas maksimal yang diperbolehkan adalah sampai dengan 2D (dua dioptri).

Setelah Anda mengetahui syarat masuk STAN, baik itu syarat umum maupun syarat khusus yang harus Anda penuhi agar bisa mengikuti Ujian Saringan Masuk STAN (USM). Langkah selanjutnya harus memahami proses pendaftaran .

Alur Pendaftaran Sekolah Tinggi Akuntansi Negara

Pendaftaran ujian masuk STAN saat ini dilakukan secara online. Sebelum mendaftar secara online melalui website resmi USM STAN, Anda perlu menyiapkan beberapa dokumen yang diperlukan. Dokumen-dokumen ini akan diunggah ke situs pendaftaran USM STAN. Persyaratan yang harus Anda persiapkan untuk mendaftar Ujian Masuk STAN antara lain:

  • Lulus SMA/SMK/sederajat.
  • Lampirkan foto terbaru 3×6.
  • Melampirkan rapor semester I-V dan mencantumkan nilai akhir yang tertulis di ijazah.
  • Mengisi formulir pendaftaran online.

Proses yang harus Anda ikuti untuk mendaftar USM STAN online:

  1. Anda harus melengkapi data diri Anda melalui website portal spmb.pknstan.ac.id.
  2. Untuk mendaftar, Anda dapat mengklik ikon pendaftaran di layar.
  3. Kemudian isi Nomor Identitas Kependudukan (NIK) sesuai yang ada di Kartu Keluarga. Masukkan kode captcha yang benar di layar, lalu klik ikon kirim.
  4. Setelah berhasil, Anda akan diarahkan ke halaman untuk mengisi identitas Anda. Anda akan diminta untuk memasukkan ID dan alamat email yang valid. Selain itu, Anda juga harus memberikan kata sandi dan membuat kata sandi. Setelah semua kolom diisi, klik “Kirim”.
  5. Jika sudah berhasil menyelesaikan langkah 1-4, maka akan muncul informasi “registration was success/registrasi berhasil” akan muncul. Komputer Anda akan secara otomatis mengunduh dokumen pendaftaran USM STAN. Anda harus menyimpan bukti ini untuk melanjutkan ke tahap ujian berikutnya.
  6. Anda harus memberikan konfirmasi pendaftaran online Anda saat mengikuti ujian seleksi STAN. Selain bukti pendaftaran, Anda biasanya juga perlu memberikan bukti identitas berupa KTP atau SIM.
  7. Jika ada kendala pada saat pendaftaran online USM STAN, disarankan untuk segera mengunjungi website resmi usm.stan.ac.id. Website resmi ini memiliki berbagai penjelasan mengenai syarat dan tata cara pendaftaran USM STAN secara online.
  8. Semua data yang Anda kirimkan saat mendaftar USM STAN online harus data mentah dan bukan hasil rekayasa.
  9. Jika terbukti Anda memalsukan data, STAN berhak mengambil tindakan tegas.
  10. Panitia Pelaksana juga berhak mengeluarkan pemohon jika terbukti menggunakan obat-obatan terlarang (narkoba).

Demikian informasi mengenai sekolah tinggi akuntansi negara, semoga bermanfaat untuk anda yang ingin masuk ke STAN.



Baca juga: Training Accurate Resmi #1 di Indonesia

Bagikan ke:

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram

Sekolah Tinggi Akuntansi Negara: Ini Syarat Masuk STAN