Stok Opname di Accurate Online. Stock opname merupakan sebuah kegiatan yang sering dan wajib dilakukan perusahaan guna mengetahui stock barang secara real. Stcok Opname sendiri adalah kegiatan perhitungan persediaan baik bahan baku atau barang jadi yang dilakukan dengan interval tertentu tergantung kebijakan bisnis, seperti setiap bulan, perkuartal atau pertahun.

Melakukan kegiatan stock opname merupakan kegiatan yang memakan waktu, terlebih jika bisnis Anda menggunakan banyak gudang. Namun dengan Accurate online Anda bisa membuat kegiatan stock opname menjadi lebih mudah dan cepat. Lalu bagaimana caranya melakukan stock opname di Accurate Online secara tepat dan benar? Berikut adalah penjelasannya.

Stok Opname di Accurate Online

1. Langkah pertama yaitu melakukan Perintah Stock Opname

Melakukan perintah stock opname berfungsi untuk melakukan stock opname barang-barang yang ada di accurate. Dengan melakukan perintah stock opname maka aktivitas keluar masuk barang akan terhenti sementara, sampai perintah stock opname sudah dieksekusi. Untuk melakukan perintah stock opname caranya adalah sebagai berikut:

Klik Menu Persediaan – Perintah Stock Opname

Stok Opname di Accurate Online
Stok Opname di Accurate Online

Lengkapi kolom Tanggal MulaiPenanggung JawabDikerjakan OlehGudang, dan isi informasi lain yang dibutuhkan. Jika sudah diisi maka klik Simpan

Untuk melihat daftar Perintah Stok Opname yang telah dibuat, klik tombol  yang diberi tanda lingkaran. Perintah Stock Opname yang belum dieksekuis, maka statusnya akan Menunggu Ekseskusi.

2. Melakukan Perhitungan Stock Opname dan Membuat Hasil Opname

Selanjutnya adalah melakukan perhitungan stock opname di stock fisik Anda, dan setelahnya Anda dapat membuat hasil stock opname. Yaitu dengan cara sebagai berikut:

Klik menu Persediaan lalu klik Hasil Stock Opname

 

Lengkapi kolom Tanggal Opname, lalu pilih Perintah Opname yang akan dieksekusi, kemudian pada bagian Cari/Pilih Barang, masukan nama barang yang akan dimasukan Hasil Stok Opname nya.

Selanjutnya masukan jumlah kuantitas hasil stock opname pada kolom Kuantitas. Lalu klik lanjut

Setelah melakukan perhitungan dan hasil stock opname, Anda dapat melakukan penyesuaian stock jika terjadi selisih antara setock di accurate dengan stock secara fisik. Caranya adalah:

Kembali ke menu persediaan lalu ke perintah stock opname, klik perintah stock opname yang sedang dalam perhitungan.

Stok Opname di Accurate Online

Lalu lakukan Proses Penyesuaian

Stok Opname di Accurate Online
Stok Opname di Accurate Online

Maka selisih antara stock di accurate dengan fisik akan secara otomatis ter-adjustment.

Itulah cara melalukan stock opname menggunakan accurate online, semoga bermanfaat.

Ditulis oleh : Rendi Santoso, Szeto Consultants

Kalau masih ada pertanyaan jangan sungkan utk bertanya kepada kami.

Untuk informasi lebih lanjut atau mau tanya-tanya lebih detail lagi, yukk jangan sungkan hubungi kita

Jakarta 0813 1234 7228 (Mas Jhonni)

Surabaya 0812 1234 7228 (Mas Erick)

Bandung 0812 8561 2402 (Mas Roni)

-Media Sosial SAC-

Facebook SAC

Instagram SAC

Youtube SAC