X

Syarat Pembayaran Perusahaan, Berikut Ini Penjelasannya!

Syarat Pembayaran


Dalam kegiatan jual beli dalam kehidupan sehari-hari, bagi Anda yang mungkin seorang pebisnis tentunya pasti sudah akrab dengan istilah syarat pembayaran. Apalagi jika Anda bekerja di perusahaan dagang.

Ketentuan pembayaran yang berbeda ini harus dihormati dan disepakati oleh kedua belah pihak, baik pembeli maupun penjual. Ini termasuk pemasok, penjual, dan pihak lain yang terlibat dalam kegiatan transaksional.

Biasanya, sebelum menempatkan pesanan pembelian atau purchase order, penjual terlebih dahulu diminta untuk menunjukkan ketentuan pembayaran yang diberikan oleh pemasok.

Berisi kuantitas barang, waktu pengiriman, sistem pembayaran, dll. Jika keduanya sepakat, maka barang dapat langsung dikirim melalui jalur distribusi yang ada.

Apa itu Syarat Pembayaran?

Syarat pembayaran adalah mekanisme antara penjual dan pembeli, atau bisa disebut perjanjian transaksi pembayaran atas suatu barang. Syarat payment terkait erat dengan:

  • Potongan Tunai
  • Lama waktu pembayaran
  • Jumlah Potongan Tunai yang Disediakan

Dalam situasi tertentu, ketentuan pembayaran dapat memberikan kompensasi jika terjadi keterlambatan atau ketidakpatuhan dengan waktu yang ditentukan.

Syarat Payment yang Berlaku di Perusahaan

  1. Pembayaran Tunai yaitu pembayaran yang dilakukan bersamaan dengan penyerahan barang oleh penjual kepada pembeli.
  2. Pembayaran Kredit adalah pembayaran yang dilakukan secara bertahap atau beberapa kali setelah pelanggan menerima barang.

Syarat Pembayaran Perusahaan Dagang

Ketentuan pembayaran di perusahaan perdagangan secara kredit:

  • Syarat n / 30,
  • Syarat 2/10
  • Syarat Akhir Bulan (EOM)
  • Syarat n / 10 (EOM)
  • Syarat 2/10, (EOM)

Dan untuk ketentuan pembayaran perusahaan dagang untuk membayar pinjaman adalah sebagai berikut:

  1. Syarat n / 30. Merupakan jangka waktu pengembalian pinjaman dengan masa tenggang 30 hari setelah tanggal transaksi atau invoice tanpa menerima potongan tunai.
  2. Syarat 2/10, n / 30. Hal ini mirip dengan Syarat n / 30 di atas yaitu pembayaran paling lambat 30 hari setelah barang diterima, namun perbedaannya terdapat Syarat lain. jika Anda membayarnya 10 hari sebelumnya, Anda akan menerima diskon 2%. Contoh syarat payment 2/10, n/30: PT XYZ membeli produk senilai 5 juta rupiah, tanggal faktur nya adalah di tanggal 1 April 2021 dengan ketentuan pembayaran 2/10, n/30. PT XYZ harus bisa melunasinya sebelum tanggal 11 April 2021.
  3. Syarat End of Month (EOM) berarti pembayaran harus dilakukan pada akhir bulan.
  4. Syarat n / 10, (EOM) Tanggal jatuh tempo adalah 10 hari setelah tanggal di akhir bulan. Nomor 10 bisa disesuaikan atau disepakati.
  5. Syarat 2/10, (EOM), adalah diskon 2% jika pembayaran dilakukan 10 hari sebelum tanggal jatuh tempo di akhir bulan.