Admin Finance Itu Apa? Tugas dan Gaji Administrator Keuangan

Admin Finance Itu Apa? Tugas dan Gaji Administrator Keuangan

Admin Finance Itu Apa? Tugas dan Gaji Administrator Keuangan

Admin Finance Itu Apa Tugas dan Gaji Administrator Keuangan

Admin finance adalah seorang yang mengawasi kegiatan keuangan bisnis dan bertanggung jawab atas akun organisasi serta bertanggung jawab untuk setiap tugas yang berhubungan dengan keuangan organisasi.

Mereka juga bertanggung jawab untuk mengembangkan rencana keuangan organisasi, menyiapkan laporan keuangan dan terlibat dalam mengarahkan kegiatan investasinya.

Pembukuan Lebih Lancar Dengan Accurate Accounting Software

Administrator juga bertanggung jawab untuk merencanakan tujuan keuangan jangka panjang organisasi dan melindungi aset. Mereka melakukan transaksi anggaran dan penggajian, memelihara akun yang berbeda seperti dana diskresioner dan hibah, dan memelihara catatan keuangan yang akurat untuk tujuan yang berhubungan dengan pajak.

Tugas dan Pekerjaaan Admin Finance

Ini adalah tugas Admin Finance untuk menyiapkan laporan keuangan bulanan dan tahunan organisasi. Administrator Keuangan secara teratur menyimpan spreadsheet dari semua kegiatan keuangan organisasi dan menyatukannya ke dalam laporan pada akhir bulan atau tahun. Laporan tersebut berisi fakta tentang arus masuk dan arus kas keluar dalam organisasi, yang membantu menciptakan akuntabilitas dalam bisnis.

Admin Finance juga menyimpan semua dokumentasi yang mendukung angka-angka yang terdapat dalam laporan, seperti faktur dan kuitansi, untuk keperluan audit. Admin Finance memainkan peran penting dalam keberhasilan sebuah organisasi. Mereka harus mendistribusikan sumber daya dengan cara yang membuat organisasi berfungsi secara efisien tanpa melampaui batas keuangan.

Apa saja tugas seorang Administrator Finance?

Tugas seorang Admin Keuangan berbeda tergantung pada keinginan dan struktur organisasi yang mempekerjakan mereka. Meskipun di bawah ini adalah beberapa tugas umum yang mereka lakukan;

Sudah Punya Accurate Software? Training Accurate Untuk Implementasi Lebih Efektif
  • Memproses faktur penjualan
  • Memberikan informasi keuangan dan menyimpulkan dampak terhadap kinerja bisnis dan kebutuhan pendanaan
  • Siapkan rekonsiliasi akuntansi bulanan
  • Untuk memastikan aturan keuangan perusahaan yang mempekerjakan mereka dipatuhi
  • Untuk menyiapkan akun untuk pembayaran yang diterima dan pembelian yang dilakukan oleh organisasi
  • Mengontrol pendapatan dan pengeluaran sehari-hari
  • Mengarahkan penyusunan laporan keuangan yang merangkum dan memperkirakan posisi keuangan organisasi seperti laporan laba rugi, neraca dan analisis pendapatan dan pendapatan masa depan
  • Untuk meningkatkan kontrol keuangan dalam organisasi
  • Untuk menyusun anggaran bulanan organisasi berdasarkan kebutuhan bisnis

Di mana seorang Admin Finance dapat bekerja?

Selama keuangan adalah kutukan dari semua perusahaan, Admin Finance dapat bekerja di organisasi mana pun asalkan organisasi menggunakan uang untuk kegiatan sehari-hari.

Keterampilan apa yang harus dimiliki seorang Admin Finance?

Untuk menjadi Admin Finance yang sukses, seseorang harus memiliki sejumlah keterampilan, beberapa di antaranya akan diuraikan di bawah ini;

Keterampilan komunikasi: banyak organisasi lebih menyukai individu yang dapat secara menyeluruh tanpa meninggalkan detail apa pun membuat bahasa bisnis dapat dipahami oleh klien potensial yang memiliki pengetahuan terbatas di bidang tersebut. Untuk Admin Finance yang ambisius, keterampilan tertulis dan lisan yang luar biasa adalah penting.

Keterampilan sosial: seorang Admin Keuangan perlu memiliki kemampuan untuk membangun interaksi positif dengan pelanggan karena atribut ini sangat penting jika seseorang ingin unggul dalam dunia bisnis. Karir di bidang keuangan tidak hanya melibatkan angka dan neraca, tetapi juga mengharuskan seseorang untuk berinteraksi dengan klien yang berbeda setiap hari.

Keterampilan inovatif: Admin Finance yang inovatif dan memiliki kemampuan untuk ini di luar kotak pepatah selalu paling mungkin menonjol di antara rekan-rekan mereka. Keuangan mungkin diasosiasikan dengan angka dan struktur, tetapi itu tidak berarti bahwa inovasi tidak memiliki tempat di dunia bisnis.

Keterampilan analitis: saat ini, organisasi lebih suka mempekerjakan individu yang dapat menganalisis skenario yang berbeda, yang dapat menerapkan pemikiran kritis pada situasi apa pun dan memiliki kemampuan untuk membuat keputusan yang tepat untuk setiap situasi.

Kemampuan untuk memecahkan masalah: tidak hanya cukup memiliki pengetahuan yang luas tentang sistem dan prosedur, tetapi juga sangat penting bagi Admin Finance untuk dapat menghadapi kesulitan-kesulitan yang mungkin akan datang. Apakah itu menantang dampak keuangan dari struktur bisnis yang bermasalah atau menghasilkan solusi yang dimodifikasi untuk kesulitan pelanggan, sejarah pemecahan masalah akan melihat karier Admin Finance tumbuh dengan kecepatan yang luar biasa.

Intelijen komersial: sangat penting bagi Administrator Keuangan untuk mengenali hubungan antara perilaku fiskal perusahaan dan permintaan pasar terbuka. Perusahaan hari ini mencari individu yang dapat melatih kecerdasan bisnis saat melakukan transaksi bisnis serta memiliki minat pada tren yang membentuk bisnis.

Apa saja kualifikasi yang dibutuhkan seorang Admin Finance?

Pengalaman dan referensi kerja yang tepat sangat penting bagi Admin Finance yang ambisius. Secara alami, Administrator Keuangan memulai karir mereka di posisi yang saling terkait, seperti pembukuan atau analisis keuangan. Administrator Keuangan adalah karyawan tingkat tinggi di banyak organisasi dan dapat dipromosikan dari dalam. Perusahaan yang mempekerjakan Administrator Keuangan di luar organisasi umumnya mencari kandidat dengan pengetahuan yang sesuai dari posisi terkait.

Pengalaman kerja apa pun yang terkait dengan keuangan atau manajemen bisnis dapat bermanfaat. Untuk menjadi seorang Admin Finance, seseorang membutuhkan setidaknya gelar sarjana di bidang keuangan, administrasi bisnis atau akuntansi meskipun jurusan pendidikan lain dapat dipertimbangkan jika melibatkan keuangan, manajemen atau bisnis. Perusahaan saat ini lebih memilih untuk mempekerjakan individu dengan pendidikan lanjutan seperti gelar master di bidang ekonomi, keuangan atau administrasi bisnis.

Sertifikasi sukarela dapat menetapkan tingkat kemahiran, pengalaman, dan kemampuan yang tinggi. Ada banyak sertifikasi ahli, seperti penunjukan Chartered Financial Analyst (CFA) yang ditawarkan oleh CFA Institute. Admin Finance dengan gelar Sarjana dan pengalaman kerja yang sesuai memenuhi syarat untuk mengikuti tiga ujian yang mengarah pada kredensial CFA. Sertifikasi dapat mengarah pada prospek pekerjaan dan pengembangan karir lebih lanjut.

Berapa banyak pengalaman yang dibutuhkan untuk seorang Admin Finance?

Admin Finance biasanya diharapkan memiliki setidaknya lima tahun pengalaman dalam bisnis lain atau profesi terkait keuangan seperti akuntan, agen penjualan atau analis keuangan. Meskipun, beberapa organisasi mungkin menyediakan program pelatihan manajemen yang akan membantu mempersiapkan individu yang terlatih dan sangat terinspirasi untuk terus maju dan menjadi Admin Finance.

Admin Keuangan diharapkan memiliki pengalaman dengan undang-undang dan praktik akuntansi negara bagian, wilayah, atau negara tempat mereka bekerja. Karena praktik akuntansi, undang-undang, dan pasar saham terus berubah, Admin Finance sering kali mengikuti kursus pendidikan berkelanjutan yang membuat mereka tetap up-to-date dengan perubahan tersebut.

Berapa gaji Admin Finance?

Sebagai individu yang ingin mendapatkan pekerjaan sebagai Admin Finance, seseorang harus bekerja berjam-jam tetapi dengan gaji yang melebihi gaji rata-rata sebagian besar pekerja. Kisaran gaji untuk Administrator Keuangan dapat sangat bervariasi tergantung pada banyak faktor yang sangat signifikan seperti keterampilan, latar belakang pendidikan individu, jumlah tahun pengalaman dan banyak lagi.

Admin Finance rata-rata di Indonesia menghasilkan sekitar Rp3.700.000/bulan. Potensi gaji dapat dipengaruhi oleh banyak faktor dan begitu juga kesempatan kerja. Faktor-faktor tersebut termasuk lingkungan pasar regional dan kualifikasi pendidikan individu dan riwayat kerja.

Prospek pekerjaan seorang Admin Keuangan

Pekerjaan untuk Admin Finance diperkirakan akan tumbuh sebesar 19% hingga 2026, menurut Biro Statistik Tenaga Kerja AS (BLS). Itu adalah kemungkinan pengembangan pekerjaan rata-rata di negara itu. Individu dengan pengetahuan di bidang akuntansi dan keuangan, gelar lanjutan dan sertifikasi harus memiliki prospek pekerjaan yang lebih kuat. Administrator Keuangan biasanya melatih keterampilan dalam komunikasi, perhitungan, organisasi, dan eksplorasi bahkan sebelum lulus dari sekolah menengah.

Kualifikasi adalah langkah pertama yang penting untuk mendapatkan gelar sarjana yang diperlukan dalam bidang yang berorientasi pada uang seperti keuangan, ekonomi atau akuntansi, atau dalam administrasi bisnis yang lebih umum. Program pendidikan ini membutuhkan minimal empat tahun studi penuh waktu untuk menyelesaikannya. Organisasi dengan aset utama majemuk, seperti rumah pialang atau bank investasi, dapat meminta gelar master. Tingkat lanjutan ini memakan waktu setidaknya dua tahun lebih jauh dari masa belajar sarjana.

Apapun pendidikan awal mereka, Admin Finance jarang mencapai posisi mereka segera setelah mereka lulus dari perguruan tinggi. Sebagai alternatif, mereka membutuhkan lebih dari lima tahun pengalaman dalam profesi keuangan teknis untuk mendapatkan pengetahuan praktis. Kewajiban pada tingkat awal ini berbeda menurut jabatan. Misalnya, perwakilan penjualan keuangan membeli dan menjual instrumen aset kepada orang dan bisnis, sementara akuntan memproses dan mencatat transaksi keuangan.

Sertifikasi akuntansi dari organisasi nasional seperti CFA Institute dapat menunjukkan antusiasme untuk proyek yang lebih kompleks dan akuntabel, mempercepat pendakian hierarki bisnis. Kredensial seperti itu biasanya memerlukan pendidikan terakreditasi, pengalaman kerja



Baca juga: Training Accurate Resmi #1 di Indonesia

Bagikan ke:

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram

Admin Finance Itu Apa? Tugas dan Gaji Administrator Keuangan