fbpx

Air Quality Index Jakarta: Memahami Skor Indeks Kualitas Udara

Air Quality Index Jakarta Memahami Skor Indeks Kualitas Udara

Bagikan artikel ini:

Tantangan polusi udara semakin merayap, khususnya di kota-kota besar di Indonesia. Jakarta bahkan pernah tercatat sebagai salah satu kota dengan kualitas udara terburuk di dunia. Pemberitaan ini bisa menjadi keprihatinan dan mungkin juga membingungkan bagi banyak orang. Mari kita eksplorasi lebih dalam melalui artikel ini untuk memahami Air Quality Index Jakarta dengan lebih mendalam.

Pengukuran Polusi Udara melalui Skor AQI / Indeks Kualitas Udara

Indeks Kualitas Udara (AQI) atau Air Quality Index dalam bahasa Inggris) adalah metode untuk mengukur konsentrasi polutan udara dalam lingkungan sekitar dan risiko kesehatan yang terkait dengan polusi tersebut.

Baca juga:   Bapak Koperasi Indonesia adalah Moh Hatta, Berikut Sejarahnya!

Penerbitan AQI dilakukan oleh IQAir, sebuah lembaga penelitian kualitas udara asal Swiss. Fokus IQAir adalah memantau kualitas udara global dan merilis skor polusi udara secara berkala dengan dukungan dari monitor AirVisual yang tersebar di seluruh dunia, termasuk di Jakarta dan berbagai kota di Indonesia.

Membaca dan Memahami Skor Polusi melalui AQI / Indeks Kualitas Udara

Contoh, skor Air Quality Index Jakarta hari ini adalah 123. Namun, apa arti sebenarnya dari skor polusi AQI ini? Mari kita bahas lebih mendalam.

Polusi Udara diukur melalui AQI

Terdiri dari enam jenis polutan udara:

  1. PM2.5
  2. PM10
  3. Karbon monoksida
  4. Sulfur dioksida
  5. Nitrogen dioksida
  6. Ozon permukaan tanah

AQI ditetapkan berdasarkan polutan udara dengan skor tertinggi pada saat pengukuran. Karena kualitas udara bervariasi sepanjang hari, AQI pada suatu tempat bisa berubah seiring dengan perubahan konsentrasi polutan udara. Indeks ini mewakili konsentrasi polutan udara dengan angka yang tergolong dalam kategori kualitas udara. Rentang AQI dari 0 hingga 500. Semakin tinggi angka indeks, semakin buruk kualitas udaranya.

Baca juga:   Surat Kuasa : Contoh, Jenis, dan Strukturnya. Lengkap!

Kualitas Udara: Rentang Skor dan Dampaknya

Skor AQI berperan dalam menggambarkan kondisi kualitas udara, seperti berikut:

  • Kualitas Udara Baik: Skor 0-50
    Udara bersih dan aman untuk aktivitas luar ruangan tanpa risiko kesehatan.
  • Kualitas Udara Sedang: Skor 51-100
    Udara sedang memberikan sedikit risiko, terutama bagi kelompok sensitif dengan masalah pernapasan. Aktivitas luar sebaiknya dihindari.
  • Tidak Sehat untuk Kelompok Sensitif: Skor 101-150
    Udara tidak sehat bagi kelompok sensitif, dapat menyebabkan iritasi mata, kulit, dan pernapasan. Aktivitas luar sebaiknya dihindari, dan penggunaan masker dianjurkan.
  • Tidak Sehat: Skor 151-200
    Kualitas udara tidak sehat, dapat mempengaruhi kesehatan masyarakat, terutama kelompok sensitif. Penggunaan masker dan penghindaran aktivitas luar sangat dianjurkan.
  • Sangat Tidak Sehat: Skor 201-300
    Udara sangat tidak sehat, berdampak pada kesehatan masyarakat secara signifikan. Aktivitas luar sebaiknya dibatasi, dan masker harus digunakan.
  • Berbahaya: Skor 300+
    Udara berbahaya dan dapat memicu efek buruk pada kesehatan. Aktivitas luar sangat tidak dianjurkan.
Baca juga:   Karakter Wirausaha yang Perlu Dikembangkan

Perlunya Proteksi untuk Diri dan Keluarga

Dengan pemahaman tentang skor AQI, penting bagi kita untuk mengambil tindakan yang sesuai. Hindari paparan polusi udara dengan mengikuti anjuran yang sesuai dengan skor AQI. Artikel ini menggambarkan pentingnya melindungi diri dan keluarga kita dari dampak negatif polusi udara, yang memiliki implikasi serius terhadap kesehatan jangka panjang.

Polusi udara bukan hanya masalah lingkungan, tetapi juga kesehatan kita. Oleh karena itu, komitmen Generali Indonesia untuk keberlanjutan (sustainability) melalui program PLAN & PLANT menjadi langkah nyata untuk menciptakan perubahan positif dan melindungi lingkungan serta masyarakat jangka panjang.

Artikel Terkait &

Saatnya mengalihkan perhatian ke arah pertumbuhan bisnis Anda

Izinkan kami mempercepat dan mengotomatisasi proses akuntansi serta keuangan bisnis, memastikan Anda terus berkembang dengan keyakinan penuh.