Szeto Accurate Consultants

Akuntansi Sebagai Bahasa Dunia Usaha, Mengapa Demikian?

Akuntansi Sebagai Bahasa Dunia Usaha, Mengapa Demikian?

Akuntansi Sebagai Bahasa Dunia Usaha

Jika Anda sedang mencari jawaban dari pertanyaan “Akuntansi seringkali disebut sebagai bahasa dunia usaha karena” ini dia jawabannya.

A. Hasil kegiatan akuntansi dipakai oleh pihak-pihak yang berkepentingan untuk pengambilan keputusan ekonomi
B. Akuntansi perlu disesuaikan dengan perkembangan dunia usaha
C. Hasil akhir akuntansi berupa laporan keungan
D. Akuntansi merupakan alat pengelola informasi keuangan
E. Akuntansi merupakan alat pengolah data secara manual

Jawaban: A. hasil kegiatan akuntansi dipakai oleh pihak-pihak yang berkepentingan untuk pengambilan keputusan ekonomi

Mengapa Akuntansi Disebut Sebagai Bahasa Dunia Usaha?

Akuntansi disebut bahasa bisnis karena merupakan alat untuk mengkomunikasikan informasi keuangan kepada mereka yang membutuhkannya. Semakin baik kita memahami bahasanya, semakin baik keputusan kita dan semakin baik kita mengelola keuangan kita.

Baca juga:   Cara Membuat Faktur Penjualan Accurate Online

Untuk menyampaikan informasi tersebut digunakan laporan akuntansi atau yang disebut dengan laporan keuangan. Laporan keuangan perusahaan biasanya terdiri dari empat jenis laporan, yaitu laporan posisi keuangan, laporan laba rugi komprehensif, laporan perubahan ekuitas, laporan arus kas, dan catatan atas laporan keuangan.

Laporan posisi keuangan adalah daftar sistematis yang berisi informasi tentang aset, kewajiban, dan modal perusahaan pada akhir periode tertentu.

Disebut daftar sistematis karena laporan disusun dalam urutan tertentu. Neraca menunjukkan ukuran aset perusahaan, kemampuan perusahaan untuk membayar kewajibannya, dan kemampuan perusahaan untuk memperoleh tambahan pinjaman dari pihak eksternal.

Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan informasi tentang jumlah hutang perusahaan kepada kreditur dan jumlah investasi pemilik di perusahaan.

  • Laporan Laba Rugi Komprehensif adalah gambaran pendapatan dan beban perusahaan selama periode tertentu sehingga dapat diketahui keuntungan yang diperoleh dan kerugian yang terjadi.
  • Laporan Perubahan Ekuitas adalah laporan yang menunjukkan perubahan ekuitas selama periode tertentu, seperti satu bulan atau satu tahun. Melalui laporan perubahan ekuitas, Anda dapat melihat alasan perubahan ekuitas selama periode tertentu.
  • Laporan arus kas. Dengan laporan ini, pengguna laporan keuangan dapat menilai perubahan aset bersih perusahaan, struktur keuangan (termasuk likuiditas dan solvabilitas), dan kemampuan perusahaan untuk menghasilkan uang di masa depan.
Baca juga:   Training Accurate Serang Banten

Catatan atas laporan keuangan adalah suatu daftar yang jelas mengenai rincian yang terdapat dalam laporan keuangan yang berfungsi sebagai penjelasan mengenai rincian akun-akun dalam laporan keuangan secara rinci.

Apakah Anda Menikmati Artikel Ini?
Daftar hari ini dan dapatkan pembaruan gratis langsung di kotak masuk Anda. Kami tidak akan pernah membagikan atau menjual alamat email Anda.

Bagikan ke:

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram