Laporan Keuangan Perusahaan Manufaktur dan Contoh PDF

Laporan Keuangan Perusahaan Manufaktur

Laporan Keuangan Perusahaan Manufaktur



Mau pembukuan bisnis Anda jadi lebih baik? Coba training Accurate dengan SAC!



Setiap perusahaan membutuhkan laporan keuangan tak terkecuali untuk perusahaan manufaktur. Dengan bantuan laporan keuangan, manajemen dapat melihat posisi keuangan untuk satu periode dan menilainya dari segi kebutuhan di masa mendatang.

Laporan keuangan dapat mencerminkan posisi keuangan yang sebenarnya, yang akan memudahkan pengambilan keputusan manajemen.

Pengertian Perusahaan Manufaktur

Perusahaan manufaktur adalah usaha atau bisnis yang kegiatan komersialnya adalah penjualan bahan baku atau produk setengah jadi. Selain itu, barang dagangan akan dikirimkan ke penjual sebagai bahan utama dalam produksi produknya. Contoh lainnya adalah kendaraan dari merek Honda.



Szeto Priority dapat membantu bisnis Anda mencapai tujuan dengan cepat dan tepat.



Dapat dikatakan bahwa industri manufaktur merupakan layanan yang luar biasa bagi kehidupan sehari-hari seseorang. Produk-produk perusahaan manufaktur tentunya sangat dibutuhkan di segala bidang kehidupan.

Bahkan apa yang Anda pakai atau gunakan sekarang tidak akan menyadari bahwa sebagian besar berasal dari manufaktur. Misalnya, Anda harus memiliki smartphone atau jam tangan, bukan? Suku cadang di dalamnya adalah produk dari perusahaan manufaktur.

Baik sepeda motor atau mobil dibuat, Honda tidak memproduksi semua bagian kendaraan itu sendiri, tetapi bekerja sama dengan perusahaan manufaktur atau pemasok untuk pengadaan barang guna mendukung produksi mobil.

Contoh Laporan Keuangan Perusahaan Manufaktur

Download Contoh Laporan Keuangan Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di BEI Pdf

Jika industri manufaktur tbk berhenti bekerja, maka akan berdampak cukup besar terutama pada persediaan di pasar. Berbisnis tentu saja bukan hanya soal menghitung untung atau rugi. Namun lebih dari itu, pemilik perusahaan harus mampu menerapkan, mengontrol dan mengevaluasi setiap kebijakan yang ada di perusahaan.

Related Post

Salah satunya melalui penyusunan laporan keuangan. Dalam suatu perusahaan, laporan keuangan merupakan hal yang sangat penting, yang dijadikan sebagai dasar pengambilan keputusan berdasarkan kondisi keuangan perusahaan.

Kedua industri yang terlibat dalam perdagangan, jasa dan manufaktur memerlukan pelaporan keuangan. Berikut ini merupakan contoh laporan keuangan perusahaan manufaktur.

Perbedaan Laporan Keuangan Perusahaan Dagang, Jasa dan Manufaktur

Jadi apakah laporan keuangan perusahaan perdagangan, jasa dan manufaktur sama? Jawabannya hampir sama, hanya memiliki beberapa komponen yang berbeda tergantung jenis usahanya. Daripada bingung, lebih baik baca ulasannya di bawah ini.

Financial Statements Perusahaan Dagang

Seperti yang Anda ketahui, perusahaan dagang memperoleh keuntungan atau profit dari produk yang dijual, baik yang belum jadi (bahan baku), setengah jadi (bahan makanan), dan tentunya produk jadi. Pada perusahaan dagang, sistem penjualannya juga sederhana, yaitu penjualan kembali produk yang dibeli kepada konsumen. Mereka akan sedikit menaikkan harga produk dari harga jual.

Sedikit berbeda dalam manufaktur, meskipun dijual sebagai produk, mereka lebih bervariasi. Produk tersebut dapat berupa barang jadi atau bahan baku yang telah diolah terlebih dahulu, atau bahan baku yang telah diolah tetapi masih mentah.

Sebagai aturan, laporan keuangan perusahaan dagang yang sering digunakan dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu:

  • Laporan laba rugi
  • Neraca keuangan
  • Arus kas
  • Laporan perubahan ekuitas
  • Akun hutang
  • Laporan inventaris

Financial Statements Perusahaan Jasa

Tidak seperti perusahaan dagang, perusahaan jasa ini tidak menjual produk atau barang, tetapi menawarkan jasa atau pengalaman tertentu. Oleh karena itu, bentuk laporan keuangan sedikit berbeda pada bagian saham dan pembelian.

Ketika pembelian terjadi di perusahaan jasa, itu langsung dimasukkan sebagai perangkat keras atau peralatan. Selain itu, tidak ada harga pokok penjualan dalam laporan keuangan perusahaan jasa, sehingga tidak ada laporan persediaan.

Financial Statements Perusahaan Manufacturer

Sedangkan pada perusahaan manufaktur, persediaan dan pembelian barang terdiri dari beberapa komponen, yaitu: persediaan bahan baku, bahan penolong, pembelian, persediaan dalam proses produksi, persediaan barang jadi dan harga pokok penjualan, serta harga pokok penjualan.

Laporan keuangan di industri manufaktur rumit dan sulit jika dilakukan secara manual. Untuk itulah software akuntansi manufaktur seperti Accurate Online ada. Banyak dari anda belum paham tentang penggunaannya yang tepat dan terarah dari Accurate online. Oleh karenanya anda bisa mencoba untuk melakukan training accurate.

Recent Posts