Szeto Accurate Consultants

Apotek Hidup: Jenis Tanaman dan Manfaatnya

Banyak tanaman yang bermanfaat untuk penyembuhan dan pengobatan. Kemampuan penyembuhan dan efek positif tanaman tertentu dalam pengobatan telah diketahui jauh sebelum para ilmuwan menemukan berbagai obat dengan bahan kimia. Anda juga dapat menanam dan menggunakan tanaman obat di rumah Anda sebagai apotek hidup.

Apa itu Apotek Hidup?

Apotek hidup adalah penggunaan sebagian tanah atau pekarangan rumah yang ditanami tumbuhan atau tanaman obat untuk memenuhi kebutuhan kesehatan tubuh sehari-hari. Seperti diketahui, banyak obat tradisional yang dapat digunakan untuk mengobati berbagai penyakit.

Istilah lain dari “apotek hidup” adalah taman atau kebun yang ditumbuhi berbagai jenis tanaman yang bermanfaat bagi kesehatan, seperti jahe, belimbing wuluh, temulawak, daun dewa, seledri, dan lain-lain.

Berkebun memiliki banyak manfaat. Terutama bermanfaat bagi kesehatan tubuh, sehingga menghasilkan lingkungan yang sehat dan asri. Sebuah rumah pasti akan terlihat indah jika memiliki taman yang asri dengan banyak tanaman yang indah. Jangan sia-siakan tanah atau halaman Anda untuk membangun taman Anda. Tidak hanya dari berbagai tanaman hias atau berbagai jenis bunga dan pohon buah-buahan, Anda dapat mengubah taman Anda menjadi apotek hidup yang bermanfaat bagi seluruh keluarga.

Bayangkan jika Anda memiliki tanaman obat di pekarangan Anda yang bisa Anda manfaatkan saat ada anggota keluarga yang sakit. Tentu saja menyenangkan. Anda hanya mengambilnya kapan saja, bahkan di malam hari. Tidak perlu mengeluarkan uang dan dijamin kesegarannya, karena dipanen langsung dari tanamannya.

Baca juga:   Kode Pajak (Tax Code) & Kode Jenis Setoran Lengkap

Tanaman obat tidak kalah cantiknya dengan tanaman hias. Anda juga bisa menanamnya di antara tanaman hias atau bunga yang ada. Selain itu, tanaman obat cenderung lebih efektif melawan berbagai penyakit tanaman karena mengandung zat alami untuk mengatasinya, sehingga tidak perlu menggunakan pestisida.

Jadi, untuk menciptakan apotek yang indah dan sehat, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Misalnya, Anda perlu menyelaraskannya dengan tanaman dan elemen lain di taman agar tidak merusak dekorasi taman. Anda juga perlu mengetahui tentang manfaat dari masing-masing tanaman obat dan berapa jumlahnya. Pada masa awal, pengobatan rumahan untuk tanaman obat ditemukan melalui trial and learning dari kesalahan (trial and error). Saat ini, ekstrak beberapa tanaman obat digunakan dalam pengobatan modern dan digunakan untuk mengobati berbagai penyakit serius.

Anda juga bisa mendapatkan manfaat langsung dari tanaman obat yang ditanam di kebun Anda atau di kebun rumah Anda. Berikut adalah tanaman obat yang dapat mengisi apotek hidup Anda:

Manfaat Apotek Hidup

Anda juga bisa menanam dan menggunakan tanaman obat di rumah sebagai apotek hidup. Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alam, termasuk tanaman obat tradisional. Perawatan tumbuhan alami tidak memiliki efek samping.

Obat tradisional umumnya lebih aman karena alami dan memiliki efek samping yang lebih sedikit dibandingkan obat farmasi. Inilah sebabnya mengapa beberapa orang memilih untuk menggunakan obat-obatan tradisional.

Tanaman obat tidak kalah cantiknya dengan tanaman hias. Anda juga bisa menanamnya di antara tanaman hias atau bunga yang ada.

Baca juga:   Cara Pakai QRIS Untuk Transaksi Non-Tunai

Selain itu, tanaman obat cenderung lebih efektif melawan berbagai penyakit tanaman karena mengandung zat alami untuk mengatasinya, sehingga tidak perlu menggunakan pestisida.

Jenis Tanaman yang Termasuk Apotek Hidup

Ada berbagai jenis tanaman apotek hidupyang dapat ditanam di sekitar rumah, antara lain:

  1. Jahe
    Dapat digunakan untuk batuk dan rematik, karena menimbulkan sensasi hangat.
  2. Lidah buaya
    Lidah buaya atau aloe vera sudah lama dikenal sebagai penyubur rambut. Manfaat lainnya adalah meredakan batuk.
  3. Sirih
    Sirih dikenal karena sifat antiseptiknya yang baik. Anda juga bisa menggunakannya untuk meredakan batuk.
  4. Lengkuas
    Selain sebagai bumbu dapur, lengkuas dapat menyembuhkan keputihan pada kulit.
  5. Kunyit
    Bermanfaat untuk penyakit kuning.
  6. Jintan
    Jika ada anggota keluarga yang panas, gunakan daun jinten untuk menurunkan demam. Hal ini juga membantu untuk memulai ASI untuk ibu menyusui.
  7. Bawang Merah
    Bumbu dapur yang terkenal ini juga berguna untuk masuk angin.
  8. Mahkota Dewa
    Tumbuhan yang dikenal sebagai obat. Dapat menyembuhkan tekanan darah tinggi.
  9. Kumis Kucing
    Dapat digunakan untuk meredakan nyeri punggung.
  10. Sambiloto
    Rasanya yang pahit dipercaya dapat membantu berbagai penyakit. Daunnya dapat digunakan untuk mengobati tifus dan demam.
  11. Mengkudu (Pace)
    Buah-buahan sangat bermanfaat bagi tubuh. Makan buah dapat meredakan osteoporosis.
  12. Jeruk Nipis
    Buah asam dapat digunakan untuk meredakan batuk.
  13. Begonia
    Ini adalah tanaman hias, tetapi juga membantu mengatasi nyeri haid.
  14. Melati
    Bunganya yang indah, yang wanginya sering dijadikan bahan baku wewangian, ternyata bisa menjadi tanaman obat. Daunnya membantu mengatasi sesak napas dan sakit kepala. Bunga dapat digunakan untuk mengobati radang mata.
  15. Daun Salam
    Air rebusan daun salam membantu mengatasi penyakit tukak lambung, dan juga cepat menurunkan kadar gula darah, sehingga bermanfaat bagi penderita diabetes.
  16. Jambu biji
    Jambu biji juga memiliki khasiat. Daunnya dapat digunakan untuk mengobati penyakit usus atau diare. Fungsi daunnya dapat membuat tinja menjadi keras, yang akan mengurangi buang air besar. Jus buah juga baik untuk kesehatan karena banyak mengandung vitamin C dan bermanfaat bagi penderita demam seperti demam berdarah.
Baca juga:   Perbedaan Software Accurate dengan Software Lain

Melihat banyaknya manfaat dari apotek hidup, Anda tentu bisa mendorong Anda untuk memanfaatkan lahan di rumah. Taman dapat memberikan dampak psikologis pada orang sakit sehingga lebih cepat sembuh. Perawatan tanaman juga merupakan sarana transportasi dan olahraga. Hasilnya adalah tubuh yang sehat dan indah.

Jika rumah Anda kecil, jangan putus asa, gunakan pot sebagai media tanam. Memiliki apotek hidup, rumah menjadi indah, indah, sehat dan memungkinkan Anda menghemat uang untuk pembelian obat-obatan atau bumbu dapur. Tanaman obat akan membuat Anda dan keluarga tetap sehat.

Sumber referensi: Apotek Hidup (jogjaprov.go.id)

Pembelian Software ACCURATE dan training ACCURATE bisa langsung pesan di web ini. Untuk informasi lebih lanjut dan mau tanya-tanya lebih detail lagi, yukk jangan sungkan hubungi kita bisa langsung kesini.
  • Jakarta 0813 1234 7228 (Jessica)
  • Surabaya 0812 1234 7228 (Sarah)
  • Bandung 0822 1999 7228 (Bara)
  • Semarang 0821 3000 7228 (Samara)
Hallo senang bisa membantu permasalahan Sistem Accurate Anda, jangan sungkan untuk bertanya dan mencari solusinya di kami..