Apa yang Dimaksud Dengan Kewajiban? Berikut Contohnya!

Kewajiban

Kewajiban



Mau pembukuan bisnis Anda jadi lebih baik? Coba training Accurate dengan SAC!



Setiap warga negara memiliki hak dan kewajiban. Misalnya, warga negara berkewajiban untuk saling menghormati dan menjaga kerukunan antar umat beragama. Hak dan kewajiban harus seimbang agar dipahami dan dipenuhi oleh keluarga dan anggota masyarakat. Sikap terhadap hak dan kewajiban umat beragama ini tertuang dalam sila pertama Pancasila, Ketuhanan Yang Maha Esa.

Apa yang DImaksud Dengan Kewajiban

Kewajiban adalah segala sesuatu yang harus atau harus dilakukan dengan penuh tanggung jawab. Warga negara memiliki kewajiban untuk mengemban tanggung jawab sebagai negara. Kewajiban ini diatur oleh UUD 1945.

Kewajiban ini menjadi kewajiban manusia yang harus dipenuhi seperti pekerjaan dan tanggung jawab menurut hukum. Sedangkan konsep hak adalah segala sesuatu yang diterima atau diterima secara utuh dan bertanggung jawab. Padahal, hak asasi manusia ditanamkan sejak lahir. Contoh hak dasar adalah hak untuk dicintai oleh orang tua dan hak untuk dilindungi oleh negara.

Related Post


Szeto Priority dapat membantu bisnis Anda mencapai tujuan dengan cepat dan tepat.



Contoh Kewajiban

Contoh Kewajiban Warga Negara

Kutipan dari buku Hak atau Tanggung Jawab? Modul Topik 10, berikut adalah contoh tugas warga negara yang diatur oleh UUD 1945:

  • Kewajiban menegakkan hukum dan pemerintahan sesuai dengan pasal 27 ayat 1.
  • Sebagai warga negara, Anda harus mematuhi aturan yang ditetapkan oleh pemerintah, seperti membayar pajak, membayar listrik, dan mematuhi rambu-rambu jalan.
  • Hak dan kewajiban melindungi negara (Pasal 27 ayat 3).
  • Setiap warga negara berkewajiban untuk melindungi dan mencintai negaranya.
  • Kewajiban mengikuti pendidikan dasar (pasal 31, paragraf 2)
  • Warga negara setidaknya harus menyelesaikan pendidikan dasar untuk mendapatkan pengetahuan dan kehidupan yang lebih baik.
  • Setiap orang berhak wajib menghormati hak asasi manusia atas ketertiban dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara (Pasal 28 ayat 1).
  • Dalam melaksanakan hak dan kebebasannya, setiap orang wajib mematuhi pembatasan yang ditetapkan oleh undang-undang dengan tujuan semata-mata untuk menjamin pengakuan dan penghormatan terhadap hak dan kebebasan orang lain. (Pasal 28 ayat 2)
  • Setiap warga negara wajib ikut serta dalam pertahanan dan keamanan negara (Pasal 30 ayat 1)
  • Setelah mempelajari arti tanggung jawab, sebagai warga negara tentunya ia menyadari keharmonisan dalam lingkungan. Kewajiban ini dilaksanakan dengan baik dan tidak merugikan orang lain dan diri sendiri.
  • Contoh tanggung jawab warga negara adalah mentaati aturan berlalu lintas agar tidak membahayakan pengguna jalan lainnya.

Contoh Kewajiban di Rumah

Kewajiban tidak hanya ada di ranah sosial dan publik. Tanggung jawab dilaksanakan di dalam keluarga, sehingga ayah, ibu dan anak berperan dalam mewujudkan tugas dan haknya. Berikut ini adalah contoh Kewajiban dalam lingkungan keluarga.

  • Kewajiban menghemat listrik di rumah
    Lingkungan keluarga harus menghemat sumber energi dan tidak boros dalam penggunaan. Ini karena sumber daya untuk lingkungan perlu ditangani dan digunakan dengan hemat. Tujuan penghematan listrik adalah untuk membantu daerah-daerah di Indonesia yang belum memiliki pasokan listrik yang memadai.
  • Menjaga kebersihan rumah dan sekitarnya
    Lingkungan rumah yang bersih dan asri membuat kehidupan dan kesehatan keluarga menjadi lebih baik. Lingkungan yang asri membuat rumah menjadi nyaman, dan rumah yang bersih enak dipandang.
  • Bantuan untuk orang tua
    Tugas anak di rumah adalah membantu orang tuanya. Di masa kecil, membantu orang tua adalah bentuk kasih sayang bagi mereka yang membesarkan kita.
  • Mematuhi aturan keluarga
    Setiap keluarga harus memiliki aturan untuk hidup tertib, rukun dan saling membantu. Setiap keluarga memiliki aturan disiplinnya sendiri. Contoh mengikuti aturan keluarga seperti sholat berjamaah, bergiliran membersihkan rumah, merelakan jika terlambat.
  • Belajar
    Tugas sekolah biasanya dikerjakan di rumah. Sebagai siswa, anak bertanggung jawab atas tugas sekolah yang diselesaikan di rumah. Jika belum paham, bisa bertanya kepada kerabat dan orang tua yang lebih memahami materi.

Contoh Kewajiban di Masyarakat

  • Patuh dengan rambu-rambu jalan/lalu lintas
    Aturan lalu lintas mengikat semua pengguna jalan. Masyarakat harus mengikuti aturan berlalu lintas, seperti memakai helm, menyalakan lampu depan sepeda motor, dan mematuhi lampu lalu lintas. Tanggung jawab untuk mematuhi rambu-rambu lalu lintas tersebut adalah untuk mencegah terjadinya kecelakaan dan merugikan orang lain.
  • Menjaga Keamanan
    Salah satu contoh kewajiban di tempat umum adalah keamanan. Orang harus mengendarai kendaraan dengan hati-hati untuk menghindari kecelakaan serius.
  • Wajib menjaga lingkungan hidup / alam sekitar
    Setiap warga negara memiliki tanggung jawab untuk menjaga lingkungan hidup yang bersih dan berkelanjutan. Dampak kurangnya perlindungan lingkungan, pencemaran, banjir, kebakaran hutan, tanah longsor dan pemanasan global.
  • Bersikap sopan
    Sopan santun sudah menjadi budaya di masyarakat, baik pada anak-anak maupun orang dewasa. Misalnya, anak-anak diajarkan untuk berbicara dengan sopan kepada orang yang lebih tua, memberikan preferensi kepada wanita yang lebih tua atau wanita hamil di angkutan umum.

Contoh Kewajiban di Lingkungan Sekolah

  • Hormati Guru
    Di sekolah, guru berperan sebagai orang tua yang mendidik siswanya. Guru memberikan bimbingan dan pengetahuan untuk masa depan. Sebagai seorang siswa, tentu saja Anda harus menghormati guru. Misalnya, mengikuti peraturan sekolah, berjabat tangan, mendengarkan guru saat menjelaskan, dan bersikap sopan kepada guru.
  • Kumpulkan tugas tepat waktu
    Siswa berkewajiban untuk menyelesaikan tugas dan bertanggung jawab sebagai guru. Menyerahkan tugas tepat waktu adalah cara disiplin dan hak untuk mendapatkan nilai bagus.
  • Tolong Menolong Antar Sesama
    Membantu adalah salah satu cara untuk menumbuhkan rasa saling menghormati. Manfaat saling membantu dapat meningkatkan rasa kasih sayang antar sesama.

Demikian informasi mengenai pengertian kewajiban beserta dengan contohnya.

Recent Posts