Apa Itu Loan Service? Berikut Tugas dan Contohnya!

Apa Itu Loan Service? Berikut Tugas dan Contohnya!

Apa Itu Loan Service? Berikut Tugas dan Contohnya!

Apa Itu Loan Service Tugas dan Contohnya!

Loan Service adalah aspek administrasi pinjaman dari saat hasil dibagikan kepada peminjam sampai pinjaman dilunasi. Layanan Pinjaman termasuk mengirimkan laporan pembayaran bulanan, mengumpulkan pembayaran bulanan, memelihara catatan pembayaran dan saldo, mengumpulkan dan membayar pajak dan asuransi (dan mengelola dana escrow), mengirimkan dana kepada pemegang wesel, dan menindaklanjuti setiap tunggakan.

Cara Kerja Layanan Pinjaman

Loan Service dapat dilakukan oleh bank atau lembaga keuangan yang mengeluarkan pinjaman, entitas non-bank yang mengkhususkan diri dalam Layanan Pinjaman, atau vendor pihak ketiga untuk lembaga pemberi pinjaman. Loan Service juga dapat merujuk pada kewajiban peminjam untuk melakukan pembayaran pokok dan bunga pinjaman secara tepat waktu sebagai cara untuk menjaga kelayakan kredit dengan pemberi pinjaman dan lembaga pemeringkat kredit.

Pembukuan Lebih Lancar Dengan Accurate Accounting Software

Loan Service secara tradisional dilihat sebagai fungsi inti yang diadakan di dalam bank. Bank mengeluarkan pinjaman asli, jadi masuk akal bahwa mereka akan bertanggung jawab untuk menangani administrasi pinjaman. Itu, tentu saja, sebelum sekuritisasi pinjaman yang meluas mengubah sifat perbankan dan keuangan secara umum. Begitu pinjaman dan hipotek pada khususnya dikemas ulang menjadi surat berharga dan dijual dari pembukuan bank, Layanan Pinjaman terbukti menjadi lini bisnis yang kurang menguntungkan daripada pemberian pinjaman baru.

Jadi bagian Layanan Pinjaman dari siklus hidup pinjaman dipisahkan dari awal dan dibuka ke pasar. Mengingat beban pencatatan Layanan Pinjaman dan perubahan kebiasaan dan harapan peminjam, industri menjadi sangat bergantung pada teknologi dan perangkat lunak.

Contoh Loan Service

Loan Service sekarang menjadi industri tersendiri. Pemberi pinjaman dikompensasikan dengan mempertahankan persentase yang relatif kecil dari saldo terutang, yang dikenal sebagai biaya servis atau strip servis. Biaya ini biasanya berjumlah 0,25 hingga 0,5 poin persentase dari setiap pembayaran pinjaman berkala.

Misalnya, jika pembayaran bulanan adalah Rp2.000.000 dan biaya servis 0,25%, pemberi layanan berhak untuk menahan Rp5000 atau (0,0025 x 2.000.000) dari setiap pembayaran sebelum menyerahkan jumlah yang tersisa kepada pemegang wesel.

Sudah Punya Accurate Software? Training Accurate Untuk Implementasi Lebih Efektif

Tugas Loan Service dan Consumer Loan

Sementara itu, tren di antara penyedia pinjaman hipotek besar adalah perlahan-lahan mundur dari pasar sebagai tanggapan atas meningkatnya masalah regulasi. Sebagai gantinya, bank-bank regional yang lebih kecil, dan penyedia layanan non-bank bergerak ke luar angkasa.

Loan Service secara tradisional dilakukan oleh pemberi pinjaman (bank besar) seperti Bank BTN, BCA, BRI, tetapi pemain regional yang lebih kecil, dan penyedia layanan non-bank seperti Telkomsel mulai bergerak.

Selama krisis keuangan 2007-2008 meningkatkan pengawasan terhadap praktik sekuritisasi dan pengalihan kewajiban pembayaran pinjaman. Akibatnya, biaya Layanan Pinjaman telah meningkat dibandingkan dengan tingkat yang terlihat sebelum krisis, dan selalu ada potensi untuk lebih banyak regulasi.

Sementara itu, beberapa pemberi pinjaman telah menggunakan teknologi untuk mencoba mengurangi biaya kepatuhan dan ada juga beberapa bank yang memfokuskan kembali pada melayani portofolio pinjaman mereka sendiri untuk menjaga hubungan dengan klien ritel mereka.

Sumber: Loan Servicing Definition (investopedia.com)



Baca juga: Training Accurate Resmi #1 di Indonesia

Bagikan ke:

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram

Apa Itu Loan Service? Berikut Tugas dan Contohnya!