Rekonsiliasi PPN Accurate Online

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Rekonsiliasi PPN Accurate Online

Sebagai seorang Pengusaha Kena Pajak (selanjutnya PKP) yang melakukan penyerahan Barang Kena Pajak (selanjutnya BKP) atau Jasa Kena Pajak (selanjutnya JKP) secara otomatis dirinya harus menerbitkan Faktur Pajak. Faktur pajak harus diterbitkan sebagai tanda bukti bahwa PKP yang bersangkutan telah memungut PPN dari pihak yang telah membeli barang tersebut.

Praktik lapangan sering dijumpai bahwa pembuatan faktur pajak melewati batas waktu maksimal pembuatannya sehingga faktur pajak tersebut expired atau tidak berlaku lagi. Tak berhenti di situ saja, karena ada konsekuensi juga karena faktur pajak yang expired yaitu dalam UU PPN secara tegas menyebutkan bahwa dikenakannya sanksi berupa denda sebesar 2% dari Dasar Pengenaan Pajak (selanjutnya DPP).

Beruntungnya bagi para pengusaha yang menggunakan Accurate Online, karena salah satu fitur Accurate Online yaitu dapat membuat faktur penjualan sekaligus dengan running number e-nofa yang bisa di set (cara set e-nofa selengkapnya klik disini) sebelum penginputan faktur penjualan, sehingga tidak ada kekhawatiran lagi jika lupa untuk membuat faktur pajak.

sebelum penginputan faktur penjualan, sehingga tidak ada kekhawatiran lagi jika lupa untuk membuat faktur pajak.

Saat pembukuan suatu PKP sudah rapi maka yang seharusnya dilakukan yaitu melakukan rekonsiliasi PPN setiap bulannya. Mengapa rekonsiliasi ini penting dilakukan ??? karena berhubungan dengan pendapatan perusahaan dan untuk memastikan semua objek PPN sudah dipungut, dibayar, dan disetorkan.

Berikut ini cara melakukan :

rekonsiliasi PPN di Accurate Online

  • Menu laporan > daftar laporan

rekonsiliasi ppn accurate online1

  • Pajak > rekonsiliasi PPN lebih/kurang bayar

  • Tampilan laporan rekonsiliasi PPn lebih/kurang bayar

rekonsiliasi ppn accurate online3

 

Note : laporan rekonsiliasi PPN sebetulnya sudah disediakan, akan tetapi mengingat bahwa masa berlaku Faktur Pajak Masukan yaitu selama 3 bulan, maka laporan tersebut kurang efektif jika ada Faktur Pajak Masukan yang ingin dikreditkan pada bulan yang berbeda.

Berdasarkan pertimbangan laporan tersebut, bahwa yang dapat dilakukan untuk melakukan rekonsiliasi PPN yaitu melalui aplikasi luar Accurate dan baru setelah itu dibukukan dengan cara sebagai berikut :

  • Melalui menu buku besar > jurnal umum

rekonsiliasi ppn accurate online4

  • Input hasil nilai rekonsiliasi PPN sebagai berikut
    • Apabila kurang bayar

rekonsiliasi ppn accurate online5

    • Apabila lebih bayar

    • Untuk PKP yang belum beroperasi/berproduksi

Demikianlah bagaimana caranya untuk melakukan rekonsiliasi di Accurate Online dengan memperhatikan beberapa aspek pertimbangan.

Semoga bermanfaat

Ditulis oleh : Muhamad Rifqi

Untuk informasi lebih lanjut atau mau tanya-tanya lebih detail lagi, yuk jangan sungkan hubungi kita bisa langsung kesini.

Jakarta 0813 1234 7228 (Jasen)

Surabaya 0812 1234 7228 (Sebastian)

Bandung 0822 1999 7228 (Bara)

-Media Sosial SAC-

Facebook SAC

Instagram SAC

Youtube SAC

 

Baca juga

  1. Hak Akses Accurate Online
  2. Rekonsiliasi Bank Otomatis pada Accurate Online
  3. Faktur Penjualan Mendahului Pengiriman Barang
  4. Penomoran Pajak Accurate Online
  5. Produksi Sederhana Accurate Online
  6. Penyesuaian Stok Atas Selisih Pemindahan Barang
  7. Target Penjualan Accurate Online
  8. Laporan Keuangan Penting Accurate
  9. Komisi Salesman di Accurate Online
  10. Import Penjualan E-Commerce ke Accurate Online
  11. Mengubah Persediaan menjadi Aset Tetap
  12. Modifikasi Laporan Accurate Online
  13. PPh 23 Accurate Online
  14. Pentingnya Budgeting pada Keuangan Perusahaan
  15. Tutup Buku Accurate Online

Penghapusan Piutang Usaha di Accurate Online

Penghapusan Piutang Usaha di Accurate Online Mungkin ada diantara pengguna accurate online yang memiliki piutang usaha kemudian mau tidak mau harus melakukan pemutihan / penghapusan piutang dikarenakan perusahaan pelanggan dinyatakan pailit ataupun karena hal yang lainnya. Hal ini tentu harus diperhatikan karena jika piutang tersebut

Read More »

Pencatatan Usaha Perikanan di Accurate Online

Pencatatan Usaha Perikanan di Accurate Online Halo sobat Accurate, pada artikel kali ini kita akan membahas sedikit tentang bagaimana pencatatan usaha perikanan di Accurate Online. Tentu saja untuk pencatatan usaha perikanan di Accurate Online tidaklah begitu susah atau sulit dalam proses pengaplikasiannya. Lalu bagaimana caranya

Read More »
Pencatatan Prepaid di Accurate Online

Pencatatan Prepaid di Accurate Online

Pencatatan Prepaid di Accurate Online Dalam melakukan bisnis biasanya kita suka membayar terlebih dahulu untuk beberapa kasus seperti sewa gedung, sewa alat yang kita butuhkan untuk kelangsungan dari usaha kita sendiri. Nah biasanya untuk pencatatan dalam akuntansi nya itu kita tidak langsung di jadikan beban

Read More »