Revaluasi adalah? Berikut Ini Pengertian dan Contohnya!

Revaluasi adalah? Berikut Ini Pengertian dan Contohnya!

Revaluasi adalah? Berikut Ini Pengertian dan Contohnya!

Revaluasi adalah Berikut Ini Pengertian dan Contohnya!

Pernah mendengar istilah revaluasi? jika Anda baru pertama kali mendengar istilah tersebut maka kemungkinan Anda belum mengetahui apa itu revaluasi. Pahami pengertian revaluation dan contohnya berikut ini:

Apa Itu Revaluasi

Revaluasi adalah kebijakan ekonomi yang ditempuh oleh pemerintah dengan meningkatkan nilai mata uang nasional terhadap mata uang asing atau asing.

Pembukuan Lebih Lancar Dengan Accurate Accounting Software

Tujuan dari kebijakan ini adalah untuk melakukan intervensi agar nilai mata uang nasional tetap stabil. Istilah “revaluation” lebih sering dikaitkan dengan peningkatan nilai uang suatu negara relatif terhadap nilai mata uang asing.

Contoh Revaluasi

Revaluasi Aset Tetap

Revaluasi aset tetap disebabkan oleh kenaikan nilai pasar dari aset tetap tersebut atau oleh nilai yang rendah dari aset tetap dalam laporan keuangan perusahaan yang disebabkan oleh devaluasi atau alasan lain, sehingga nilai aset tetap dalam laporan keuangan tidak lagi mencerminkan nilai wajar.

Tujuan Revaluation Aset Tetap

Tujuan revaluation aset tetap perusahaan adalah agar perusahaan dapat menghitung laba dan biaya secara lebih akurat sehingga mencerminkan kemampuan dan nilai perusahaan yang sebenarnya.

Keuntungan Revaluation Aset Tetap

  • Keseimbangan menunjukkan keadaan kesejahteraan yang adil.
  • Peningkatan nilai aset tetap mengakibatkan peningkatan beban penyusutan aset tetap, yang termasuk dalam laba rugi atau termasuk dalam biaya produksi.

Kekurangan Revaluation Aset Tetap

Kendala yang dihadapi dalam melakukan revaluation aset tetap yaitu kegiatan ini tergolong kegiatan yang tidak mudah dilakukan dan memerlukan biaya yang tinggi bagi penilai.

Sudah Punya Accurate Software? Training Accurate Untuk Implementasi Lebih Efektif

Aset tetap yang dapat dinilai kembali adalah aset tetap berwujud yang berada atau berada di Indonesia yang dimiliki dan digunakan untuk menghasilkan, menagih, dan memelihara penghasilan, yaitu ojek pajak.

Contoh Revaluation Aset Tetap

Sesuai dengan Peraturan Standar Akuntansi PSAK 16, dua metode analisis yang digunakan untuk revaluation aset tetap, yaitu model biaya dan model revaluasi.

Contohnya, Anda membeli mobil pada Januari 2021 seharga 200.000.000, tetapi pada Desember 2020 ternyata mobil itu bernilai Rp250.000.000. Maka biaya mobil akan tetap Rp200.000.000. Di sisi lain, revaluation membebani aset jika aset tersebut telah dinilai kembali. Artinya dari contoh di atas, nilai aset mobil Anda adalah Rp250.000.000.

Revaluasi BMN (Barang Milik Negara)

Revaluation juga mengacu pada kebijakan ekonomi yang ditempuh oleh pemerintah. Perdagangan luar negeri suatu negara dapat didukung dengan melakukan revaluation.

Sesuai dengan Perpres Nomor 75 Tahun 2017 tentang Revaluasi Barang Milik Negara/Daerah. Kegiatan BMN ini dapat dilihat sebagai kelanjutan dari kegiatan Inventarisasi dan Evaluasi (IP-BMN) BMN 2007.

Apa itu Revaluasi BMN?

Kegiatan revaluasi BMN tahun 2017 adalah upaya untuk meningkatkan kualitas nilai wajar yang tercermin dalam neraca keuangan, mengingat BMN IP sudah beroperasi 10 tahun yang lalu dan dengan perkembangan perekonomian Indonesia saat ini tentunya BMN Nilai telah berubah dari nilai wajar 10 tahun yang lalu.

Tujuan Revaluation BMN

Kegiatan revaluation BMN merupakan arahan dari Menteri Keuangan untuk memperoleh aset publik yang diperbarui, serta salah satu kesepakatan Komisi XI DPR RI yang meminta Menteri Keuangan untuk melakukan revaluation aset di BMN, yang akan digulirkan sebagai dasar penerbitan. Aset Dasar Surat Berharga Syariah Negara (SBSN).

Dengan demikian, tujuan dari BMN 2017 adalah untuk meningkatkan keandalan dan keakuratan BMN yang dilaporkan dalam laporan keuangan, meningkatkan leverage BMN sebagai underlying asset penerbitan SBSN, membangun database BMN yang lebih baik untuk kepentingan pimpinan BMN di masa depan, dan mengidentifikasi BMN yang menganggur.



Baca juga: Training Accurate Resmi #1 di Indonesia

Bagikan ke:

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram

Revaluasi adalah? Berikut Ini Pengertian dan Contohnya!