Thrift adalah: Pengertian Thrift Shop dan Contoh Barangnya!

Thrift adalah: Pengertian Thrift Shop dan Contoh Barangnya!

Thrift adalah: Pengertian Thrift Shop dan Contoh Barangnya!

Thrift adalah Pengertian Thrift Shop dan Contoh Barangnya

Pernahkah Anda mendengar tentang penjualan barang bekas dari satu orang ke orang lain? Atau apakah Anda pernah membeli barang bekas? Saat ini, penjualan produk ini dikenal sebagai thrift shop / stores. Jika Anda ingin memulai bisnis, toko barang bekas adalah bisnis yang tepat saat ini.

Bisnis ini, yang tidak memerlukan banyak modal awal, bisa sangat menguntungkan. Jangan sampai Anda melewatkan peluang bisnis, termasuk bisnis thrift.

Pembukuan Lebih Lancar Dengan Accurate Accounting Software

Apa itu thrift shop / store?

Apa itu Thrift Store

Seperti namanya, thrift adalah menabung atau cara menggunakan uang, menghindari pemborosan dan shop/store artinya toko.

Toko barang bekas berarti toko atau bisnis yang menjual barang bekas secara internasional dan domestik. Juga dikenal sebagai thrift shop. Sejak tahun 2013, perdagangan barang bekas mulai merambah ke Indonesia, mulai dari barang langka hingga merek terkenal.

Namun, dalam bisnis konsinyasi, apapun barang dan mereknya, selama barang bekas tersebut dalam keadaan baik dan layak pakai, dapat diperjualbelikan.

Sudah Punya Accurate Software? Training Accurate Untuk Implementasi Lebih Efektif

Jenis produk toko thrift

Jenis produk toko thrift

Dalam bisnis atau toko barang bekas, Anda dapat berdagang berbagai jenis produk. Anda bisa menjual pakaian bekas, celana, topi dan sepatu. Namun, produk apa saja yang bisa diperdagangkan dalam bisnis ini?

Berikut ini adalah produk-produk yang dapat diperdagangkan di Thrift Stores:

  1. Pakaian
    Pakaian bekas bisa menjadi pilihan utama untuk memulai bisnis ini. Jenis ini memiliki banyak kategori, mulai dari kemeja, jaket, jeans dan celana yang terbuat dari bahan. Bahkan rompi bisa ditukar. Anda harus menyadari bahwa semakin baik nama merek, semakin tinggi nilai jual kembali, bahkan jika barang tersebut digunakan. Jenis produk ini merupakan jenis yang paling banyak beredar di pasaran Indonesia saat ini.
  2. Jam
    Jam tangan premium seperti Rolex, Patek Philippe, Hublot dan Omega bisa menjadi salah satu produk Anda. Namun, jika modal Anda kecil, Anda bisa menjual jam tangan bekas lokal seperti Eiger, Expedition dan Woodka yang juga sering diincar pembeli thrift.
  3. Tas
    Seperti jam tangan, tas juga sering dijual di bisnis ini. Semakin baik sebuah merek menjual, semakin tinggi nilainya. Namun, itu kembali ke target pasar Anda. Anda menentukan target pasar Anda dari kelas ekonomi bawah, menengah atau atas.
  4. Sepatu
    Toko barang bekas sering menjual jenis ini. Khusus untuk sepatu langka atau limited. Bahkan bisa lebih mahal jika ada kardus atau pesanan pembelian.
  5. Buku
    Anda juga bisa menjual buku bekas. Mulai dari buku-buku yang sering dibutuhkan oleh anak sekolah, dan diakhiri dengan buku-buku langka untuk para kolektor. Ada banyak jenis buku seperti komik, kamus, novel dan panduan perjalanan.
  6. Perhiasan
    Tentu saja ini adalah salah satu jenis produk yang tidak bisa diluncurkan dengan modal kecil. Meski demikian, kebutuhan emas akan tetap laku di pasaran karena nilainya biasanya terus naik dari waktu ke waktu. Apalagi jika setiap perhiasan yang Anda jual memiliki sertifikat.
  7. Barang-barang rumah tangga
    Selain produk-produk sebelumnya, Anda juga bisa menjual barang-barang rumah tangga seperti karpet, gelas, piring kaca, panci dan wajan. Tentunya Anda juga perlu memperhatikan setiap produk yang Anda jual agar orang yang membeli merasa percaya dan membeli produk tersebut kembali ke bisnis Anda.

Mengapa Membeli Barang Thrift?

Mengapa Membeli Barang Thrift

Bisnis thrift store digemari oleh kalangan usia tertentu. Ketika Anda memulai bisnis toko barang bekas, Anda harus menyadari bahwa menjual barang-barang seperti itu menguntungkan usia produktif, terutama bagi remaja. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena meskipun target pasar Anda hanya pada usia tertentu.

Menurut studi Jurnal Riset Tindakan Indonesia (JRTI) tahun 2017, menunjukkan bahwa remaja rentan terhadap perilaku konsumtif karena merupakan masa transisi dari masa kanak-kanak menuju dewasa. Apalagi, Indonesia memiliki jumlah penduduk usia kerja terbesar.

Bisnis modern

Barang bekas di Indonesia merupakan barang yang baru muncul beberapa tahun terakhir dan bahkan sedang menjadi trend akhir-akhir ini.

Bagi mereka yang suka membeli barang bekas, pakaian tidak hanya menjadi kebutuhan pertama, tetapi menjadi bagian dari gaya hidup mereka.

Produk memenuhi kebutuhan

Produk yang Anda jual di toko Anda menjadi kebutuhan bagi mereka. Dengan harga yang pas di kantong, namun tetap bisa tampil menarik. Selain itu, barang-barang seperti jam tangan dan perhiasan tidak mengalami penuaan, sehingga kebutuhan akan barang-barang tersebut akan bertahan selamanya.

Modal kecil untung besar

Tahukah Anda bahwa baju bekas yang biasanya dijual di toko barang bekas dengan harga Rp 25.000-150.000, di toko tersebut dijual dengan harga Rp 1 juta per kantong. Satu tas pakaian bekas, Anda akan menerima 50-100 item secara acak.

Jika Anda membeli 1 tas seharga 1 juta Rupiah dan mendapatkan 50 item, kemudian Anda menjualnya kembali dengan harga Rs 50.000, Anda akan mendapatkan modal Anda kembali bersama dengan keuntungan Rs 2.500.000.

Pilihan belanja

Bahkan jika Anda menjual barang bekas, beberapa orang lebih suka membeli barang bekas. Mereka sangat gemar berburu barang bekas di pasaran, tentunya harganya bisa turun hingga dua kali lipat dari harga awal.

Thrift bisnis dengan banyak kepentingan

Bisnis ini sangat cocok untuk generasi sekarang, generasi yang membeli barang secara impulsif dan suka mengikuti tren, sehingga rela mengeluarkan uang yang cukup banyak.

Namun dengan adanya thrift store tentunya hal ini menjadi solusi dari permasalahan tersebut. Mereka bisa membeli barang-barang bermerek dengan harga terjangkau.

Banyak platform yang cocok untuk bisnis toko barang bekas

Saat ini banyak sekali online marketplace yang menjadi tempat jual beli barang bekas. Dengan cara ini Anda tidak perlu bingung saat memulai bisnis. Anda tinggal menuliskan kata kunci “secondhand” atau “preloved” dan kemudian akan muncul situs jual beli barang bekas. Bagaimana? Tentunya bisnis ini bisa menjadi pilihan bagi Anda yang memang ingin memulai bisnis dengan modal minim.

Namun, bisa juga dilakukan bagi Anda yang memang ingin menjual produk branded yang menyasar pasar kelas menengah ke atas. Tentu saja, semua bisnis membutuhkan pengetahuan pemasaran, semua bisnis membutuhkan faktur, laporan keuangan, dan inventaris yang jelas.

Kini Anda tidak perlu lagi repot mengelola semuanya dengan software akuntansi seperti Accurate Online. Anda dapat dengan mudah mengelola keuangan Anda, menggunakan aplikasi pencatat, mengontrol inventaris, dan melihat laporan bisnis kapan saja, di mana saja. Accurate Online adalah perangkat lunak keuangan terbaik untuk membantu Anda mengelola keuangan bisnis Anda sepenuhnya.

Hubungi kami untuk Jasa Training Accurate dengan Konsultan Profesional agar pembukuan Anda semakin mudah dan lancar.

Halo Hellen Saya Berminat Training Accurate



Baca juga: Training Accurate Resmi #1 di Indonesia

Bagikan ke:

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram

Thrift adalah: Pengertian Thrift Shop dan Contoh Barangnya!