Apa Itu EBIT? EBIT adalah Laba Sebelum Pajak

Apa Itu EBIT? EBIT adalah Laba Sebelum Pajak

Apa Itu EBIT? EBIT adalah Laba Sebelum Pajak

Apa Itu EBIT_ EBIT adalah Laba Sebelum Pajak

Apakah Anda tahu apa itu EBIT? Dalam akuntansi, EBIT adalah istilah bahasa Inggris, yaitu Earning Before Interest and Tax, yang berarti laba sebelum bunga dan pajak perusahaan.

Apa Itu EBIT?

Apa Itu EBIT

Pembukuan Lebih Lancar Dengan Accurate Accounting Software

Laba sebelum bunga dan pajak adalah ukuran profitabilitas perusahaan. Laba Bersih Sebelum Pajak dihitung sebagai pendapatan dikurangi biaya, tidak termasuk pajak dan bunga. EBIT juga disebut sebagai pendapatan operasional dan pendapatan sebelum bunga dan pajak.

Sementara itu, Laba Bersih Sebelum Pajak juga berperan dalam analisis laporan keuangan, yang mempengaruhi tiga komponen penting, yaitu laba kotor, laba operasi, dan laba bersih. Oleh karena itu, Laba Sebelum Pajak ini biasanya lebih disukai oleh investor atau pemberi pinjaman. Karena Laba Bersih Sebelum Pajak juga mendukung keberhasilan operasi perusahaan, serta profitabilitas, tanpa memikirkan risiko membayar bunga dan pajak.

Dengan demikian, laba sebelum bunga dan pajak ini dimaksudkan untuk membantu investor dan kreditur memahami keadaan perusahaan. Serta mengetahui kemampuan membayar kewajiban atau kewajiban.

Rumus EBIT

Rumus EBIT

Sudah Punya Accurate Software? Training Accurate Untuk Implementasi Lebih Efektif

Cara menghitung laba sebelum pajak menggunakan rumus berikut,

EBIT = pendapatan – harga pokok penjualan – biaya operasional.

atau

EBIT = laba bersih + bunga + pajak

Perhitungan EBIT adalah biaya produksi perusahaan (bahan baku dan beban operasional umum, termasuk gaji karyawan) dikurangi pendapatan. Di bawah ini adalah langkah-langkahnya:

  • Ambil pendapatan atau penjualan dari bagian atas laporan laba rugi.
  • Kurangi harga pokok penjualan dari pendapatan atau penjualan untuk memberi Anda margin kotor.
  • Kurangi biaya operasional dari laba kotor untuk mendapatkan EBIT.

Metode dan Formula EBIT Untuk Bisnis

Metode dan Formula EBIT Untuk Bisnis

Berikut adalah dua metode perhitungan Laba Bersih Sebelum Pajak yang dapat Anda terapkan pada bisnis Anda sejauh menyangkut rumus:

Metode Langsung

Dalam metode langsung ini menunjukkan nilai laba sebelum bunga dan pajak dari awal pertama laporan laba rugi, sehingga nilai laba sebelum pajak dan bunga akan terlihat dari kinerja operasi awal perusahaan.

Tujuan dari metode ini digunakan dalam manajemen atau akuntansi perusahaan untuk dapat memperkirakan atau mengevaluasi laba pada pertengahan tahun. Rumus untuk metode EBIT langsung, yaitu:

EBIT = Penjualan bersih – Harga pokok penjualan – Beban operasional

Metode Tidak Langsung

Metode tidak langsung berbeda dengan metode langsung dimana perhitungan ini menunjukkan nilai riil yang dihasilkan dari beban bunga dan pajak perusahaan.

Setelah itu, hasilnya akan ditambahkan ke laba bersih, kemudian hasil laba ini akan menunjukkan seberapa besar tingkat profitabilitas pada akhir tahun.

Jika Anda ingin mengevaluasi hasil kegiatan perusahaan di akhir tahun, maka Anda disarankan untuk menggunakan metode ini. Karena dengan penghasilan sebelum bunga dan pajak ini, Anda dapat memutuskan untuk merencanakan perusahaan untuk tahun depan. Rumus berikut untuk metode EBIT tidak langsung adalah:

EBIT = laba bersih + beban bunga + pajak

Contoh Cara Menghitung EBIT

Untuk membantu Anda lebih memahami cara menghitung EBIT, Anda dapat menggunakan metode tidak langsung untuk melihat keuntungan sebenarnya pada contoh di bawah ini:

Jumat Sukses memiliki laporan penghasilan tahun 2020, rincian datanya sebagai berikut:

Hasil penjualan = Rp 6.000.000.000
Harga Pokok Penjualan (HPP) = Rp 2.700.000.000.
Laba Kotor = Rp 3.300.000.000
Biaya operasional = Rs 1.250.000.000.
Biaya bunga = Rp 300.000.000
Pajak penghasilan = Rp 150.000.000
Laba Bersih = Rp 1.600.000.000

Di bawah metode tidak langsung, EBIT adalah:

EBIT = laba bersih + pajak + bunga
EBIT = Rp 1.600.000.000 + Rp 150.000.000 + Rp 300.000.000
EBIT = Rp 2.050.000.000.

Dengan adanya pembahasan perhitungan laba sebelum bunga dan pajak di atas, maka dapat disimpulkan bahwa PT. Sukses memiliki penghasilan sebelum bunga dan pajak sebesar Rp 2.050.000.000.

Manfaat Perhitungan EBIT Bagi Investor dan Manajemen

Ada beberapa manfaat bagi perusahaan atau investor sebagai cara menghitung EBIT.

Manfaat Bagi Investor

Wajar bagi seorang investor yang berinvestasi di suatu perusahaan untuk mengetahui seberapa sukses perusahaan tersebut. Berbagai fasilitas yang diterima investor ini benar-benar rumit. Karena bagian ini perlu dipikirkan dan diketahui secara matang agar investor tidak hanya mengapresiasinya, tetapi juga bisa membandingkan bisnis lain yang sejenis. Dengan demikian, berkat keuntungan menghitung laba sebelum bunga dan pajak, investor dapat mengetahui apa saja keuntungannya, yaitu:

  • Memahami kesehatan keuangan suatu perusahaan itu sehat atau tidak.
  • Kenali konsep, ide, dan bahkan tindakan di dalam perusahaan.
  • Dapat menganalisis hutang perusahaan dan membandingkan bisnis pesaing.
  • Mengetahui perbandingan laba perusahaan dengan pesaing selain hutang.
  • Memahami kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajiban hutang, serta membayar upah kepada karyawan.
  • Lihat perbandingan efektivitas manajemen masing-masing perusahaan.
  • Cari tahu seberapa jauh perusahaan dapat melangkah di masa depan.
  • Membantu memberikan modal kepada perusahaan dalam merencanakan dan mengembangkan usahanya.

Manfaat Bagi Manajemen

Selain itu, keuntungan ini bermanfaat tidak hanya bagi investor, tetapi juga bagi manajemen perusahaan. Beberapa manfaat laba sebelum bunga dan pajak adalah:

Memahami derajat kemampuan perusahaan dalam membayar hutang dan membiayai operasionalnya.
Menawarkan ide dan cara untuk mengembangkan perusahaan dalam rangka meningkatkan keuntungan.
Anda perlu tahu seberapa efektif perusahaan itu. Misalnya, mengubah promosi, mengajukan lembur atau tidak, dan sebagainya.

Untuk membantu perkembangan perusahaan, apakah perusahaan berhak untuk mengembangkan usahanya atau ingin meningkatkan keuntungan.

Ini adalah keuntungan Anda dapat mengetahui betapa pentingnya menghitung pendapatan sebelum bunga dan pajak, karena tidak hanya pebisnis atau karyawan yang membutuhkan perhitungan ini, tetapi juga investor dan pemberi pinjaman.

Selain itu, Anda juga bisa mengetahui berapa yang digunakan untuk membayar kewajiban perusahaan. Misalnya, untuk membayar deviden, utang, bunga bank dan pajak kepada seorang investor.

Dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih saat ini, bahkan Anda sudah tidak asing lagi dengan istilah sebelum pajak dan bunga serta cara menghitungnya.

Dengan demikian, adalah tanggung jawab Anda untuk mengingat untuk menyampaikan laporan keuangan yang akurat dan akurat. Sehingga Anda juga dapat lebih memantau kinerja bisnis Anda sehingga Anda dapat membuat rencana keuangan yang lebih strategis dengan Accurete Accounting Software.

Perbedaan EBIT dan EBITDA

EBIT adalah laba operasi perusahaan tanpa bunga dan pajak. Namun, EBITDA (Laba sebelum bunga, pajak, depresiasi dan amortisasi) atau Laba sebelum bunga, pajak, depresiasi dan amortisasi tidak termasuk biaya depresiasi dan amortisasi saat menghitung profitabilitas. Seperti EBIT, EBITDA juga tidak termasuk pajak dan bunga utang. Namun, ada perbedaan antara EBIT dan EBITDA.

Untuk perusahaan dengan jumlah aset tetap yang signifikan, perusahaan dapat mengamortisasi biaya perolehan aset selama masa tenggang. Dengan kata lain, depresiasi memungkinkan perusahaan untuk mengalokasikan nilai suatu aset selama bertahun-tahun atau sesuai dengan usia aset tersebut.

Penyusutan menghilangkan kebutuhan perusahaan untuk memperhitungkan nilai aset pada tahun aset diperoleh. Akibatnya, biaya penyusutan dapat mengurangi profitabilitas.

Bagi perusahaan dengan jumlah aset tetap yang signifikan, biaya penyusutan dapat mempengaruhi laba atau laba bersih. EBITDA mengukur pendapatan perusahaan, tidak termasuk depresiasi. Akibatnya, EBITDA membantu melacak profitabilitas operasi perusahaan. EBIT dan EBITDA memiliki keunggulan masing-masing dan digunakan dalam analisis keuangan.



Baca juga: Training Accurate Resmi #1 di Indonesia

Bagikan ke:

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram

Apa Itu EBIT? EBIT adalah Laba Sebelum Pajak